Iklan Billboard 970x250

12 Virus Berbahaya di Smartphone Android

12 Virus Berbahaya di Smartphone Android



Tak hanya komputer yang rentan terhadap serangan virus, kini banyak virus juga menyerang perangkat Android. Virus Android tak kalah berbahayanya dengan virus ganas yang menyerang komputer. Perangkat Android yang terserang virus, menyebabkan kerusakan sistem maupun data yang tersimpan di smartphone. Bahkan lebih parahnya, data yang ada di smartphone Kamu dapat dicuri dan disalah gunakan oleh hacker.  Berikut beberapa virus berbahaya di smartphone Android yang bisa menyerang perangkat Kamu.

12 Virus Berbahaya di Smartphone Android

Virus-virus berbahaya berikut bisa menyebabkan Kamu mengalami kerugian, terhadap pencurian data maupun hilangnya data penting dalam perangkat. Maka dari itu, berhati-hatilah saat melakukan berbagai aktivitas di smartphone agar tidak terserang virus. Inilah virus android yang rentan menyerang smartphone Kamu.



1. DroidDream
Apakah Kamu sering mengunduh aplikasi android dari toko aplikasi selain PlayStore? Berhati-hatilah dengan aplikasi atau game yang menggiurkan yang ditawarkan toko aplikasi yang bukan bawaan smartphone. Hal ini rentan terhadap virus DroidDream yang bisa menginfeksi perangkat Kamu.
Beberapa aplikasi yang tidak didapatkan dari toko resmi, rentan disisipkan sebuah malware yang dapat melumpuhkan perangkat Kamu. Jika smartphone sudah terinfeksi DroidDream, perangkat akan dikendalikan hacker dari jarak jauh. Data yang ada di dalam smatphone Kamu bisa hilang atau dicuri.

2. Stagefright
Tak kalah berbahayanya dengan DroidDream, virus Stagefright sempat menggegerkan beberapa pengguna Android. Stagefright menyerang smartphone Android ternama seperti Samsung, LG, dan Google Nexus. Bahayanya, ketika perangkat Android telah terinfeksi oleh virus ini, data yang tersimpan dalam perangkat dapat dicuri dan dimanfaatkan untuk tindak kejahatan. Tak hanya itu saja, perangkat yang sudah terinfeksi virus Stagefright akan dikendalikan sepenuhnya oleh hacker tanpa Kamu sadari.

3. Plankton
Mendengar istilah Plankton, mungkin Kamu akan teringat dengan film kartun Spongebob. Namun, Plankton yang satu ini merupakan virus ganas yang bisa menyerang Android. Virus ini bisa melumpuhkan perangkat Kamu dengan cara yang terbilang licik.

Plankton akan disematkan pada game "Angry Birds Rio" yang menjadikannya sebagai kambing hitam. Saat Kamu sedang bermain game ini, tiba-tiba akan muncul pop up. Pop up bervirus tersebut, menyebabkan virus masuk ke dalam sistem. Perangkat yang sudah terserang Plankton, akan muncul aplikasi lain yang serupa dengan aplikasi asli. Saat inilah sistem Android dikuasai oleh virus.

4. Android PowerOff Hijack
Virus Android paling berbahaya selanjutnya adalah Android PowerOffHijack. Virus ini mengakibatkan perangkat Android Kamu mati secara tiba-tiba. Selanjutnya, perangkat akan dikendalikan pihak lain dengan memanfaatkan berbagai layanan seperti SMS, telepon, hingga kamera. Hacker yang menyerang perangkat Kamu dengan virus ini, memanfaatkan nomor telepon untuk mendaftarkan layanan tertentu yang bisa menyedot pulsa maupun meminta tagihan ke nomor telepon Kamu

Jika smartphone Kamu sering mati secara tiba-tiba, padahal baterai masih full, Kamu perlu waspada. Bisa jadi PowerOffHijack sedang menyerang smartphone Kamu. Lindungi perangkat dengan antivirus untuk mencegah virus ini menyerang smartphone Kamu.

5. Engriks
Virus Android berbahaya selajutnya yaitu Engriks. Perangkat yang terjangkit virus ini ditandai dengan munculnya peringatan pop up “Unfortunately Measure/Engriks Has Stopped”. Virus ini sengaja di buat pada situs-situs bokep, jika Kamu sering membuka situs-situs tersebut, maka perangkat rentan terserang Engriks. Meskipun Kamu sudah tidak membuka situs bokep, namun seringkali pop up terus muncul di layar. Jika hal ini terjadi, Kamu bisa harus mengembalikan Android ke pangaturan pabrik.

6. ShiftyBug, Shedun, dan Shuanet
Ketiga virus malware tersebut benar-benar melumpuhkan perangkat Android Kamu. Jika smartphone terserang  ShiftyBug, Shedun, dan Shuanet, perangkat akan mati total dan tidak dapat digunakan lagi. Ketiga virus ini sering didapatkan dari toko aplikasi pihak ketiga (bukan resmi bawaan smartphone). Saat Kamu mengunduh aplikasi melalui toko aplikasi tak resmi, maka secara otomatis, virus akan me-root perangkat Kamu. Hal inilah yang menyebabkan perangkat kehilangan pengaturan pabrik yang sah, sehingga tidak dapat dikembalikan ke pengaturan pabrik lagi.

7. Cyber Police
Tak kalah ganasnya dengan keenam virus berbahaya di atas, Cyber Police juga rentan menyerang sistem Android Kamu. Virus ini ditanamankan pada situs porno yang bisa masuk ke sistem Android Kamu, saat Kamu membuka situs tersebut. Perangkat yang terserang Cyber Police akan menampilkan pop up secara terus menerus yang menyebabkan layar smartphone terkunci dan tidak dapat diakses.
Pop up yang muncul bukan hanya mengganggu, namun mengandung ancaman. Salah satu ancaman yang sering terjadi yaitu meminta Kamu untuk mengirimkan sejumlah uang ke nomor rekening yang ditampilkan, jika tidak maka data yang ada pada perangkat Kamu akan di ambil atau bahkan terhapus.

Baca Juga : Virus Komputer Paling Berbahaya

8. Hipposms
Virus berbahaya di smartphone Android selanjutnya yang tak kalah ganas adalah Hipposms. Pihak ketiga yang menyerang perangkat Kamu dengan virus ini mengambil alih sistem SMS perangkat, kemudian mendaftarkan pada layanan berbayar. Hampir sama seperti virus Andorid PowerOffHijack yang menyerang sistem SMS dan menyebabkan pengguna kehilangan pulsa secara tiba-tiba. Hal ini juga akan terjadi jika Android terserang Hipposms. Jika perangkat sudah terserang virus ini, lebih baik segera blokir nomor Kamu dan ganti dengan nomor baru. Jangan lupa reset perangkat ke pengaturan pabrik.

9. Drsheep
Drsheep merupakan virus Android golongan Trojan yang menyerang sistem Android Kamu. Khususnya media sosial yang terinstal dalam perangkat. Jika sudah menyerang perangkat, Drsheep akan mencuri data media sosial seperti password dan email. Hal ini yang menyebaban akun media sosial Kamu di hack pihak ketiga.

10. Obad
Ada virus yang lebih berbahaya dan merepotkan lagi yaitu Obad. Jika smartphone Kamu terserang Obad, Kamu akan sering kehilanga pulsa secara tiba-tiba. Bahkan, virus ini juga menyebabkan perangkat sering nge-hang saat sedang digunakan. Obad meminta pengguna smartphone untuk mendownload aplikasi yang terdapat dihalaman atau link tertentu. Saat Kamu mendownload aplikasi yang diminta, virus akan masuk ke dalam sistem dan menyerang perangkat Kamu.

Itulah 12 virus berbahaya di smartphpone Android yang bisa menyerang perangkat Kamu dan tentunya merugikan. Oleh sebab itu, berhati-hatilah saat menggunakan smartphone, khususnya dalam menggunakan browser atau mengunduh aplikasi.

Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Iklan post tengah