Widget HTML Atas

Waspada, Hacker Youtube dengan Modus Endorsement


Belakangan ini Sedang marak kasus pencurian akun YouTube yang menimpa konten kreator di YouTube Indonesia di antara beberapa metode yang digunakan Salah satu yang cukup memakan korban adalah modus penawaran kerjasama atau endorsement beberapa channel yang sempat menjadi korban dengan modus ini antara lain Deandra Aditya, cjm, Muhammad Sidiq, Ren, leo-kun bahkan Kudet Tech yang notabenenya merupakan channel IT.

Dalam artikle ini kami akan menjelaskan secara garis besar metode Pencurian Akun Youtube dan bagaimana cara mengenali modus pencurian ini agar kita tidak menjadi korban berikutnya. Sebelum membahas lebih jauh, sebagian dari kalian Mungkin kurang familiar dengan kata Endorsment secara sederhana, endorsment merupakan kerjasama antara dua pihak dimana salah satu pihak mempromosikan produk dari pihak lainnya dengan bayaran berupa uang atau sesuai kesepakatan.

Baca Juga : Waspada, Ada Bug di Aplikasi TikTok

kalian pasti pernah menonton video YouTube yang di bagian awal videonya pemilik channel memperkenalkan aplikasi atau website tertentu contoh aplikasi keyboard, aplikasi cleaner website atau aplikasi trading. bahkan terkadang yang dipromosikan adalah game yang baru keluar. Itu adalah beberapa contoh endorsement.

Kronologi Pencurian Akun Youtube


Secara singkat kronologis pencurian akun yang menimpa beberapa YouTuber yang disebutkan diatas.

* Pihak A menghubungi youtuber dengan email berupa penawaran kerjasama dengan iming-iming bayaran dengan harga tertentu. untuk sekedar mereview aplikasi mereka dan membuat video terkait hal tersebut.

Youtuber merespon penawaran tersebut dan menyanggupinya. Pihak A minta youtuber mengunjungi website tertentu lalu mendownload aplikasi yang ada di Web tersebut. Setelah didownload youtuber mencoba menjalankan aplikasi yang dimaksud. namun aplikasinya tidak terbuka, beberapa youtuber menghubungi pihak A dan mengadukan yang terjadi dengan aplikasi yang didownload.


Dan pihak A menjawab, bahwa timnya akan mengecek hal tersebut. Beberapa hari kemudian youtuber tersebut tidak dapat lagi mengakses channelnya, karena sudah berubah kepemilikan ke akun email lain. Beberapa youtuber bahkan di hapus seluruh videonya diganti nama, serta logo channelnya. kemudian melakukan siaran langsung berupa promosi Bitcoin atau Ethereum.

Ciri-ciri yang dapat Kita waspadai

1. Ciri-ciri pertama yang ingin di endorse berasal dari luar Indonesia.


Dalam kasus ini semua Pesan dikirim menggunakan bahasa Inggris. Hal ini mungkin terlihat sepele namun jika saya pribadi memiliki perusahaan dengan skala internasional dan ingin memasarkan suatu produk melalui konten kreator, Tentunya lebih cenderung memilih channel YouTube yang memiliki penonton tersebar di seluruh dunia seperti PewDiePie. Namun pihak yang ingin di endorse ini, justru memilih Anda, yang penonton channel-nya kemungkinan besar tidak sesuai dengan target pasar mereka.

Baca Juga : Waspada inilah Tanda Android Kamu Kena Hack

2. Ciri-ciri Kedua menawarkan harga yang tinggi dalam beberapa kasus yang terjadi semua youtuber dijanjikan bayaran yang cukup besar ada yang di Kisaran $ 400 dolar bahkan ada yang sampai $ 2000 Dolar, jika dirupiahkan angka ini berada di Kisaran 5 juta sampai 28 jutaan harga tinggi inilah, yang kebanyakan membuat youtuber lengah dan tidak berpikir panjang untuk menyetujuinya.

3. Ciri-ciri ketiga menggunakan akun Gmail atau email gratisan lainnya. Hal ini merupakan ciri-ciri yang paling utama, di antara semua ciri-ciri pencurian akun Youtube.

Sebagai contoh pada kasus Diandra Aditya pengirimnya menggunakan alamat email ysloh.team.bussines@gmail.com Dalam kasus cjm alamat email pengirimnya adalah kripmixworker@gmail.com dan dalam kasus kudeta email pengirimnya adalah kripmixworker@gmail.com  semuanya merupakan akun Gmail yang dapat dibuat secara gratis.



Kalian pasti pernah mendapat email dari website website besar. Sebut saja email dari sosial media Anda seperti Facebook atau Instagram, email dari website tiket online bahkan email dari tempat belanja online. Semua alamat email dari website tersebut pasti diakhiri dengan @ lalu dilanjutkan dengan nama perusahaannya sebagai contoh email dari AliExpress diakhiri dengan @Aliexpress.com


kata di belakang itu disebut dengan domain email. Mayoritas perusahaan besar yang memiliki website resmi, akan menggunakan domain pribadi untuk alamat emailnya. Jadi akan sangat janggal jika ada perusahaan yang berani menawarkan jutaan rupiah, untuk sekedar endorse padahal email saja masih pakai yang Gratisan.

4. ciri-ciri keempat menyuruh mengunjungi website tertentu dan mendownload aplikasi dari website tersebut.

Sebagai contoh dalam kasus Diandra Aditya website yang disuruh kunjungi adalah ysloh.com sedangkan dalam kasus cjm dan kudet tech website tempat download nya adalah kryptmix.com yang jadi pertanyaan sederhananya adalah jika orang tersebut menggunakan Gmail Mengapa tidak mengirim Melalui lampiran File atau jika kapasitasnya besar Mengapa tidak menggunakan Google Drive.


Jawaban pertanyaan ini kemungkinan karena Gmail memiliki fitur anti virus jika mereka mengirim file melalui email atau Google Drive Ada kemungkinan aplikasi mereka akan terbaca sebagai Virus atau Malware lalu akan dikelompokkan sebagai spam dan akun Gmail calon korbannya akan diberi peringatan di email-nya.

Baca Juga : Cara Memastikan Akun Facebook Tidak Di Hack

5. Ciri-ciri kelima aplikasi yang berkapasitas besar namun tidak tampak icon aplikasinya.


Dalam kasus ini aplikasi yang didownload berupa setup.exe yang berkapasitas 500-600 Megabyte namun anehnya setelah di download file setup ini tidak memiliki ikon dalam kebanyakan kasus ada tiga alasan mengapa hal ini terjadi :

- Proses download yang tidak selesai 
- Bukan aplikasi resmi atau memang tidak dikembangkan untuk dijual.
- Aplikasi terbaca sebagai Virus malware oleh Windows Defender.

Dalam kasus pencurian akun ini kemungkinan terbesar memang filenya hanya dibuat untuk fungsi tertentu bukan untuk diinstal dan digunakan oleh pengguna Sekaligus merupakan virus.

Tips Agar Terhindar dari Pencurian Akun Youtube

Agar terhindar dari pencurian akun metode endorsment ada beberapa hal yang dapat kita lakukan

1. Waspada dengan penawaran kerjasama dari luar Indonesia, dengan bayaran yang sangat tinggi. Jangan langsung tergiur terutama jika channel kita tergolong masih kecil. Hal ini terutama mengincar youtuber kecil yang berharap mendapat endorse pertama mereka, Perusahaan atau brand luar negeri yang sudah berpengalaman. Kebanyakan akan lebih memilih melakukan penawaran endorse, melalui manajemen YouTube yang ada di Indonesia agar lebih tepat sasaran.

2. Waspadai email penawaran yang pengirimnya menggunakan email gratisan seperti Gmail, untuk lebih memastikan Anda dapat Googling alamat email tersebut jika memang ada silakan untuk dipertimbangkan.



3. Saat diarahkan membuka website tertentu biasakan untuk Googling Website tersebut terlebih dahulu sebagai contoh dalam kasus cjm dan kudet tech, mereka diarahkan untuk mendownload aplikasi dari website kryptmix.com jika kalian coba Googling dengan kata kunci kryptmix akan muncul hasil-hasil pencarian.


Yang berisi artikel maupun video yang memperingatkan bahwa kryptmix adalah bagian dari YouTube scam. Selain googling kalian juga bisa mengunjungi resep pudot is untuk mengecek informasi tentang website yang ditawarkan tersebut melalui website who.is. Kita dapat mengetahui kapan web tersebut didaftarkan dan didaftar Dari negara mana. Dalam kebanyakan, kasus setelah dicek website yang dimaksud biasanya belum lama dibuat.

Baca Juga : Teknik Hacking Dengan Sniffing

4. Jangan pernah mendownload aplikasi komputer terlebih menginstalnya di komputer utama kalian, terutama jika memang terbaca sebagai virus. Hingga saat ini setidaknya ada beberapa aplikasi yang ditawarkan untuk endorse yang teridentifikasi sebagai malware yakni Kryptmix, Nexxzy, Hypercleaner, VclickBox, MyGalaxyPC, Systemforce dan Wengoar. 

Namun jika kalian bersikeras ingin menginstal aplikasi tertentu terkait endorse cara terbaik adalah menggunakan laptop atau komputer yang benar-benar kosong dari akun maupun data-data penting kalian. Hal ini bertujuan Apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan kalian hanya perlu melakukan instal ulang laptop atau komputer kalian secara total. Hal ini juga berlaku untuk aplikasi Android Jika memungkinkan siapkan smartphone kosong.


Jika anda ingin mengetest suatu aplikasi agar jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan kalian hanya perlu melakukan factory reset pada smartphone kalian.

5. Dan yang terakhir Jika memungkinkan Buatlah Email terpisah untuk akun sosial media kalian, Akun YouTube dan akun email untuk bisnis kalian. Cantumkan email bisnis kalian di bagian about channel kalian. Hal ini setidaknya mencegah para Scammer, mengirim langsung email ke akun email YouTube kalian.

Penutup

Sebagai penutup Penulis tidak bermaksud merendahkan atau menyalahkan pihak manapun. Dalam artikel ini kita pun bisa menjadi korban jika tidak mengetahui kasus ini. Penjelasan dalam artikel ini semata-mata untuk mengingatkan kita bersama untuk lebih waspada agar tidak menjadi korban berikutnya. Terima kasih

Sumber : YTpaceKomputer