MAGELANG1337.COM

Search

Tips Dan Trik Cara Mengatasi Komputer Lambat Di Windows 10


Merasakan performa komputer yang lambat atau lemot pasti menjadi hal yang menjengkelkan, apalagi performa lambat tersebut dirasakan ketika kamu sedang dalam kondisi mendesak. Oleh karena itu, performa komputer yang cepat menjadi suatu kunci agar kamu bisa melakukan aktivitas pekerjaanmu dengan lancar.

Penyebab Komputer Lambat
Performa windows 10 pada dasarnya sudah memiliki defaultsetting yang recommended, akan tetapi seiring bertambahnya pemakaian dimana banyak data data yang disimpan dan software yang diunduh maka performa PC pasti akan melambat. Bila tidak mau repot, untuk mencegar penurunan peforma bisa dilakukan dengan tidak mengunduh program apapun ke laptopmu. Lalu bagaimana bila saya tetap mau mengunduh program untuk PC/Laptop saya?

Nah untuk menjawab hal tersebut, kali ini saya akan membagikan tips dan trik cara mengatasi komputer lambat di windows 10 dengan mudah, dimana kamu tidak perlu jago komputer, selama kamu bisa mengoperasikan PC maka kamu pastinya akan bisa melakukan cara yang saya berikan ini.

Ubah Pengaturan Tombol Energi/Power Setting PC
Jika kamu menggunakan settingan/pengaturan Power saver pada windows 10, secara tidak langsung maka kamu telah menurunkan sendiri performa PC mu. Pengaturan itu memang berfungsi untuk mengurangi daya konsumsi baterai pada laptop ataupun penggunaan daya listrik pada PC, tetapi konsekuensinya adalah PC bekerja dengan lebih lamban. dengan mengubah

pengaturan powersaving menjadi highperformance maka dipastikan akan ada peningkatan kecepatan pada PC/Laptop mu.

Untuk mengubah pengaturannya maka akan saya berikan step singkatnya

Klik tombol windows
Searchcontrol panel dan klik
Pilih tulisan Hardware and Sound
lalu pilih power options
nanti akan ada dua pilihan biasanya, yaitu balanced dan powersaver
bila ingin memilih highperformance maka klik tombol dibawah dan akan muncul

Cukup mudah bukan? nah kalau begitu coba silahkan di praktekan ya, dengan langkah ini saya jamin anda pasti tidak akan kesulitan.

Matikan Program Yang Berjalan Otomatis Pada Background PC/Laptop Saat Dinyalakan
Program yang sedang berjalan otomatis saat start up juga dapat dimatikan, tentunya semakin banyak task yang akan dimatikan akan membuat komputer berjalan lebih cepat
Langkah langkah mematikan program background:

Tekan tombol Ctrl+Shift+Esc secara bersamaan, atau boleh satu satu, tapi semuanya harus dalam kondisi ditekan semua.
Akan muncul kotak baru bernama TaskManager
Klik pada tulisan start up dan mulai klik kanan
Disable program yang menurutmu tidak dibutuhkan, biasanya seperti spotify, ataupun seperti antivirus. (Tidak perlu takut karena antivirus yang berjalan di startup tidak penting.


Kamu akan merasakan peningkatan kecepatan peforma ketika kamu mulai membuka PC mu, dimana ketika banyak program yang auto start up saat PC dibuka akan menurunkan performa PC/Laptop milikmu.

Hapus Data Yang Tidak Terpakai


Terkadang kita memiliki banyak data yang sudah tidak terpakai, tetapi tidak dibuang. Tentunya hal ini akan mempengaruhi performa CPU pada PC mu yang otomatis akan membuatnya lambat. Oleh karena itu, apabila ada file yang tidak dibutuhkan langsung hapus permanent ya. Bila hanya dihapus ke trash bin maka file masih ada di PC mu dan yang kamu lakukan adalah sia sia.


Diatas adalah tips dan trik cara mengatasi komputer lambat di windows 10 dengan mudah, mungkin diluar masih banyak lagi cara lainnya. Akan tetapi, bila kamu tidak fasih menggunakan PC/Laptop ada baiknya tidak mencoba cara cara yang mungkin bukan meningkatkan performa tapi malah menurunkan performa Laptop/PC mu



Comments
0 Comments

No comments: