Tips Ampuh & Cerdas Belajar Desain Grafis Online 2020

Tips Ampuh & Cerdas Belajar Desain Grafis Online 2020
Daftar Isi Artikel

Magelang1337.com - Cara Belajar Desain Grafis Secara Online. Siapa bilang, belajar desain grafis rumit dan susah? Faktanya, seluruh lapisan masyarakat bisa mempelajari desain grafis lewat cara yang baik dan benar, termasuk Anda!

Bagi beberapa orang, belajar desain grafis bisa jadi hal yang sangat melelahkan. Salah satu penyebabnya bisa jadi berasal dari media pembelajaran. Jika kita menggunakan platform desain yang tepat, seharusnya proses belajar akan lebih mudah.

Seiring berjalan waktu, teknologi kian canggih dan metode belajar desain grafis pun semakin banyak. Dari sekian banyak pilihan, kita mesti menyesuaikan dengan platform desain yang mampu menyajikan kebutuhan secara lengkap.

Lengkap saja, apakah cukup? Tentu tidak! Sebuah platform desain harus bisa dioperasikan dengan mudah dan sederhana. Semakin praktis, maka semakin banyak kalangan yang dapat menjangkau proses pembelajaran desain grafis.

Desain grafis diterapkan pada semua visual, mulai dari rambu jalan hingga skema teknis, dari memorandum antar kantor hingga manual referensi. Itulah alasan kenapa belajar desain grafis sangat penting untuk semua orang!

Pentingnya Belajar Desain Grafis untuk Seluruh Kalangan


Desain dapat membantu dalam menjual produk atau ide. Ia diterapkan pada produk dan elemen identitas perusahaan seperti logo, warna, kemasan dan teks sebagai bagian dari pemasaran.

Jika dilihat secara seksama, desain grafis diterapkan dalam industri hiburan dalam dekorasi, pemandangan, dan penceritaan visual. Contoh lain dari desain untuk tujuan hiburan termasuk novel, sampul album, buku komik, dan berbagai macam media komersial.

Tak hanya berkutat pada ruang lingkup di atas, elemen lain juga turut melibatkan desain grafis. Jurnal ilmiah, berita, penyajian opini dan fakta sering kali ditingkatkan dengan grafik dan komposisi informasi visual yang dikenal sebagai desain informasi.

Koran, majalah, blog, televisi dan film dokumenter dapat menggunakan desain grafis. Lewat kemunculan web, kita semakin tahu bahwa pengemasan desain visual yang tepat, dapat menarik hati serta enak dipandang.

Elemen desain dapat digabungkan dalam bentuk tradisional dan digital yang melibatkan penggunaan seni visual, tipografi, dan teknik tata letak halaman. Seorang desainer grafis mengatur halaman dan secara opsional menambahkan elemen yang sesuai.

Lebih kompleks lagi, desain grafis dapat mencakup visualisasi data yang melibatkan penggunaan program untuk menafsirkan dan membentuknya sebagai sebuah hasil presentasi. Masih banyak keuntungan belajar desain grafis yang dapat membantu aktivitas kita sehari-hari.

Namun, lewat banyaknya penjelasan di atas, apakah kita bisa belajar desain grafis hanya lewat segenggam ponsel Android? Tentu saja bisa!

Tips Belajar Desain Grafis Online

Mulai dari ponsel hingga tablet, perangkat berbasis Android dapat menjadi media pembelajaran desain grafis. Selain mudah, teknologi terkini sanggup membuat kita mengeksplorasi banyak hal hanya lewat gawai pintar.

Apa yang benar-benar membuat tablet dan ponsel cerdas berguna untuk menciptakan kreasi visual adalah aplikasi yang tersedia untuk dipasang pada perangkat tersebut. Banyak aplikasi, tentu banyak opsi bagi kita dalam memilih mana yang paling pas.

Sebagai contoh, Anda dapat memilih aplikasi Canva for Android dengan mengunduh di Google Play Store. Aplikasi lain juga tersedia, tentu dengan kelebihan serta kekurangan tersendiri.

Selain itu, apa lagi tips belajar desain grafis yang bisa kita terapkan? Agar lebih jelas, simak poin-poinnya di bawah ini!

1. Temukan Aplikasi Desain Grafis yang Cocok

Kehadiran berbagai macam aplikasi saat ini, mampu memenuhi segala hal. Desain grafis tidak terkecuali. Seperti penjelasan sebelumnya, terdapat banyak aplikasi yang memungkinkan Anda melakukan segalanya.

Mulai dari menyempurnakan foto, membuat grafik vektor, hingga melukis potret yang indah, bakal selalu ada aplikasi untuk menciptakan kreasi-kreasi di atas.

Beberapa aplikasi menangani beberapa fungsi dan fokus pada subjek tertentu. Banyak aplikasi desain grafis dibuat dengan baik dan akan sangat bermanfaat bagi alur kerja desain visual sesuai kebutuhan.

2. Mengoleksi Karya Desain Inspirasional

Setelah memutuskan untuk memilih aplikasi desain grafis yang sesuai, mulailah membuat katalog pekerjaan yang menurut Anda berhasil. Itu bisa sesederhana menandai gambar di browser web, membuat papan Pinterest, atau menyimpan item ke folder di komputer

Seperti daftar pemberi pengaruh, katalog karya yang menginspirasi akan membantu mengidentifikasi tren dalam desain saat mulai mengenali pola dalam karya orang lain. Anda juga akan mulai memahami preferensi dan minat sesuai gaya pribadi.

Jika Anda mendapati diri terus-menerus menyimpan infografis, misalnya, Anda kelak akan mencari sumber hingga mempelajari cara membuatnya. Cukup askes di ponsel atau PC, lalu simpan karya-karya tersebut sebagai inspirasi personal.

3. Membedah Setiap Proses Karya Seni

Membedah dan menganalisis proses di balik proses visual, memungkinkan kita untuk memahami langkah yang tepat dalam menghasilkan sebuah karya.

Anda mungkin sudah tahu aplikasi yang sesuai dengan karakter diri, namun cobalah untuk meninjau karya seni tersebut dan melihat kemungkinan lain.

Saat mengidentifikasi karya seni tersebut, Anda akan tahu teknik atau konsep apa yang perlu dijelajahi untuk mengembangkan kemampuan.

4. Tahu Apa yang Hendak Dibuat

Cobalah untuk benar-benar spesifik dengan karya yang hendak dibuat, sehingga Anda dapat menemukan tutorial sesuai kebutuhan. Menelusuri sesuatu seperti "cara membuat ikon" mungkin memberikan hasil penelusuran yang sangat luas.

Ketikkan dengan tepat apa yang ingin Anda pelajari, seperti, "cara membuat desain logo”. Kelak setelah menemukan, pahami secara mendalam setiap poin yang dijabarkan.

Jelajahi berbagai macam situs di internet untuk menemukan topik spesifik teknik yang hendak dipelajari. Upaya tersebut dapat membantu Anda menemukan apa yang dicari secara online dengan lebih mudah serta membantu membiasakan diri dengan bahasa-bahasa desain.

5. Berlatih Tanpa Henti

Jangan berhenti berlatih dan bekerja kembali sampai desain Anda berfungsi. Jika ada yang tidak beres, buang dan mulai lagi dari awal, meskipun butuh waktu berminggu-minggu untuk menyelesaikannya.

Salah satu hal paling penting adalah hasil akhir, bukan waktu yang Anda habiskan. Lakukan sesempurna mungkin sampai Anda benar-benar menemukan hasil paling sesuai.

Setiap proses kegagalan, akan memberikan pelajaran baru untuk diaplikasikan pada proyek mendatang. Tempuhlah setiap hal, tak lupa meminta pendapat dari orang lain.

Pada tingkat tertentu, setiap orang takut dikritik. Anda pasti memiliki kekhawatiran bahwa haasil jerih payah kita ditolak orang lain. Belajar menerima kritik yang membangun bukanlah tugas yang mudah, tetapi itu adalah kunci untuk belajar desain grafis lebih baik.

***

Itulah tadi, penjelasan serta tips belajar desain grafis online yang bisa Anda lakukan dari sekarang. Temukan media pembelajaran paling tepat, asah terus kemampuan kita dari hari ke hari. Selamat mencoba!