MAGELANG1337.COM

Search

Fungsi Command Prompt Pada Komputer, Laptop atau Notebook



CMD kependekan dari Command Prompt yang merupakan suatu perintah dos yang terdapat pada sistem operasi Windows. Penggunaannya yaitu ditujukan supaya user lebih mudah dalam mengeksplorasi windows secara online ataupun offline secara langsung. Di samping itu , aplikasi ini bisa juga disalah gunakan, contohnya nih seorang cracker yang ingin menjalankan misi-misinya dengan pengetahuan berbekal command prompt. Oleh sebab itu, sebagai bentuk antisipasi Anda sebagai pengguna perangkat computer atau laptop, sangat penting untuk mempelajari seluk-beluk command prompt agar Anda bisa memahami manfaat dan cara kerjanya.

Saya paham bahwa mugkin Anda belum mengenal CMD dari fungsinya yang hanya digunakan untuk mengecek suatu koneksi jaringan. Nah, hal ini perlu kita elahari bahwa CMD tidak hanya berfungsi untuk melakukan ping saja melainkan juga untuk mengetahui suatu masalah yang terjadi seperti bad sector, membereskan hardisk yang bad sector dan juga melihat kalau Windows yang sedang Anda gunakan sudah atau belum diaktivasi dan masih terdapat banyak lagi yang belum bisa disebutkan. Di bawah ini merupakan beberapa CMD yang wajib Anda peajari :

Mengecek Status Aktivasi pada Windows
Pemakai Windows saat ini sudah tidak terhitung lagi jumlahnya atau dapat dikatakan sangat banyak. Tapi di antara sekian banyak pengguna Windows yang ada tidak semuanya itu telah diaktivasi. Apabila Anda masih ragu apakah windows Anda telah diaktivasi atau belum, gunakan saja fungsi CMD. Langkah yang satu ini dapat dimanfaatkan untuk mengecek status aktivasi Windows Anda, apakah telah diaktivasi atau sebaliknya. Mengenai perintah yang dibutuhkan untuk proses pengecekan ini yakni berupa slmgr /dlv.

Memperbaiki Bad Sector pada Hardisk Komputer

Apbila Anda menemukan bad sector pada hardisk Anda, jangan berkecil hati sebab command prompt dapat dimanfaatkan untuk memperbaikinya seperti semula lho. Nah, mengetahui hal ini, hardisk yang Anda keluhkan sebagai dampak dari bad sector tersebut kini akan kembali nomal layaknya masih. Mangenai cara untuk memperbaikinya cukup mudah kok yakni dengan menjalankan perintah chkdsk /r/f e: yang ada pada CMD atau command prompt.

Memeriksa Kondisi Hardisk

Saya sendiri kadang kekhawatiran dalam diri,  apakah hardisk yang kita punya kondisinya terbebas dari bad sector ataukah tidak. Jika ingin memastikan kondisinya normal-normal saja, Anda dapat melakukan pengecekan pada hardisk Anda dengan memanfaatkan fungsi command prompt tentunya. Oleh karena itu, Anda perlu menguasai perintah dalam command prompt yang berupa wmic diskdrive get status dalam laptop Anda.


Menyembunyikan File di Komputer
Berapapun banyaknya file yang Anda miliki, seberapapun jumlah file yang anda punya, pasti Anda perlu untuk mengelolanya, menyimpan dan menyembunyikannya. Apabila Anda ingin menyembunyikan file Anda, sebetulnya yang Anda cari hanya perintah command prompt. Command prompt bisa menjadi solusi dalam membuat file yang semula bisa dilihat dan diakses oleh pengguna lain jadi tidak bisa lagi dilihat dan diakses pengguna lain. Mengenai cara menyembunyikannya yaitu dengan memasukkan perintah attrib +s +h E:\CAPCOM pada CMD.


Megetahui Mac Address Computer Anda

Bukan hanya manusia yang mempunyai alamat, computer juga memiliki alamat yang dipakai untuk mengidentifikasinya. Atau lebih tepatnya, Mac address yang merupakan identifier unik pada perangkat keras suatu jaringan.

Sebab bersifat unik, tentu setiap komputer mempunyai Mac address atau alamat Mac yang berbeda pula. Cara mengoperasikan command prompt supaya Mac address Anda diketahui mudah Kok. Yaitu hanya dengan memasukkan perintah ipconfig/all nah nanti alamat Mac dapat diketahui secara otomatis

Comments
0 Comments

No comments: