7 Tips Cerdas Hemat Kuota Internet



Kuota internet saat ini sudah menjadi kebutuhan pokok bagi mereka yang memiliki smartphone. Kini, hampir semua hal dilakukan secara digital dan membutuhkan kuota internet. Mulai mencari informasi, berkomunikasi, hingga transaksi online yang tidak bisa lepas dari kuota internet. Semakin banyak aktivitas online yang kita lakukan, maka semakin besar pula penggunaan kuota. Hal ini kerap dikeluhkan oleh beberapa pengguna internet yang mendapati kuotanya tiba-tiba habis, bahkan tanpa disadari telah menyedot pulsa utama.



Salah satu cara menghemat penggunaan kuota internet adalah dengan menggunakan WiFi. Namun, kita tahu bahwa tidak di semua tempat menyediakan WiFi gratis. Mau tidak mau, Kamu harus menggunakan koneksi jaringan Kamu sendiri. Nah, berikut ini ada beberapa cara lain yang sebenarnya dapat Kamu lakukan untuk menghemat kuota internet. Apa sajakah itu? Simak tips cerdas hemat kuota internet seperti di bawah ini!


7 Tips Cerdas Hemat Kuota Internet

Bagi Kamu ingin ingin berhemat kuota internet, tapi belum tahu caranya, artikel ini cocok untuk Kamu simak. Berikut beberapa cara menghemat kuota internet yang bisa kamu coba.

  1. Aktifkan Mode Offline pada Aplikasi Maps
Tahukah Kamu, salah satu aplikasi yang menyebabkan pemborosan kuota internet adalah Maps. Aplikasi ini cukup menguras data ketika berada dalam mode online. Untuk lebih menghemat kuota, Kamu bisa menonaktifkan Maps jika tidak digunakan. Kamu bisa sewaktu-waktu mengubah pengaturan dari mode offline menjadi online jika ingin menggunakan Maps.







  1. Menggunakan Browser yang Efisien
Tidak dapat dipungkiri, aktivitas browsing memang menjadi penyebab utama pemborosan kuota. Apalagi bagi Kamu yang harus mencari referensi penting untuk pekerjaan atau sekedar membaca artikel. Pemilihan browser yang Kamu gunakan untuk aktivitas browsing ini mempengaruhi penggunaan kuota internet.

Hal ini dikarenakan, ada beberapa browser yang tidak dapat menekan penggunaan data, sehingga akan menyedot kuota internet lebih banyak. Oleh sebab itu, pilihlah jenis browser yang lebih efisien untuk aktivitas browsing. Misalnya menggunakan Opera Mini atau Google Chrome yang membutuhkan kuota lebih sedikit daripada jenis browser yang lain.






  1. Gunakan Aplikasi Hemat Data
Cek kembali berapa aplikasi yang Kamu gunakan pada smartphone Kamu. Semakin banyak aplikasi yang Kamu gunakan, semakin banyak kuota internet berkurang. Aplikasi yang terpasang akan menyedot kuota internet yang Kamu miliki. Hal inilah yang akhirnya membuat kuota internet cepat habis.

Jika Kamu memang membutuhkan banyak aplikasi, maka pilihlah versi aplikasi yang bisa menghemat data. Misalnya menggunakan Facebook Lite, Instagram Lite, Twitter Lite, hingga YouTube Go. Selain menghemat kuota, aplikasi tersebut juga menghemat ruang penyimpanan smartphone. Sehingga cocok diinstall pada perangkat yang memiliki ruang penyimpanan yang kecil. 







  1. Nonaktifkan Sinkronisasi pada Aplikasi yang Tidak Diinginkan
Aplikasi yang Kamu install kerap membutuhkan sinkronasi secara berkala. Untuk melakukan sinkronasi tersebut, tentu membutuhkan kuota internet. Hal inilah yang akhirnya membuat kuota internet berkurang akibat proses sinkronasi. Jika banyak aplikasi yang Kamu sinkronasikan, maka akan semakin banyak kuota internet yang dibutuhkan. Jika tidak ingin boros kuota, matikan atau non-aktifkan sinkronasi otomatis pada beberapa aplikasi yang memang jarang Kamu gunakan.





  1. Lakukan Update Aplikasi saat Terhubung WiFi
Setting update aplikasi dalam perangkat Kamu. Pilihlah update aplikasi jika perangkat terhubung dengan WiFi. Mengupdate aplikasi tidak membutuhkan kuota yang sedikit, jadi jika Kamu ingin berhemat kuota pribadi Kamu, maka update aplikasi saat perangkat tersambung ke WiFi. Hal ini tentunya akan lebih menghemat kuota internet yang Kamu miliki.






  1. Dengarkan Lagu secara Offline
Saat ini banyak platform yang bisa digunakan untuk mendengarkan lagu. Tentunya untuk bisa mendengarkan lagu di platform digital tersebut membutuhkan kuota internet. Jika Kamu tidak ingin terlalu boros, downloadlah lagu-lagu kesukaan Kamu dan simpan dalam perangkat smartphone. Kamu bisa mendengarkan lagu favorite sepanjang waktu tanpa harus mengaksesnya secara online.




  1. Simpan Video secara Offline
Selain menggunakan YouTube Go untuk mengakses video di youtube yang lebih hemat, Kamu juga bisa menyimpan video yang sering Kamu lihat. Misalnya Music Video (MV) dari penyanyi favorite Kamu. Sehingga jika Kamu ingin melihat MV tersebut tidak perlu mencari lagi, tinggal menonton yang sudah Kamu simpan. Dengan menyimpan video tersebut, Kamu dapat menonton video secara offline tanpa harus terkoneksi dengan internet. Jika ingin berhemat lagi, Kamu bisa mendownload sebanyak-banyaknya video yang Kamu sukai saat terkoneksi dengan WiFi.

Itulah 7 tips cerdas hemat kuota internet tanpa menganggu aktivitas internetan KamuKamu tetap dapat melakukan aktivitas digital dengan lancar dengan cara yang hemat. Selamat mencoba. 
DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.magelang1337.com. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel