MAGELANG1337.COM

Search

Bahaya Terlalu Lama Bermain Komputer


Pemakaian komputer saat ini memang sudah bukan hal baru di dunia. Nah, salah satu keperluan yang seringkali dipakai dengan menggunakan komputer merupakan bermain game. Yapss... bermain game online komputer saat ini sudah berkembang dengan sangat pesat. Dari game yang hanya berbasis gambar resolusi rendah atau 2D saja, hingga game dengan basis gambar 3D yang saat ini sedang populer di kalangan pecinta games dan komputer di Indonesia.

Bbermain game bisa meredakan stress dan bisa memberikan hiburan yang baik bagi siapapun yang memainkan game tersebut.Tapi bermain game secara berlebihan, alias terlalu lama dapat memberi efek samping yang bahaya. Di bawah ini merupakan beberapa bahaya bermain komputer terlalu lama, diantaranya :

Menimbulkan gangguan pada mata

Pertama yang bisa terjadi saat terlalu lama main komputer adalah bisa menyebabkan munculnya gangguan kesehatan pada mata Anda. Dan biasanya, paling umum terjadi jika seseorang terlalu lama dan juga sering bermain komputer adalah munculnya gejala mata minus, yang mengharuskan mereka untuk memakai kacamata minus. Ini banyak terjadi, dan terutama pada anak anak yang memang terlalu sering bermain game di komputer, sehingga lama kelamaan seorang anak akan mengalami gangguan pada mata dan tentunya menyebabkan mata mereka menjadi minus.

Tugas tugas menjadi terlantar

Bermain komputer terlalu lama dapat menyebabkan kelalaian terhadap tugas – tugas yang, baik tugas di dalam rumah, ataupun tugas tugas yang berhubungan dengan pekerjaan kantor atau juga pekerjaan sekolah. Bermain komputer terlalu lama tentu akan membuat tugas tersebut terbengkalai, dan akhirnya Anda akan membuat tugas tersebut secara asal – asalan sebab waktu yang semakin menipis, dan juga kondisi fisik Anda yang sudah semakin lelah karena bermain game di komputer.

Mata menjadi lelah

Lain halnya dengan meningkatkan resiko mata menjadi minus, bermain komputer secara berlebihan juga bisa menyebabkan mata kita menjadi lebih lelah dan juga sakit. Dan biasanya hal ini terjadi disebabkan oleh kondisi layar komputer yang terlalu terang dan menyebabkan mata Anda menjadi pedih. Jika hal ini dilakukan terus menerus dan Anda tidak mencari solusinya, maka mata Anda akan menjadi cepat lelah, dan akan berpengaruh terhadap kondisi fisik Anda juga.

Kepala menjadi cepat pusing

Setiap orang yang terlalu lama bermain komputer juga bisa mengalami rasa sakit dan juga pusing pada kepala mereka. Penyebab semua itu adalah karena faktor kelelahan yang dialami, sehingga bisa membuat peredaran darah menjadi tidak terkontrol dengan sempurna. Hal ini bisa menyebabkan otak menjadi kekurangan pasokan oksigen, dan kebanyakan akan menyebabkan kepala menjadi terasa pusing dan tidak nyaman, jika terlalu lama bermain komputer.

Kurang bersosialisasi dengan lingkungan nyata

Dari segi sosial juga akan nampak yang di sebabkan oleh terlalu lama bermain komputer. Mereka yang terlalu lama bermain komputer tentu akan selalu terfokus pada apa yang dikerjakan di komputer tersebut, dan hal ini akan menyita waktu Anda dalam melakukan proses sosialisasi yang terjadi di lingkungan kita. 

Kurang memperhatikan Kesehatan

Terlalu lama bermain dengan komputer juga akan berdampak pada kesehatan Anda. Dan biasanya, Anda yang terlalu lama bermain komputer, jarang memperhatikan kesehatan tubuh. Ciri – cIrinya merupakan Anda menjadi jarang membersihkan badan alias mandi, atau juga jadwal serta pola makan yang kacau. Tentu ini sangat berbahaya jika Anda tidak mengubah cara hidup Anda.




Comments
0 Comments

No comments: