Iklan Billboard 970x250

Perbedaan LINUX Dan UNIX

Perbedaan LINUX Dan UNIX


Sebelum Linux memimpin, Unix adalah sistem operasi superkomputer. Sejak 2003, Top500 telah beralih dari 96 persen Unix ke 96 persen Linux. Pada tahun 2004, Linux telah mengambil alih keunggulan.

Menurut laporan Linux Foundation, 20 tahun Top500.org Linux Data Superkomputer dengan Kemajuan Kinerja Komputasi, ada dua alasan mengapa Linux lebih unggul dari Unix:

Pertama , karena sebagian besar superkomputer top dunia adalah mesin penelitian skalar super yang dibangun untuk tugas-tugas khusus, setiap superkomputer adalah proyek independen dengan karakteristik dan persyaratan pengoptimalan yang unik. Dengan demikian, tidak terjangkau untuk mengembangkan sistem operasi khusus untuk setiap sistem. Dengan Linux, tim teknik dapat dengan mudah memodifikasi dan mengoptimalkan Linux pada desain satu kali dan terobosan yang menjadi ciri superkomputer modern

Kedua, biaya lisensi untuk distribusi Linux yang kompatibel sendiri adalah sama, apakah menggunakan 20 node atau 20 jt node. Dengan demikian,  dengan menggunakan komunitas open-source Linux yang luas, proyek ini memiliki akses ke sumber daya dukungan gratis dan pengembang untuk membantu menjaga biaya pengembang sama atau di bawah sistem operasi lain.



PERBEDAAN LINUX DAN UNIX

Apa itu Unix?

Sederhananya, Unix adalah sistem operasi open source yang terutama digunakan untuk menjalankan PC, server internet dan workstation. Unix dikembangkan pada tahun 1970 di AT & T Bell Labs dan ditulis dalam bahasa pemrograman C.

Apakah itu Linux?

Linux adalah keluarga sistem operasi perangkat lunak sumber terbuka dan gratis yang berbasis pada kernel Linux, kernel sistem operasi yang pertama kali dirilis pada 17 September 1991 oleh Linus Torvalds. Linux biasanya dikemas dalam distribusi Linux (atau hanya distribusi).

PERBEDAAN KEDUANYA 

1. Biaya

Linux adalah sistem operasi open source, sehingga didistribusikan secara bebas. Anda dapat dengan mudah mengunduh salinan Linux dari internet atau mendapatkannya secara gratis melalui buku dan majalah. Namun, Anda harus membayar versi server dan OS Linux untuk organisasi besar.

Di sisi lain, Unix cukup mahal. Anda butuh uang untuk mendapatkannya. Namun, tidak ada harga umum untuk OS. Sebaliknya, berbagai versi Unix memiliki label harga yang berbeda. Misalnya, biaya server Unix berkisar dari $ 25.000 dan $ 249.000.

2. Tingkat keamanan

Kedua sistem operasi rentan terhadap ancaman keamanan yang berbeda, Linux lebih aman daripada Unix. Pertama, Linux menggunakan karakter yang sama dengan Unix. Ini termasuk isolasi tugas dalam lingkungan multitasking. Selain itu, kata sandi di Linux dienkripsi dan dapat dikelola dari jarak jauh.

Sebagai sistem operasi open source, pengguna dan pengembang dapat dengan mudah melaporkan kesalahan di Linux. Ini tidak terjadi pada Unix karena pengguna harus menunggu patch koreksi kesalahan dikembangkan. Prosesnya bisa memakan waktu lama tidak seperti lingkungan open source di mana masalah dan kesalahan diselesaikan dalam waktu singkat.

3. Basis pengguna

Siapa yang menggunakan dua sistem operasi? Linux adalah sistem operasi normal yang dapat digunakan oleh siapa saja. Basis pengguna terdiri dari pengguna komputer biasa untuk pemrogram berpengalaman. Di sisi lain, Unix dapat digunakan di PC, workstation dan server Internet.

4. Portabilitas

Linux mengeksekusi portabilitas. Sistem operasi ini sangat portabel sehingga dapat di-boot dari memori USB. Unix, di sisi lain, relatif kaku dan karenanya tidak portabel.

5. Kode sumber

Karena Linux adalah sistem operasi open source, kode sumber tersedia untuk masyarakat umum. Siapa pun dapat melihat kode sumber yang digunakan untuk menjalankan sistem. Kode sumber untuk Unix OS tidak tersedia untuk umum.

6. Pangsa pasar: Unix vs. Linux

Pangsa pasar dapat diartikan sebagai jumlah orang yang menggunakan sistem operasi tertentu. Meskipun Linux muncul beberapa tahun setelah Unix, ia memiliki pangsa pasar yang lebih besar. Sistem operasi telah diinstal pada lebih dari 25 juta mesin dibandingkan Unix, yang memiliki sekitar 5,5 juta instalasi.

Jadi, bagaimana dengan windows?
Windows adalah sistem operasi berbasis desktop, sedangkan komputer super semua aktivitas atau interaksi Anda melalui baris perintah. oleh karena itu, akan lebih sulit untuk menggunakan sistem operasi Windows.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Iklan post tengah