Iklan Billboard

Jenis & Karakter Hacker Kamu Yang Seperti apa?


Seorang hacker adalah seseorang yang memiliki keahlian dalam memproses dan mengubah aturan yang ada pada komputer dan pemrograman. Peretas atau peretas dalam bahasa Indonesia sering kali adalah orang yang mampu belajar, menganalisis, memodifikasi, membobol komputer dan jaringan komputer, baik untuk keuntungan maupun dimotivasi oleh tantangan.

Peretas juga sering dikaitkan dengan kegiatan negatif dan merugikan karena mereka sebagian besar melakukan pencurian dari komputer, jaringan komputer, ke web yang terhubung ke internet.

Peretas mulai muncul pada awal 1960-an di mana pada waktu itu ada organisasi mahasiswa bernama Tech Model Railroad Club di Massachusetts Institute of Technology (MIT) Artificial Intelligence Laboratory.

Pada awalnya kata hacker berkonotasi positif dan berguna bagi orang lain, tetapi sekitar tahun 1983, istilah hacker mulai memiliki konotasi negatif.

Ini terjadi karena pertama kali FBI menangkap kelompok kriminal komputer yang berbasis di Milwaukee, Amerika Serikat, yang telah membobol 60 komputer dari komputer milik Memorial Cancer Centre Sloan-Kettering ke komputer milik Laboratorium Nasional Los Alamos.

Sampai sekarang, peretas memiliki berbagai jenis dan tujuan. Untuk mengetahui jenis peretas dan apa yang mereka lakukan

Jenis Dan Karakter Hacker


1. Grey Hat Hacker

Tipe pertama dari peretas adalah jenis peretas yang akan mengambil tindakan negatif dan positif. Mereka biasanya mencari kelemahan sistem, dan menyabotase suatu sistem.

Gray Hat Hacker juga sering ditempatkan di antara jenis White Hat dan Black Hat Hacker, karena mereka dapat melakukan apa yang White Hat dan Black Hat Hackers lakukan.

2. Peretas Topi Hitam (Black Hat)

Karakter dari peretas ini adalah antagonis, di mana mereka akan membahayakan orang lain untuk keuntungan pribadi. Peretas ini akan mencuri data dari situs web, mengambil alih situs web, dan menyabotase sistem komputer.

3. Peretas Topi Putih (White Hat)

Mereka yang termasuk dalam tipe White Hat Hacker memiliki karakter protagonis dan biasanya melakukan hal-hal positif yang bermanfaat bagi diri mereka sendiri dan orang lain.

Biasanya mereka akan melakukan peretasan untuk menguji ketahanan sebuah situs web, mencari kelemahan dalam suatu sistem, dan juga menjadi konsultan untuk keamanan sistem.

Aktivitas Hacker


4. Hacktivist Hacker

Tipe hacker ini adalah tipe yang sering menyebarkan pesan yang berhubungan dengan politik, ideologi hingga agama. Mereka akan mengubah tampilan web untuk diisi dengan pesan yang berkaitan dengan masalah sosial, agama, politik, atau pemikiran dari peretas. Kebanyakan Hacker, Hacker memiliki karakter yang baik, tetapi tidak mengesampingkan kemungkinan bahwa mereka juga dapat terjun dan menyebarkan berita palsu.

5. Script Kiddie Hacker

Script Kiddie Hacker adalah jenis peretas yang tidak benar-benar menguasai sistem komputer. Biasanya mereka juga disebut pemula atau pemula. Mereka yang termasuk dalam jenis peretasan ini mencoba mempelajari peretasan profesional. Mereka biasanya juga menggunakan peretasan yang sebelumnya dibuat oleh peretas lain.

Itulah beberapa jenis peretas yang sering ditemukan di dunia teknologi modern. Beberapa hacker memang memiliki tujuan negatif karena mereka ingin memuaskan diri mereka sendiri. Tetapi ada juga jenis peretas yang memiliki sifat positif dan dapat membantu orang lain memecahkan masalah dalam jaringan komputer untuk keamanan situs web.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel