Facebook | Instagram | Whatsapp Down! Bukan Karena Serangan DDos. Tapi Karena ini..



Facebook, Instagram dan WhatsApp dilaporkan memiliki kesalahan, interupsi, atau downtime di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Pengguna Facebook (FB), Instagram (IG) dan WhatsApp (WA) menunjukkan bahwa mereka tidak dapat menggunakan platform ini untuk berkomunikasi.

Menurut sejumlah pengguna, fitur utama seperti Instagram stories, pesan langsung, dan tombol untuk menerbitkan konten baru juga tidak dapat digunakan.

Gangguan ini terjadi pada Kamis (14/3/2019) dini hari, waktu Indonesia atau jam 1 siang, waktu AS.
Kesalahan Facebook dan Instagram ini terus berlanjut dan sejumlah pengguna mengeluh bahwa berita itu diungkapkan pada hari Kamis pukul 7 pagi.

Melalui akun Twitter-nya, Facebook sendiri tidak menjelaskan penyebab gangguan tersebut, tetapi mereka mengkonfirmasi bahwa gangguan ini bukan disebabkan oleh serangan DDoS.

"Kami menyadari bahwa beberapa orang saat ini mengalami masalah dalam mengakses koleksi aplikasi Facebook."


"Kami sedang berupaya menyelesaikan masalah ini sesegera mungkin," tulis Facebook.

"Kami fokus untuk mengatasi masalah ini dengan cepat, tetapi kami dapat memastikan bahwa gangguan ini tidak disebabkan oleh serangan DDoS," mereka melanjutkan.



Tidak ada pembaruan lain yang terkait dengan pengembangan Facebook (FB), Instagram (IG) dan WhatsApp (WA), yang dilaporkan mengalami kesalahan, gangguan, atau downtime di seluruh dunia.



Akun jejaring sosial Instagram juga menulis masalah dalam layanan mereka dan berjanji untuk menyelesaikannya sesegera mungkin.

Sementara itu, halaman DownDetector mengatakan bahwa gangguan dimulai di Amerika Serikat, yang kemudian menyebar ke Eropa dan Australia.

DownDetector mencatat bahwa wilayah Brasil mengalami gangguan paling parah.

Indonesia terkena dampak

Khusus untuk layanan Instagram dan Facebook, Indonesia juga diduga terkena masalah ini.

KompasTekno mencoba menggunakan banyak akun dan beberapa masalah berbeda terjadi.

Masalah yang muncul, seperti tombol yang hilang dari akun Instagram, tidak dapat memposting cerita Instagram dan kata-kata "tidak dapat memperbarui umpan" muncul.

Sedangkan untuk layanan Messenger dan WhatsApp, KompasTekno belum menemui masalah yang telah terjadi.

Meski beberapa pengguna lain, dilaporkan mengalami masalah saat mengirim foto atau dokumen di WhatsApp. Gangguan seperti ini juga terjadi pada tahun 2017.

Pada saat itu, beberapa pengguna melaporkan bahwa mereka tidak dapat mengakses aplikasi dan bahwa mereka tidak dapat saling mengirim pesan.

Menjadi Viral di twitter

Warganet segera menanggapi kondisi tersebut. Mereka sibuk menanggapi gangguan ini dengan tagar #facebookdown dan #instagramdown.

Kedua tagar ini bahkan telah menjadi topik hangat di Twitter sejak Kamis pagi.

Sumber : kompas.com
DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.magelang1337.com. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel