MAGELANG1337.COM

Search

Fungsi Virtual Machine


Di jaman sekarang, hampir semua orang menggunakan smartphone. Smartphone ini biasanya memiliki OS yang didominasi oleh android dan iOS, walaupun ada juga OS lainnya seperti Windows.



Dalam memilih smartphone yang sesuai kebutuhanmu, ada baiknya kamu mengerti setidaknya sedikit dasar dasar dari spesifikasi smartphone. Kecuali, bila kamu punya budget yang cukup besar, selama kamu membeli jenis smartphone terbaru dengan harga diatas 10 juta, kamu tentunya akan mendapatkan smartphone yang paling bagus pada saat itu.

Salah satu yang perlu kamu ketahui tentang smartphone adalah virtual machine. Ya, ini bukan menyangkut RAM maupun CPU, akan tetapi software yang dijalankan pada OS tersebut. fungsinya sendiri sangat penting dalam menentukan kecepatan smartphonemu dalam menjalankan aplikasi. Bagi kamu yang masih bingung, jangan gelisah. Pada artikel kali ini kita akan bahas sedikit fungsi virtual machine.

Fungsi fungsi ini jelas akan membantu kamu dalam memilih smartphone yang akan kamu beli nantinya. Karena sebutan virtual machine ini masih sedikit yang tahu, maka kita juga akan menjelaskannya dari awal saat membahas fungsi virtual machine. langsung saja kita mulai.

ARTIKEL LAINNYA


Virtual Machine Itu Apa?

Virtual machine adalah sebuah software yang dibuat untuk meniru cara kerja sebuah komputer, yaitu menjalankan OS dan aplikasi. Software virtual machine adalah sebuah kumpulan konfigurasi beberapa file sebagai virtual hardware yang beroperasi sama seperti sebuah komputer dengan spesifikasi yang sesuai dari host yaitu CPU dan RAM serta hardware lainnya. Beberapa konfigurasi file yang ada pada virtual machine adalah Virtual diskfile, NVRAM, log file, dll.

Fungsi Fungsi Virtual Machine Adalah:

1. Menguji Coba OS
Dengan adanya virtual machine kamu bisa menguji coba OS lain dari komputermu, semisalkan kamu memakai OS windows 8 dan ingin mencoba memakai Windows 10
2. Menguji Coba Perangkat Lunak Pada OS Yang Berbeda
Bila kamu developer dan ingin menguji coba suatu aplikasi atau software untuk versi OS yang berbeda beda, maka virtual machine ini akan menjadi solusinya. Bisa bayangkan biayanya kalau seorang developer harus membeli semua perangkat dengan OS berbeda beda tanpa virtual machine.
3. Kompilasi Server
Bila kamu memiliki perusahaan dan memiliki banyak aplikasi beroperasi pada beberapa server, maka server tersebut bisa disatukankedalam satu virtual machine di satu PC, sehingga satu PC bisa memiliki virtual machine yang terisolasi
4. Menjalankan Fungsi Komputer Pada Mesin Lain
Ini adalah salah satu fungsi dimana sebuah komputer tidak hanya bisa dijalankan pada komputer asli tapi juga bisa ditaruh di tablet maupun Hp, dan inilah fungsi yang menjadi dasar terciptanya Hp yang dimanakan Smartphone.

Virtual Machine Ringan
Sama seperti software lainnya, virtual machine juga tentunya memakan kapasitas Ram dan CPU yang ada pada hardware. virtual machine yang berat tentu tidak mungkin bisa dijalankan pada smartphone atau tablet. dibawah ini akan diberikan beberapa jenis virtual machine yang ringan.
Virtual machine ringan antara lain

VMware Workstation Player
VirtualBox
Qemu
Dalvix
ART (AndoidRuntime)

Untuk virtual machine yang digunakan pada android adalah dalvix dan ART karena virtual machine ini dibuat khusus dengan pertimbangan kapasitas hardware pada smartphone yang tidak sekuat mesin PC

Kesimpulan
Dari penjelasan fungsi diatas, kita dapat menyimpulkan kalau tanpa VM ini, maka tidak mungkin android bisa terealisasi pada bentuk smartphone. dan perlu diingat, dalam memilih smartphone berdasarkan fungsi android tentu yang perlu kamu lihat adalah versi ART(Android Runtime) pada android yang akan kamu beli. Untuk mengetahui versi ART(Android Runtime) tersebut kamu hanya perlu melihat versi android itu, bila sudah ver 7.0 nougat maka VM yang ada pada OS tersebut sudah cukup bagus untuk kamu gunakan karena versi tersebut lebih bagus daripada ART yang lama.

Comments
0 Comments

No comments: