Cara Merekam Layar Android 2020


Mengambil gambar layar smartphone memang dapat dilakukan dengan mudah melalui screenshoot. Namun, bagaimana jika ingin merekam layar dalam bentuk video? Beberapa smartphone memang sudah dilengkapi dengan fitur bawaan yang bisa digunakan untuk merekam aktivitas dilayar. Seperti smartphone Oppo dengan sistem ColorOS yang sudah dilengkapi dengan fitur Screen Recording.

Bagaimana dengan smartphone yang lain? Jika smartphone yang kamu miliki belum dilengkapi dengan fitur tersebut, kamu tetap bisa merekam layar Android dengan menggunakan aplikasi tambahan. Simak ulasan berikut tentang cara merekam layar Android 2020 dengan aplikasi perekam layar.

Cara Merekam Layar Android dengan Aplikasi Gratis

Fitur perekam layar atau screen video recorder bertujuan untuk merekam aktivitas berjalan yang sedang dilakukan. Misalnya, kamu ingin membuat video tutorial edit foto di Android atau bermai game. Berikut ini beberapa aplikasi gratis yang bisa kamu manfaatkan untuk merekam layar Android dengan mudah.

Baca Juga : Fitur iPhone ini Sekarang Bisa Digunakan Di Android

1. ScreenCam Screen Recorder


Aplikasi perekam layar Android 2020 yang satu ini bisa kamu manfaatkan untuk membuat video tutorial. Kamu bisa menguduhnya secara gratis di PlayStore. Melalui aplikasi ini, kamu bisa merekam layar dengan kualitas terbaik, mulai dari pengaturan resolusi, bitrate, hingga kecepatan frame hingga 60fps. Aplikasi ini tergolong ringan karena hanya berukuran 2,1 Mb sehingga tidak membuat kinerja smartphone berat. Keuntungan dari ScreenCam Screen Recorder yaitu tidak disertai dengan iklan yang kerap mengganggu proses perekaman.

2. AZ Screen Recorder


Aplikasi selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk merekam layar yaitu AZ Screen Recorder. Dengan aplikasi ini, kamu tidak perlu melakukan root saat proses penginstallan. Keuntungan aplikasi ini yakni bebas watermark dan tidak mempunyai batas waktu penggunaan. AZ Screen Recorder sudah dilengkapi dengan video editor mini built-in yang berfungsi mengedit hasil rekaman layar. Fitur tambahan lainnya seperti kemampuan menghitung waktu mundur, hasil rekaman video FullHD & QHD, menampilkan teks dan logo, hingga memilih time-lapse (gerakan lambat). Aplikasi ini bisa kamu dapatkan secara gratis dengan mengunduhknya di PlayStore.

3. RecMe Screen Recorder


Rekam layar Androidmu dengan menggunakan RecMe Screen Recorder, aplikasi ini bisa kamu unduh gratis di PlayStore. RecMe Free Screen Recorder menawarkan fitur unggulan seperti pengaturan resolusi terbaik hingga frame rate video. Keuntungan menggunakan RecMe Screen Recorder untuk merekam layar adalah tidak ada watermark dan batas waktu perekaman. Pengguna bisa bebasa membuat video rekaman layar dengan durasi lama.

4. Twitch - Livestream Multiplayer Games & Esports


Cara merekam layar Android 2020 bisa juga kamu lakukan dengan menggunakan aplikasi Twitch. Aplikasi ini cocok bagi kamu yang melakukan live streaming ketika bermain game sekaligus membuat video tutorialnya. Hasil rekaman video bisa diunduh ketika rekaman selesai. Twitch memang dikhususkan untuk aktivitas gaming, tidak seperti aplikasi perekam layar lainnya. Namun, aplikasi ini layak dipertimbangkan khususnya bagi kamu yang ingin membuat tutorial bermain game serta berbagi tips dan triknya.

5. DU Recorder



Baca Juga : Aplikasi Paling Menguras Baterai Handphone

Terakhir, kamu bisa menggunakan DU Recorder untuk merekam layar Androidmu. Selain merekam aktivitas layar, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur live streaming ke beberapa platform digital seperti Facebook dan Youtube. Kamu juga bisa mengedit hasil rekaman dengan mudah tanpa harus menggunakan software editing di PC. DU Recorder juga memungkinkan kamu menaruh Watermark sendiri, agar video hasil rekamanmu tidak diambil orang sembarang.

Segera unduh perekam layar Android 2020 yang akan mempermudah kamu mendapatkan rekaman aktivitas layar smartphone. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel