Iklan Billboard

5 Teknologi Canggih Yang Terinspirasi Dari Anime


Bagi Anda penggemar Anime, tentu paham dengan beberapa teknologi yang ditampilkan dalam berbagai serial anime, conthonya seperti robot berbentuk manusia. Tak hanya di dalam amine saja, di era digital yang serba teknologi ini, ternyata ada beberapa teknologi super canggih yang terinspirasi dari teknologi yang ada di dalam amine. Apa sajakah itu? Berikut diantaranya!

5 Teknologi Canggih Terinspirasi Anime

Walaupun memiliki sedikit perbedaan kemampuan atau fungsinya, namun secara garis besar kelima teknologi ini menyerupai teknologi canggih yang ada di dalam serial anime.

1. Humanoid Robot

Humanoid Robot atau robot manusia ini memang banyak terdapat di dalam anime. Bahkan beberapa drama juga seringkali mengusung konsep cerita tentang robot berbentuk seperti manusia. Di alam anime, humanoid robot banyak terdapat dalam anime bergenre scie-fi. Salah satu anime yang menampilan robot dalam bentuk manusia yaitu: "Miss Monochrome" yang rilis pada tahun 2013.

Sementara salah satu humanoid robot nyata di dunia yang paling terkenal bernama "Sophia". Ini merupakan sebuah robot yang dikembangkan oleh Hanson Robotics, perusahaan asal Hong Kong. Pada tahun 2017, Sophia mendapatkan kewarganegaraan sebagai robot warga negara Arab Saudi. Shopia dirancang dengan kecerdasan buatan yang mampu mengenal wajah dan melakukan pengolahan data visual. Ia mampu mengenali wajah dan menirukan gerak manusia serta dapat menjawab beberapa pertanyaan karena didukung dengan teknologi pengenal suara.

2. Lengan Bionic

Jika Anda pernah menonton anime "Fullmetal Alchemist" pasti Anda meilihat senjata yang digunakan Edward untuk menghadapi musuhnya yaitu dengan lengan bionic. Bukan hanya ada di dalam anime, lengan bionic juga diciptakan dalam dunia nyata dalam bidang medis. Sebuah universitas OHSU menciptakan lengan bionic bagi pasiennya. Lengan bionic merupakan lengan palsu yang dibuat menyerupai lengan dan jari manusia.

Terciptanya lengan bionic sangat membantu dunia kedokteran dalam menangani cacat lengan pada pasiennya. Lengan bionic memiliki prinsip seperti lengan tangan manusia yang bisa digerakkan. Namun, untuk menggerakkannya dibutuhkan perangkat tambahan yaitu smartphone. Lengan bionic yang diciptakan tersebut terintegrasi dengan ponsel, sehingga melalui aplikasi khusus yang terinstall di dalam smartphone akan membuat lengan bionic bergerak seperti tangan pada umumnya.



3. Hologram

Teknologi canggih selanjutnya yang ada di dunia nyata yaitu Hologram. Dalam serial anime Psycho-Pass, banyak mempertontonkan teknologi Hologram di dalamnya. Namun, teknologi terbaru tersebut tidak hanya ada di dalam anime saja. Pasalnya, kini sudah banyak Hologram yang bisa didapatkan dengan mudah.Salah satu teknologi yang tercipta dengan bentu hologram yaitu Gatebox.

Gatebox merupakan perangkat berbentuk tabung hologram yang dapat diajak berkomunikasi layaknya manusia biasa. Di dalam tabung hologram tersebut terdapat karakter anime wanita. Teknologi super canggih ini dibuat oleh Jepang dengan menggabungkan berbagai teknologi, seperti hologram, facial recognition, sensor gerak, kecerdasan manusia, dan internet. Menarikkan? Anda bisa meminta Gatebox untuk melakukan beberapa hal sesuai perintah Anda.

4. Robot Besar

Robot besar atau Gundam merupakan karakter robot yang super besar dan raksasa. Tak hanya ada di dalam anime, namun robot raksasa tersebut juga diciptakan dalam dunia nyata. Walaupun belum tercipta secara sempurna seperti dalam Gundam, akan tetapi robot besar dengan nama LW-Mononofu ini mempunyai kemiripan.

Walaupun berbentuk besar, tapi LW-Mononofu bukan robot yang digunakan untuk berperang. Robot raksasa tersebut diciptakan oleh seorang insinyur bernama Maasaki Nagumo karena sering menonton serial anime, khusunya Gundam. Robot LW-Mononofu yang diciptakan memiliki berat lebih dari 7 ton dan tinggi hingga 8,5 meter.

5. Robot Hewan Peliharaan

Terakhir, yang tak kalah menakjubkan adalah terciptakannya teknologi canggih robot dalam bentuk binatang peliharaan. Terinspirasi dari anime Zoid, terciptakan robot yang menyerupai hewan peliharaan. Robot tersebut diciptakan oleh Boston Dinamics dengan bentuk hewan Anjing. Robot yang diciptakannya dapat melakukan aktivitas layaknya seekor anjing sungguan, yaitu berjalan, berlari, maupun melompat.

Tak hanya berbentuk anjing, beberapa robot hewan yang cukup terkenal yaitu BionicKangaroo (Robot Kanguru); Robot Gajah; Beachbot (Robot Kura-Kura); Robot Burung; Robot ACM-R5H (Robot Ular) dan BionicAnt (Robot Semut). Beberapa robot tersebut diciptakan dengan bentuk menyerupai hewan serupa.

Menarikkan? Itulah beberapa teknologi canggih yang terinspirasi dari anime. Dibuat dengan menggunakan berbagai gabungan berbagai teknologi, mampu menciptakan teknologi terbaru yang menakjubkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel