Cara Menggunakan WhatsApp Chrome dan Keunggulannya


WhatsApp merupakan salah satu aplikasi perpesanan yang paling populer saat ini. Aplikasi ini diluncurkan pada September 2015 yang lalu, dan kini hampir semua pengguna smartphone menginstal WhatsApp pada perangkatnya. Selama ini Anda menggunakan WhatsApp dalam perangkat Android, namun tahukah Anda bahwa aplikasi chatting ini juga bisa diakses melalui browser seperti Chrome. Bagaimana caranya? Berikut ini cara menggunakan WhatsApp Chrome dan beberapa keunggulannya.

Sekilas Tentang WhatsApp

WhatsApp sebagai aplikasi perpesanan instan ini bisa diunduh dan diinstall di perangkat smartphone yang Anda miliki. Pada prinsipnya, WhatsApp merupakan layanan berkirim pesan yang hampir sama dengan SMS. Namun, WhatsApp memiliki fitur yang lebih lengkap dan modern dibanding SMS. Jika SMS hanya berbasis teks yang dibatasi beberapa karakter dalam sekali kirim, maka hal ini tidak berlaku di WhatsApp.

Melalui WhatsApp, Anda bisa berkirim pesan berupa teks, gambar, video, hingga file-file lain kepada pengguna lain tanpa dibatasi jumlah karakter. Jika SMS membutuhkan pulsa regular untuk berkirim pesan, WhatsApp membutuhkan koneksi internet. Untuk mendaftar WhatsApp, Anda perlu mencantumkan nomor telepon aktif untuk proses verifikasi akun. Nomor yang tersimpan dalam kontak Anda akan otomatis menjadi teman di WhatsApp jika mereka juga mendaftarkan nomornya untuk akun WhatsApp.

Fitur WhatsApp

Aplikasi perpesanan online ini selalu mengalami pembaharuan secara berkala. Fitur WhatsApp pun selalu mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Dan berikut ini beberapa fitur WhatsApp yaitu :

1. Sembunyikan “Last Seen”
WhatsApp memungkinkan pengguna untuk saling berbagi informasi waktu kapan terakhir kali pengguna aktif di WhatsApp. Laporan “Last Seen” terkadang membuat seseorang tak ingin diketahui pengguna lain. Maka dari itu, pengguna bisa menyembunyikan laporan ini, sehingga pengguna lain tidak mengetahui kapan terakhir kali Anda aktif di WhatsApp. 

Untuk menyembunyikan “Last Seen”, buka menu Setting – Account -- Privasi – Pilih Last Seen – maka akan ada 3 pilihan yaitu Everybody, My contact, atau Nobody. Jika ingin menyembunyikan “Last Seen” maka pilih Nobody. Mudahkan?

2. Membatalkan atau Menghapus Pesan
Anda mungkin pernah mengirimkan pesan yang salah ke rekan Anda. Sebelum terlanjur dibaca dan menimbulkan kesalahpahaman, Anda bisa menghapus pesan yang sudah terlanjur terkirim. Caranya sangat mudah, Anda tinggal mengetuk dan menahan pesan yang ingin dihapus, sampai muncul pilihan hapus  - pilih “Hapus untuk Semua Orang”. Dengan begini, pengguna WhatsApp tidak akan mengetahui pesan salah yang telah Anda kirimkan tadi.

3. Menyembunyikan “Laporan Dibaca”
Beberapa dari Anda mungkin merasa tak enak hati ketika membuka pesan dari rekan Anda, namun belum sempat dibalas. Orang yang berkirim pesan berpikir, bahwa Anda hanya membacanya dan tidak mau membalas. Hal ini bisa menimbulkan persepsi negatif. 

Nah, Anda bisa menghilangkan centang biru atau laporan dibaca, sehingga pesan masuk yang sudah Anda baca, namun belum terbalas tidak terlihat seperti sudah dibaca. Seakan-akan pesan tersebut memang belum dibaca. Caranya: masuk ke Pengaturan – Akun – Privasi – lalu hilangkan centang pada tulisan “Laporan Dibaca”.  

Sebenarnya, ada banyak fitur WhatsApp yang bisa Anda gunakan untuk kenyamaan dalam berkirim pesan.  Pembahasan selanjutnya klik Next Page

Cara Menggunakan WhatsApp Chrome

Selain dapat diakses melalui aplikasi yang terinstal pada smartphone, WhatsApp juga dapat diakses melalui browser, seperti Chrome. WhatsApp versi web ini bisa Anda akses dengan mengunjungi www.whatsapp.com. Maka Anda akan diarahkan ke halaman yang meminta pemindaian kode QR akun WhatsApp. Berikut ini langkah-langkah mengakses WhatsApp Chrome. 

1. Buka Chrome dan masuk ke web.whatsapp.com. Pastikan perangkat yang Anda pakai terkoneksi dengan internet. 

2. Selanjutnya, Chrome akan menampilkan kode QR yang meminta Anda untuk melakukan pemindaian pada akun WhatsApp di smartphone.

3. Buka aplikasi WhatsApp Anda pada smartphone, lalu pilih WhatsApp Web dan lakukan scan kode QR yang ditampilkan Chrome.  

4. Setelah melakukan scan kode QR, tunggu loading beberapa saat, maka Anda akan masuk dalam akun Anda. 

5. Jika Anda sudah masuk ke akun, Anda bisa melakukan komunikasi atau berkirim pesan layaknya menggunakan smartphone.

Keunggulan WhatsApp Chrome

Ada beberapa keunggulan yang bisa Anda rasakan dengan menggunakan WhatsApp versi Chrome ini, diantaranya adalah:

1. Mampu menampilkan kondisi baterai smartphone
Meskipun Anda menggunakan WhatsApp Chrome, Anda akan mendapatkan notifikasi pada Chrome kondisi baterai smartphone Anda. Mungkin, saat Anda menggunakan WhatsApp versi Chrome, Anda lupa mengecek kondisi baterai karena fokus pada Chrome. 

Tak perlu khawatir ponsel akan mati mendadak karena habis baterai. Karena ketika smartphone menunjukkan baterai dalam konsisi "low", Chrome akan menampilkan kondisi baterai smartphone dalam keadaan lemah dan perlu di charger. Artinya meskipun Anda mengakses aplikasi melalui versi web, kondisi smartphone harus dalam keadaan hidup. Karena jika smartphone, maka koneksi WhatsApp dalam chrome akan terputus.

2. Memberikan kenyamanan untuk mengetik pesan panjang
WhatsApp versi web juga memmberikan kenyaman kepada orang-orang yang ingin mengirimkan pesan panjang. Misalnya untuk urusan pekerjaan di kantor. Jika harus menulis pesan panjang di smartphone akan membuat jempol Anda lelah untuk mengetik. Namun, dengan WhatsApp Chrome ini Anda bisa mengetikkan pesan untuk seseorang dengan lebih nyaman menggunakan 10 jari. 

3. Mempermudah berkirim file dalam komputer
Berkirim file pekerjaan biasanya memang menggunakan email. Namun, banyak orang yang memilih menggunakan WhatsApp untuk saling bertukar file, bisa berupa gambar, dokumen, maupun video. File yang tersimpan dalam komputer bisa langsung dikirimkan ke pengguna WhatsApp secara langsung, tanpa harus dipindah ke smartpone terlebih dahulu. Hal ini tentu akan membuat pekerjaan Anda untuk berkirim pesan menjadi lebih efektif dan efisien.

4. Membantu meningkatkan konsentrasi bekerja
WhatsApp yang diakses melalui komputer sebenarnya membantu Anda untuk lebih berkonsentrasi saat sedang bekerja. Saat Anda pesan yang masuk, Anda tidak perlu mengecek terus menerus smartphone Anda. Namun, secara otomatis Chrome akan memberikan notifikasi bahwa ada pesan yang masuk ke dalam WhatsApp Anda. 

Notifikasi ini bisa berupa kotak dialog yang muncul di layar monitor atau bisa juga berupa bunyi (tergantung pengaturan Chrome Anda). Sehingga Anda bisa dengan cepat menanggapi pesan tersebut, tanpa harus memegang smartphone setiap saat untuk membalas pesan yang masuk. Sambil bekerja di depan komputer, Anda bisa sesekali menjawab pesan yang masuk dengan cepat. 

5. Pesan chatting akan tersimpan
Tak perlu khawatir, meskipun Anda mengunakan WhatsApp versi web, pesan chatting yang Anda lakukan sebelumnya dengan smartphone akan tetap ada, selama belum Anda hapus. Begitu pula sebaliknya, chatting yang dilakukan melalui WhatsApp web juga tidak akan hilang, jika Anda seudah menggunakan WhatsApp versi smartphone kambali. 

Nah, itulah cara mengakses WhatsApp Chrome dengan mudah. Mudahkan? WhatsApp versi desktop atau web browser ini lebih efektif di kantor atau berhubungan dengan pekerjaan. Sehingga memudahkan dalam berkomunikasi dan bertukar informasi dengan cepat. 
DONASI VIA PAYPAL Terima Kasih Telah Berkunjung Jika artikel ini bermanfaat. Bantu Berikan Donasi untuk memperpanjang domain www.magelang1337.com. Thanks..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel