5 Jenis Antivirus Malware 2019


Malware merupakan salah satu program khusus yang sengaja dirancang dengan tujuan merusak sistem komputer. Program ini bisa mengakibatkan kerusakan hebat pada perangkat maupun data di dalamnya. Malware menginfeksi perangkat komputer melalui sebuah email, aktivitas browsing, download internet, dan program-program tertentu yang telah terinfeksi. Butuh antivirus khusus yang bisa memberantas malware agar tidak merusak perangkat dan menyebabkan kerugian pengguna komputer yang bersangkutan. Apa saja jenis antivirus malware 2019? Berikut penjelasannya.

Penyebab Komputer Terserang Malware

Penyebab utama, malware menginfeksi komputer adalah software yang Anda download dari situs tertentu melalui browser. Software yang biasa diunduh melalui beowser dari situs tak resmi ini, rentan disisipkan virus. Virus yang tertanam dalam aplikasi yang Anda download dan install itulah yang menyebabkan komputer terinfeksi malware. Malware yang menyerang bisa merupa virus, spyware, Trojan horse, worm, adware, dan masih banyak lagi.

Jika perangkat komputer Anda sudah terserang malware, maka sistem komputer akan terganggu, bahkan Anda bisa kehilangan file penting yang tersimpan dalam perangkat. Lebih berbahayanya, malware yang menginfeksi komputer Anda dapat mencuri data dan menyalahgunakannya. Untuk meminimalisir agar komputer tidak terserang malware, jangan mengunduh software dari situs tidak resmi. Jika ingin mendapatkan software tertentu, Anda bisa membeli software langsung atau mengunduhnya melalui situs resmi di IDCloudHost yang lebih aman dari serangan malware.


Jenis-Jenis Malware

Malware sebagai program yang dirancang untuk menyusup dan merusak suatu sistem, memiliki beberapa jenis, yaitu:

1. Virus
Jenis malware yang paling dikenal adalah virus. Virus yang masuk ke dalam sistem, akan menginfeksi, merusak perangkat sistem, memanipulasi data, hingga mengubah atau menghilangkan data yang tersimpan dalam perangkat yang terinfeksi. Berbahayanya lagi, virus yang menyerang ini biasanya mampu menggandakan diri yang secara otomatis akan melakukan copy ke berbagai program yang ada di dalam komputer. Sehingga, walaupun awalnya virus ini.

hanya menyerang satu program, maka secara cepat akan menyerang berbagai program dalam komputer tersebut.

2. Worm
Selanjutnya, jenis malware kedua adalan worm. Malware ini juga mampu menggandakan diri dan menyebar tak hanya ke program, akan tetapi ke seluruh jaringan komputer. Worm dapat menginfeksi perangkat dengan memanfaatkan jaringan yang tersedia. 

Keamanan jaringan yang lemah, membuat worn dengan bebas masuk ke dalam sistem dan mulai mengontrol data yang ada di dalam perangkat untuk mencuri data yang tersimpan. Bahayanya lagi, worn dapat menggandakan diri yang menyebabkan memori komputer lama-lama penuh, hal ini menjadikan komputer menjadi lemot dan crash.

3. Trojan Horse 
Trojan Horse atau yang lebih dikenal dengan sebutan Trojan. Malware ini menyerang komputer dan selanjutnya akan mengendalikan program di dalamnya. Trojan tidak dapat menggandakan diri, akan tetapi menyebar melalui email maupun aktivitas di internet. Aplikasi ini berasal dari software ilegal yang telah Anda download dan instal.

4. Spyware
Malware jenis Spywrare memiliki kemampuan memata-matai aktivitas Anda yang Anda lakukan dengan perangkat komputer. Selanjutnya, Spyware akan mengirimkan informasi kepada pihak ketika yang menyebarkan Spyware pada perangkat Anda. Bahayanya, aktivitas yang dilakukan oleh Spyware tidak disadari pengguna komputer, tanpa sebuah aplikasi khusus.

Nah, itulah beberapa jenis malware yang paling sering menginfeksi perangkat komputer. Sebenarnya masih ada jenis malware lain yang juga berbahaya seperti Keylogger, Adware, Dialer, dan Wabbit.




5 Antivirus Malware 2019

Siapkan dan install antivirus di berikut ini diperangkat komputer Anda, jika tidak ingin diserang malware. Antivirus malware yang bisa Anda gunakan diantaranya:

1. Bitdefender Antivirus
Antivirus Malware pertama yang bisa Anda coba yaitu Bitdefender Antivirus. Aplikasi ini mampu melakukan pengawasan secara diam-diam terhadap aktivitas yang Anda lakukan, khususnya saat melakukan browsing. Dengan antivirus ini, aktivitas browsing yang Anda lakukantetap aman dan terlindungi. Karena Bitdefender mampu mendeteksi adanya perilaku mencurigakan dari tautan di web. 

Antivirus ini dikenal dengan sifatnya yang "diam tapi kuat". Dikatakan diam karena aplikasi ini tidak memunculkan notifikasi atau bunyi ketika komputer terdeteksi Malware. Namun, secara diam-diam Bitdefender bekerja dengan cepat dan hebat untuk membasmi malware tanpa Anda ketahui.

2. Malwarebytes AntiMalware
Aplikasi antivirus malware selanjutnya adalah Malwarebytes AntiMalware. Anda dapat menggunakan aplikasi ini secara gratis, namun fitur perlindungan gratis hanya tersedia dalam 14 hari setelah penginstalan. Sehingga setelah 14 hari, Anda akan kehilangan fitur utama program seperti perlindungan secara real time, pemindaian cepat, dan pemblokiran situs berbahaya. Sehingga untuk mendapatkan fitur penting tersebut, Anda bisa membeli Malwarebytes AntiMalware untuk versi berbayar. 

Antivirus ini mampu memberantas malware maupun spyware yang terdapat dalam program tertentu. Namun, pastikan Anda menggunakan software antivirus versi berbayar. Karena jika menggunakan versi gratis, maka setelah 14 hari, antivirus tidak dapat memusnahkan malware yang menyerang perangkat komputer Anda.

3. AVG AntiVirus
Tak kalah hebatnya dengan antivirus sebelumnya, AVG sebagai antivirus Malware juga memiliki kemampuan luar biasa untuk memberantas virus. Aplikasi ini akan memberikan notifikasi kepada Anda melalui jendela pop up yang muncul pada layar komputer Anda. Tak perlu khawatir, pop up yang dimunculkan AVG sebagai pemberitahuan bahwa AVG telah berhasil memunaskah virus yang mengancam program komputer Anda. 

Tak hanya pada program, AVG AntiVirus juga mampu mendetaksi link browser yang mengandung malware. Anda bisa menggunakan AVG AntiVirus versi gratis, akan tetapi fitur yang Anda dapatkan tidak selengkap versi berbayar. Maka dari itu, jika ingin mendapatkan sistem keamanan yang lengkap dengan enkripsi data yang kuat, Anda bisa membeli AVG versi berbayar.

4. Avast Free Anti-Virus
Salah satu antivirus paling terkenal adalah Avast yang sudah sejak lama menjadi andalan Windows untuk melindungi perangkatnya. Avast memiliki keunggulan yaitu ringan saat melakukan scanning antivirus, sehingga tidak mempengaruhi kemampuan komputer saat sedang digunakan untuk bekerja. 
Antivirus Avast telah dilengkapi dengan Anti-Malware yang akan melindungi perangkat dari serangan malware yang ganas. Umumnya, Avast bisa digunakan dalam versi gratis, akan tetapi dengan fitur keamanan yang kurang lengkap. Jadi, jika ingin Avast dengan fitur keamanan lengkap, seperti memiliki kemampuan anti-phising (penyaring spam), Anda bisa menginstall Avast versi berbayar.

5. Ad-Aware Free Anti-Virus+
Antivirus Malware selanjutnya yang juga dapat Anda instal pada perangkat komputer yaitu Ad-Aware Free Anti-Virus+. Software ini dapat melindungi komputer Anda dari berbagai macam Malware yang menyerang. Ad-Aware memiliki fitur utama seperti: scan spyware, scan download, hingga melakukan filtering pada situs berbahaya. Upgrade Antivirus Ad-Aware ini ke versi Pro, untuk mendapatkan fitur perlindungan dan keamanan yang lebih lengkap dan kuat.

Sudah tahukan, seperti apakah Malware bagi perangkat komputer Anda. Segera aktifkan antivirus malware 2019  untuk meningkatka keamanan perangkat dari serangan malware. 
DONASI VIA PAYPAL Terima Kasih Telah Berkunjung Jika artikel ini bermanfaat. Bantu Berikan Donasi untuk memperpanjang domain www.magelang1337.com. Thanks..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel