Iklan Billboard 970x250

Tips Hacking Keylogger dan Software yang Digunakan

Tips Hacking Keylogger dan Software yang Digunakan



Seiring berkembangnya zaman, muncul beberapa metode yang digunakan untuk merekam aktivitas yang dilakukan di komputer. Salah satunya dengan menggunakan keylogger. Beberapa dari Anda mungkin sudah sering mendengar istilah tersebut, atau mungkin masih asing dengan kata “keylogger”. Keylogger dapat digunakan sebagai aksi kejatahan untuk melakukan hacking. Seperti apakah hacking keylogger itu? Simak penjelasannya di bawah ini!

Apa itu Keylogger?

Keylogger merupakan program yang dirangcang dan digunakan untuk merekam riwayat penekanan tombol keyword yang kemudian akan di masukkan dalam log atau catatan. Bahkan kini, setelah berkembang tipe dan versi keylogger dapat juga merekam tindakan mouse, web browser, clipboard, hingga visual surveillance atau gambar tangkapan layar).

Jenis keylogger sendiri terdiri dari dua macam, bisa berupa hardware dan software. Keylogger dalam bentuk software terbilang cukup aman dan praktis daripada versi hardware. Awalnya program ini digunakan untuk keperluan yang positif, seperti mengawasi aktivitas pekerja maupun pengguna komputer dalam menggunakan perangkat komputer. Sehingga jika didapatkan rekam aktivitas yang menunjukkan mereka melakukan hal negatif dengan komputer, dapat diberikan teguran.  

Namun, seiring berkembangnya zaman dan perubahan perilaku ke arah negatif, keylogger justru disalahgunakan oleh beberapa orang. Banyak tindak kejahatan yang dilakukan dengan keylogger, misalnya memasang keylogger pada komputer perusahaan, warnet, atau komputer personal orang-orang tertentu, dengan tujuan mendapatkan informasi penting yang akan digunakan untuk tindak kejahatan, seperti pembobolan akun. 

Tindakan yang dilakukan oleh pihak tak bertanggung jawab ini tentu bisa merugikan pihak-pihak tertentu. Data pribadi yang seharusnya menjadi hal yang rahasia, dapat dicuri dan tersebar luas. Bahkan akun pribadi seseorang dapat dibobol atau di hack oleh orang-orang yang memanfaatkan keylogger untuk mendapatkan informasi tersebut. 

Software Keylogger Terbaik untuk Perangkat Komputer 

Apakah Anda tertarik untuk menanamkan keylogger pada perangkat komputer? 
Berikut ini beberapa software keylogger yang perlu Anda coba.

Revealer Keylogger yang paling responsif dan ringan digunakan pada perangkat komputer. Program ini dilindungi oleh password dan tidak akan terlihat pada taskbar. 


Tidak hanya merekam pengetikan keybord, Kidlogger juga bisa berfungsi merekam aktivitas pada USB, File, maupun folder penggunanya. Bahkan suara dari mikrofon, aktivitas tangkapan layar (screenshot), dan video Skype dapat direkam. Software ini dilindungi oleh password dan berjalan di belakang layar. Anda dapat menginstall program ini pada Android, Mac OS X, Symbian, Windows, BlackBerry, dan iOS. 

Software ini memiliki fitur yang lebih unggul dibandingkan keylogger yang lain. Pasalnya, pengguna komputer tidak akan menemukan keylogger pada task manager atau folder. Bahkan software ini tidak dapat dihapus secara langsung dan tidak muncul dalam daftar instalasi Windows. Keylogger yang ini juga dilindungi oleh password tambahan yang membuatnya aman. 

Cara menggunakan keylogger

Keylogger dapat diinstal atau ditanamkan pada suatu perangkat komputer dengan sangat mudah. Beberapa orang menanamkan program ini untuk mencari tau informasi tertentu melalui perangkat digital. Inilah cara yang dilakukan untuk menanamkan keylogger pada perangkat komputer dengan mudah.

• Menonaktifkan anti virus
Saat ini hampir semua antivirus memiliki kemampuan untuk bisa mendeteksi keylogger. Jika Antivirus tidak di uninstall pada perangkat komputer, maka keylogger tidak dapat ditanamkan. Jika Anda ingin melakukan hacking dengan menggunakan keylogger, maka Anda perlu mengintstall antivirus dalam perangkat tersebut. Setelah antivirus di nonaktifkan, maka Anda dapat menanamkan keylogger pada perangkat komputer yang Anda inginkan. 

• Download Perfect Keylogger
Untuk menanamkan keylogger pada suatu perangkat, Anda perlu mendownload dan menginstal aplikasi "Perfect Keylogger". Setelah berhasil diinstal, buka program "Perfect Keylogger" dan lakukan setting sesuai keinginan. 

Selanjutnya, keylogger akan aktif dalam perangkat komputer setelah selesai melakukan pengaturan. Jangan lupa pilih "Hide Program Icon" untuk menyembunyikan program ini dari user, sehingga tidak ada yang tahu bahwa komputer tertanam keylogger.

Amankan perangkat Anda dari Keylogger
Segera amankan perangkat Anda dari keylogger agar aktivitas pribadi Anda tidak diketahui orang lain. Bagaimana caranya? Berikut ini langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk menghindari keylogger pada perangkat komputer yang Anda gunakan. 

1) Gunakan antivirus pada perangkat komputer Anda. 
Pastikan bahwa setiap perangkat komputer yang Anda miliki, telah dipasang Antivirus. Komputer yang telah dipasang antivirus akan mendeteksi keylogger yang mungkin dipasang pada perangkat Anda sebagai virus. 

2)Mengetik tanpa huruf vokal
Tahukah Anda, bahwa keylogger hanya akan merekam apa yang Anda ketikkan di awal. Misalnya Anda ingin mengetikkan password "pelangi". Cobalah untuk mengetikkan huruf konsonan saja "plng". Selanjutnya tambahkan huruf vocalnya diantara huruf "plng" yaitu "eai". Maka yang akan terekam oleh keylogger yaitu "plngeai". Cara ini bisa digunakan sebagai alternatif menghindari keylogger. Mekskipun, sebenarnya hacker masih bisa melakukan pelacakan dengan mengotak-atik karakter yang terekam dan menemukan kata password tersebut.

3) Menggunakan on screen keyboard
Cara selanjutnya untuk menghindari keylogger, cobalah menggunakan on screen keyboard. Di setiap perangkat komputer memiliki on screen keyboard yang bisa Anda aktifkan. Keylogger hanya akan merekam aktivitas yang dilakukan dengan keyboard komputer Anda, namun tidak merekam aktivitas dari on screen keyboard.

4) Copy paste kata penting dari notepad
Anda bisa menyiapkan password atau informasi penting dengan menggunakan on screen keyboard di word atau notepad dan simpan. Jika Anda ingin mengetikkan password untuk akun atau informasi tertentu, tinggal meng-copy dari file yang telah Anda simpan dan persiapkan tersebut.

5) Menginstall Anti-Keylogger
Anda juga bisa menggunakan Anti-Keylogger untuk mengatasi program keylogger yang tertanam dalam perangkat Anda. Program ini juga memungkinkan perangkat terinfeksi keylogger, karena anti-keylogger akan mendeteksi keylogger sebagai virus yang akan diblock. 

Apakah keylogger dapat dihapus dari perangkat komputer?

Ya, keylogger dapat dihapus dari perangkat komputer Anda dengan beberapa cara. Bagaimana caranya? Simak ulasannya di bawah ini.

1) Setting Windows Anda
Jika Anda menggunakan perangkat komputer berbasis Windows, Anda dapat melakukan penyetingan pada sistem untuk menghapus keylogger. Bagaimana caranya? Pilih Control Panel, klik "Uninstall Program aatu Add or Remove Program" (tergantung versi Windows). Kemudian, cek aplikasi yang terinstall dalam komputer Anda. Uninstall segera aplikasi yang tidak pernah Anda instal, karena kemungkinan itu merupakan virus keylogger.

2) Gunakan SpyHunter
SpyHunter merupakan aplikasi yang akan membantu Anda mengatasi keylogger. Aplikasi ini akan menjalakan proses pencarian serta penghapusan keylogger secara otomatis yang tersembunyi di sebuah komputer. Anda hanya perlu menekan tombol scan untuk menjalankan SpyHunter, maka aplikasi ini akan langsung menjalankan prosesnya. Prinsip kerja SpyHunter sama dengan program antivirus lainnya. Jika komputer Anda ditemukan keylogger, maka kita dapat menghapusnya.  

Itulah beberapa informasi mengenai hacking keylogger yang kerap dilakukan oleh beberapa orang dengan tujuan tertentu, baik tujuan positif maupun melakukan tindak kejahatan. 
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Iklan post tengah