Apa Itu Phising & Bagaimana Cara Menghindarinya



Kata phishing mungkin tidak asing lagi di telinga. Phishing berasal dari bahasa Inggris "memancing" yang berarti memancing. Aktivitas penipuan ini memungkinkan orang lain untuk mengambil data seseorang secara online dan dari perangkat yang berbeda. Phishing sekarang sering digunakan di dunia keuangan.

Orang yang jahat dapat menggunakan data orang lain untuk diri mereka sendiri. Karena itu, menjaga keamanan data pribadi sangat penting dan krusial untuk menghindari kerugian. Bagaimana Anda menghindari phishing ? Lihat panduan berikut:



1. Jangan mengklik tautan apa pun yang dianggap berbahaya.

Bernavigasi di dunia maya untuk mencari informasi dan hiburan sering membuat orang lupa jika ada beberapa orang yang menggunakan ini untuk keuntungan pribadi.

Orang jahat dapat menyebarkan link tautan yang, jika dibuka, akan masuk ke halaman formulir untuk melengkapi data pribadi clicker. Bentuknya beragam, seperti kuis dengan hadiah barang-barang yang mahal.

BACA JUGA : TUTORIAL PHISING PUBG TERBARU

Mereka juga dapat mengirim email dengan iming-iming hadiah besar. Ada juga kasus atas nama diri mereka sebagai pihak lain yang membutuhkan informasi pribadi seseorang karena berbagai alasan seperti memperbarui data.

Selalu perhatikan tautan yang akan diklik, terutama jika sumbernya tidak jelas dan terlihat mencurigakan secara visual, bahasa, atau alamat domain. Konfirmasikan kepada pihak yang namanya diambil saat meminta informasi pribadi, misalnya dari bank.

2. Jangan bertransaksi dengan perangkat publik

Alat umum untuk berselancar di dunia maya sekarang tersedia di banyak tempat, seperti komputer di bandara atau perpustakaan. Usahakan untuk tidak melakukan transaksi apa pun dengan perangkat untuk menghindari penarikan data pribadi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

BACA JUGA : TUTORIAL PHISING MOBILE LEGEND TERBARU

Gunakan perangkat pribadi untuk mengakses informasi perbankan atau melakukan transaksi keuangan dan berbelanja. Jika menggunakan perangkat umum, riwayat transaksi dan jejak informasi dapat ditinggalkan dan digunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

3. Tidak sembarangan mematuhi instruksi melalui telepon

Sejumlah perusahaan memang masih menggunakan telemarketing untuk menjual produknya. Namun, ada pihak tertentu yang menggunakan telemarketing sebagai jalan pintas ke phishing. Mereka dapat melakukannya dengan mengklaim sebagai pembawa pesan dari bank atau perusahaan yang menginginkan seseorang memberikan informasi pribadi karena berbagai alasan. Jangan langsung memberikan informasi pribadi yang diinginkan jika ponsel terlihat mencurigakan.

BACA JUGA : CARA PHISING FACEBOOK TERBARU

Dan itulah artikel tentang Phising & sedikit tips untuk menghindari phising. Jika Anda sudah menerapkan tips di atas, Anda tidak perlu lagi khawatir nanti ketika melakukan transaksi online. Dengan layanan yang tepat, transaksi Anda dijamin aman.
DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.magelang1337.com. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel