Iklan Billboard 970x250

Apa Sih Jaringan Komputer dan Internet Itu ? Mari Kita Pelajari..!!!

Apa Sih Jaringan Komputer dan Internet Itu ? Mari Kita Pelajari..!!!

Jika kita lihat sekilas maka jaringan komputer dan internet dari segi fungsi dan manfaatnya sangatlah sama. Namun, kedua hal ini mempunyai perbedaan loh. Penasran dengan apa perbedaan tersebut ? Dalam artikel ini akan saya ulas secara rinci tentang Jaringan Komputer dan Internet itu sendiri.

Definisi Jaringan
Jaringan kompter merupakan sebuah sistem yang menghubungkan antara perangkat satu dengan perangkat lainnya dimana semua perangkat tersebut saling terhubung untuk digunakan secara bersama-sama dalam cakupan area yang sempit.

Dan jaringan komputer itu sendiri terdiri dari sejumlah komputer dan perangkat jaringan ya g lebh dari satu, yang selanjutnya disebut sebagai nodes , dimana mereka semua terhubung antar satu dengan yang lain, dengan atau tanpa kabel.

Dari sana dapat kita definisikan jaringan komputer sebagai sekumpulan terminal komunikasi yang terdiri dari dua komputer atau lebih yang saling terhubung satu sama lain. Jaringan komputer dibangun mempunyai tujuan yaitu agar informasi atau data yang dibawa dari pengirim (transmitter) bisa sampai ke penerima (receiver) dengan tepat dan juga akurat tentunya.

Setiap nodes disini berfungsi sebagai workstation. Dari salah satu nodes difungsikan sebagai penyedia jasa atau sering disebut sebagai server dan komputer lainnya sebagai clientnya. Perbedaan komputer server dan client terletak pada kewenangan yang dimiliki masing masing. Pahami ini bahwa nodes server mengatur fungsi tertentu dari setiap nodes lainnya. Dan untuk client akan menggunakan layanan yang disediakan oleh server untuk berbagai macam hal, salah satunya merupakan mencetak dokumen dengan printer yang terhubung ke komputer server. Kita dapat contoh jaringan komputer pada warnet.

Pengertian Internet
Istilah internet atau  interconnection networking adalah jaringan komunikasi global yang terbuka dan menghubungkan jutaan samai milyaran jaringan komputer dengan berbagai tipe dan jenis. Yang menggunakan berbagai jenis komunikasi, mulai dari jaringan telepon, satelit, Whatsapp, Facebook dan lainnya.

Jaringan Internet bisa juga didefinisikan sebagai susunan umum PC yang saling berhubungan dan mengatur pemakaian konvensi Internet dalam bentuk protokol TCP / IP, dengan tujuan yaitu untuk menghubungkan berbagai gadget di seluruh dunia.

Perkembangan internet pada mulanyanya merupakan sebuah jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat yaitu pada tahun 1969 silam, melalui suatu proyek yang bernama ARPANET. Pertmanyanya, proyek ini ditujukan hanya untuk keperluan militer saja. Namun lama kelamaan internet terus berkembang dan sampai pada akhirnya sudah dapat dinikmati oleh semua kalangan masyarakat.

Ada bermacam fasilitas yang tersedia dengan kita menggunakan internet, sehingga memudahkan kita untuk bekerja dan beraktivitas. Di bawah ini merupakan beberapa fasilitas yang tersedia melalui internet yang dapat kita nikmati:

Pertama yaitu E-mail (Electronic mail), yang merupakan surat elektronik yang dikirimkan dan diterima melalui komputer atau gadget. Setiap surat yang dikirimkan akan sampai kepada penerima pada saat itu juga dengan memakai E-mail.

File Transfer Protocol (FTP) Merupakan salah satu layanan yang terdapat di internet untuk melakukan transfer file.

Telnet (Telecommunication Network) merupakan salah satu protokol jaringan yang dipakai untuk melakukan koneksi ke sebuah server melalui port tertentu satu sama lain. Fasilitas telnet biasanya dipakai untuk berinteraksi langsung dengan komputer server.

World Wide Web (WWW) yang merupakan sekumpulan dokumen multimedia yang saling terhubung satu sama lain menggunakan link hypertext, dan istilah lainnya HTTP (Hypertext Transfer Protocol), yakni sebuah link yang digunakan untuk melakukan perpindahan antar dokumen.

Ada bermacam fasilitas yang tersedia dengan kita menggunakan internet, sehingga memudahkan kita untuk bekerja dan beraktivitas. Di bawah ini merupakan beberapa fasilitas yang tersedia melalui internet yang dapat kita nikmati:

  • Pertama yaitu E-mail (Electronic mail), yang merupakan surat elektronik yang dikirimkan dan diterima melalui komputer atau gadget. Setiap surat yang dikirimkan akan sampai kepada penerima pada saat itu juga dengan memakai E-mail
  • File Transfer Protocol (FTP) Merupakan salah satu layanan yang terdapat di internet untuk melakukan transfer file
  • Telnet (Telecommunication Network) merupakan salah satu protokol jaringan yang dipakai untuk melakukan koneksi ke sebuah server melalui port tertentu satu sama lain. Fasilitas telnet biasanya dipakai untuk berinteraksi langsung dengan komputer server
  • World Wide Web (WWW) yang merupakan sekumpulan dokumen multimedia yang saling terhubung satu sama lain menggunakan link hypertext, dan istilah lainnya HTTP (Hypertext Transfer Protocol), yakni sebuah link yang digunakan untuk melakukan perpindahan antar dokumen.



Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Iklan post tengah