Mengenal Mata Kuliah Jurusan Teknik Informatika


Kami menjelaskan Materi di jurusan Teknik Informatika secara garis besar mengingat bahwa jurusan TI di setiap kampus memiliki konsentrasi yang berbeda tetapi memiliki Komponen dasar yang sama.

Materi Kuliah Dasar Umum

Materi kuliah umum dasar adalah materi yang bersifat umum untuk semua jurusan, bukan hanya IT. Apa pun jurusan yang akan Anda dapatkan materi ini, sepertinya ini memang kursus dasar wajib yang selalu tersedia di setiap departemen di semua kampus di Indonesia. Berikut ini adalah kursusnya.

-Bahasa Indonesia
-Inggris
-Riset / Metode Penelitian Operasi
-Kewarganegaraan
- Ilmu Sosial dan Budaya Dasar
-Etika profesional
-Pendidikan agama
- Kewirausahaan & Manajemen

Ilmu-ilmu ini akan selalu ada dengan berbagai variasi nama tergantung pada arah yang Anda ambil. LKami yakin Anda akrab dengan pengetahuan yang disebutkan di atas kecuali dalam poin 3, 6 dan 8. Inti dari metode penelitian ini adalah ilmu dasar dalam melakukan penelitian dan menulis makalah ilmiah. Terkadang materi ini juga termasuk bahan Statistik dan metode pengumpulan data. Sementara Poin 6 Etika Profesional lebih menekankan pada "Lakukan sesuatu yang Baik saat menggunakan keterampilan Anda setelah Lulusan".

Contoh dasar dalam etika profesional ini bukanlah menjadi cracker, atau pemecah kartu ATM / kredit, jangan membuat virus, jangan bekerja untuk kejahatan atau membuat situs web porno (melanggar etika), situs web untuk teroris dan seterusnya, itu contoh mudah. Kami yakin kamu mengerti Poin 8 harus ada di sana (harus ada) di setiap Jurusan sehingga ketika mereka lulus tidak hanya berpikir "di mana saya mendaftar? " Tetapi lebih fokus pada "Peluang ekonomi apa yang bisa saya dapatkan dan mempekerjakan orang lain dengan pengetahuan yang saya peroleh?"

Program (Mata kuliah) Matematika & Sains

Teknik Informatika adalah salah satu jurusan yang "ENGINEERING" dikelompokkan dalam wadah "Sains dan Teknologi" atau "Fakultas Teknik" lebih khusus dalam "Teknik Listrik dan Ilmu Komputer". Jadi sangat jelas bahwa pengetahuan ini membutuhkan Pemahaman Matematika dan Fisika dan memiliki mata pelajaran sains dasar yang sama dengan jurusan teknik lainnya hanya penekanan yang berbeda.

Ilmu Komputer sendiri dibagi menjadi lima Cabang, yaitu Ilmu Komputer (Ilmu Komputer), Teknik Komputer (Perangkat Keras Komputer), Teknik Informasi (Rekayasa Perangkat Lunak), Sistem Informasi (Sistem Informasi) dan Teknologi Informasi (Teknologi Informasi). Untuk Teknologi Informasi, biasanya lebih sering disebut TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan) jika di Indonesia.

Perlu diingat bahwa teknik komputer lebih fokus pada perangkat lunak. Perangkat lunak itu sendiri disusun berdasarkan algoritma dan algoritma, yang biasanya disusun berdasarkan persamaan matematika yang kompleks atau persamaan logis, sehingga tidak mungkin untuk pergi ke universitas TI malah menghindari matematika.

Apa saja ilmu dasar yang harus dipahami? Berikut ini adalah beberapa mata kuliah Dasar WAJIB di Jurusan Teknik Informatika.

-Fisika Dasar
-Kalkulus I dan Kalkulus II
-Logika Matematika (Logika Informatika)
-Matematika Diskrit
-Aljaber Linier dan Matrix
-Metode Numerik
-Statistik

Perhatikan 7 Ilmu Pengetahuan di atas? Jika Anda tidak menyukai Matematika, maka jelas Anda gugup, letih, dan panik. Tetapi jika Anda mengambil jurusan Ilmu Sosial, apakah Anda masih bisa belajar di IT? Mungkin selama Anda rajin dan sabar, tetapi jika Anda tidak bisa, saya sarankan hanya memasuki jurusan Sistem Informasi. Kursus di atas biasanya diambil selama semester 1 hingga III, artinya jika Anda mendapat nilai buruk di tahun-tahun awal kuliah, Anda akan lebih kesulitan meningkatkan IP di semester berikutnya.


Kursus di Teknik Informatika

Kursus dasar

- Pengantar Teknologi Informasi
- Algoritma dan Pemrograman
- Struktur data
- Jaringan komputer
- Organisasi Komputer
- Multimedia

Kursus dasar ini berfokus pada keterampilan dan sebagian besar kursus ini memiliki praktikum. Saya akan fokus pada Struktur Data. Struktur Data adalah salah satu kursus paling penting dalam Teknik Informatika. Sayangnya, sebagian besar kampus dan dosen tidak dalam mengajar siswa mereka. Seolah-olah pengetahuan ini tidak penting. Namun saya tekankan, jika Anda ingin menjadi ahli Pengembang Perangkat Lunak, maka tidak ada ilmu yang lebih penting dari ilmu ini.

contoh nyata Setiap tipe data yang ada dalam bahasa pemrograman selalu didasarkan pada teori struktur data. Ketika Anda belajar pemrograman Anda akan tahu Array, Tuple, Daftar, Obyek, Grafik, Pohon, tumpukan, Heap, Antrian dan berbagai jenis lainnya.

Dengan memahami pengetahuan ini, Anda akan dengan mudah mengimplementasikan algoritme bahkan ketika Anda memindahkan bahasa pemrograman proses transisi sangat mudah. Tanpa memahami pengetahuan ini Anda bisa menjadi programmer amatir / seumur hidup.

Mata Kuliah Wajib

- Database
- Sistem operasi
- Berkas sistem
- Jaringan komputer
- Analisis dan Desain Berorientasi Objek
- Arsitektur komputer
- Grafik Komputer (Grafik Komputer)
- Pemrograman Bahasa X
- Pemrograman Pemrograman
- Pemrograman Web
- Desain Antarmuka Pengguna (Interaksi Manusia dan Komputer)
- Rekayasa Perangkat Lunak (dan Metode)

Kursus Database ini masing-masing Kampus ini juga memiliki penekanannya sendiri dan materi ini dapat terdiri dari beberapa mata pelajaran tergantung pada database yang digunakan. Ada Basis Data Dasar, Desain Basis Data, Basis Data SQL, Basis Data Canggih, Basis Data Perusahaan, dan berbagai mata pelajaran lainnya tergantung pada kampus.

Demikian juga dengan Jaringan Komputer, kursus ini dibagi menjadi berbagai mata pelajaran dari memperkenalkan Jaringan Komputer ke tingkat Cloud Computing, Keamanan Jaringan, Implementasi Server (Server mail, server web, server database dll.) Dengan berbagai infrastruktur (Mikrotik, Cisco, Juniper dll.), Implementasi OS (Linux Server, Windows, Unix) dan Protokol Jaringan yang digunakan (silakan baca RFC 1 hingga RFC 3798). Materi jaringan komputer yang mungkin Anda dapatkan di Sekolah Kejuruan TI jurusan TKJ hanyalah sepotong Ilmu Jaringan jika Anda benar-benar ingin memahami jaringan komputer yang sebenarnya.

Pada Titik sistem Operasi, perhatikan bahwa materi ini tidak mengajarkan Anda cara Menggunakan Linux atau Windows, tetapi materi ini adalah materi ke tingkat Bagaimana sistem Operasi bekerja dan cara membangunnya. Idealnya praktikum dalam sistem operasi ini adalah membuat program sistem yang terkait dengan Kernel, Proses, Manajemen Memori, Sistem Panggilan dan Topik-Topik lanjutan lainnya, termasuk membuat Driver untuk Perangkat Keras tertentu.

Sayangnya, banyak kampus, dosen atau mahasiswa tidak kuat dalam materi ini. Fokusnya terbatas pada teori dasar. Jika Anda ingin dapat membuat robot, pemrograman sistem, sistem Embeded atau ingin membuat distribusi Linux sendiri bahan ini wajib, jika Anda hanya menggunakan Linux, cukup beli buku "Linux For Moron!". itu cukup.

Materi selanjutnya yang sangat menarik dan menantang adalah Arsitektur Komputer. Mungkin saat ini kita mengenal Arsitektur Intel x86, meskipun ada puluhan desain prosesor di luar sana yang memiliki cara kerja dan desain yang berbeda. Jika Anda ingin bekerja di bagian Penelitian tentang prosesor (mis. Ingin mengerjakan ARM atau intel) bahan ini sangat kompleks.

Untuk "Pemrograman Bahasa X" ini biasanya tergantung pada kampus. Jika kampus bersandar pada Microsoft, tentu saja, itu akan mengajarkan C # sebagai inti dari pemrogramannya, sedangkan jika kampus dekat dengan Oracle atau Open source, biasanya berorientasi pada JAVA. Pilihan bahasa pertama ini akan memengaruhi materi pemrograman di atasnya. Perhatian di sini, bahwa bahasa pemrograman Komputer sangat banyak, jadi saya tidak menulis mata pelajaran khusus ke dalam bahasa-bahasa tertentu di atas, semua kebijakan kampus.

Jadi Ilmu "Pemrograman dengan bahasa X" hanyalah sebagian kecil dari Teknik Informatika karena praktis. X Anda dapat mengganti dengan berbagai jenis pemrograman dari C, C ++, C #, Java, PHP, Delphi, Go, VB.net dan sebagainya. Kami yakin jika Anda sudah memahami Algoritma dan pemrograman serta Struktur Data, Mempelajari bahasa pemrograman ternetu jauh lebih mudah.


Mata Kuliah Pilihan

- Teori Bahasa dan Otomata
- Data Mining
- Cloud Computing
- Cloud Programing
- Mobile Programing
- Keamanan Jaringan
- Sistem Terdistribusi
- Kecerdasan Buatan
- Machine Learning
- Sistem Pakar
- Mekantronika /Robotika
- Semantic Web
- Biometric
- Computer Vision
- Kriptografi

Kursus Tingkat Lanjut / Preferensi ini biasanya sangat kompleks dan Anda harus menguasai kursus Matematika dan Sains, Kursus Teknik Informatika Dasar, dan Program Rekayasa Informatika Wajib. Sebagai ilustrasi, jika Anda fokus pada satu bidang dari 15 bidang selama 4 tahun, pengetahuan itu tidak akan habis.

Misalnya Materi Kriptografi. Materi ini sebenarnya lebih tepatnya kami sebut mata kuliah Matematika Terapan untuk mengamankan data. Jika Anda tidak menyukai matematika, bagaimana Anda menginginkan pakar Kriptografi? Pembelajaran mesin? Ini lebih kompleks karena kami membuat mesin yang bisa berpikir seperti manusia. Biometrik? semua yang Anda lihat dalam film hacker dapat Anda perdalam di sini. Ingin bekerja di tim Mesin Pencari Google? Harus mempelajari Web Semantik. Ingin Membuat Robot atau Membuat jaringan SkyNet? Visi Komputer dan Kecerdasan Buatan dan Pembelajaran Mesin yang harus Anda kuasai. Ingin bekerja di pusat data? Materi Komputer Lanjut, Arsitektur Komputer Lanjut, Jaringan Lanjut, OS Lanjutan Anda harus menguasai.

Ingin Membuat Bahasa Pemrograman Baru? Teori bahasa dan automata yang harus Anda kuasai. Ingin mengerti cara kerja prosesor? Harus Belajar Arsitektur Komputer. Ingin Membuat Arsitektur Perbankan dan Pasar Saham? Pelajari Sistem Terdistribusi.

Materi canggih ini sayangnya (sejauh yang kita tahu) hanya digunakan sebagai suplemen untuk SKS sehingga bahkan 144 kredit dapat lulus kursus. Meskipun Ilmu Lanjutan ini nantinya akan menentukan Spesialisasi Anda. Sayangnya, sekali lagi sayangnya tidak semua siswa IT atau mereka yang ingin menjadi siswa antusias untuk mendiskusikan dan memperdalam ilmu komputer (TI) ke akar-akarnya, jadi jangan heran jika setelah lulus, kelulusannya tidak jauh berbeda. dari kursus. Jika Anda beralasan, "Saya tidak mengajar kampus / dosen sedalam itu, mas?" Eh, Anda seorang siswa, bukan siswa sekolah dasar yang harus disuap, itu sebabnya BAHASA INGGRIS penting, sehingga Anda dapat mengembangkan pengetahuan yang diberikan oleh dosen dari buku referensi. Terutama mereka yang kebanyakan berbahasa Inggris! "

Intinya adalah bahwa semuanya kembali kepada Anda. Jika Anda benar-benar hobi komputer, tertarik pada "Bagaimana X bekerja?" (Anda dapat mengubah X ke Prosesor, Bahasa Pemrograman, Protokol Jaringan, Filesystem dan puluhan topik lainnya) Tetapi sekali lagi Jika Anda hanya ingin lulus dan menjadi programmer Web atau Android, mungkin kursus lebih tepat untuk Anda!
DONASI VIA PAYPAL Terima Kasih Telah Berkunjung Jika artikel ini bermanfaat. Bantu Berikan Donasi untuk memperpanjang domain www.magelang1337.com. Thanks..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel