Mouse Wireless Ternyata Bisa Dihack ! Ini Penjelasannya..



Mouse nirkabel sangat berguna bagi pengguna PC atau laptop yang enggan menggunakan perangkat kabel. Namun, di balik ini, ada bahaya yang bisa mengancam keselamatan penggunanya.

Beberapa peneliti dari perusahaan keamanan Bastille menemukan ancaman itu.
Marc Newlin dan Balint Seeber mengungkapkan bahwa mouse nirkabel dari perusahaan HP, Lenovo, Amazon dan Dell menggunakan sinyal tidak terenkripsi untuk terhubung ke komputer. Peretas dapat menggunakan celah itu untuk meretas perangkat korban.

Seperti Kata Newlin yang ditulis oleh Reuters "Mereka (HP, Lenovo, Amazon dan Dell) tidak mengenkripsi lalu lintas mouse yang dihasilkan olehnya. Situasi ini memungkinkan peretas untuk mengirim sinyal tidak terenkripsi ke dongle korban dan menyamar sebagai keyboard perangkat."

Menurutnya, serangan itu secara tidak langsung telah menyebabkan para penyerang langsung berada di perangkat korban. Selain itu, untuk melakukan aksinya, penyerang tidak membutuhkan perangkat yang canggih.

Chip nirkabel

Peretas hanya perlu menggunakan antena, chip nirkabel yang disebut dongle dan deretan kode untuk mengelabui chip nirkabel yang terhubung ke perangkat korban.

"Kemudian penyerang dapat mengirim data ke dongle dan berpura-pura menjadi Mouse, tetapi dalam kenyataannya serangan itu berupa keyboard dan dia meminta korban untuk menulis sesuatu," Kata Newlin.

Kemudian, setelah korban menulis sekitar seribu kata dalam satu menit, peretas dapat langsung mengakses perangkat korban.

Bastille CTO Chris Rouland menjelaskan bahwa perusahaan teknologi harus mulai memikirkan kembali celah keamanan cyber, terutama di bidang spektrum radio.

Salah satunya adalah kemampuan smartphone untuk mengirimkan banyak data dalam hitungan detik.

Rouland juga menyarankan perusahaan teknologi untuk mulai mengembangkan sensor baru untuk mencegah ancaman yang lebih besar terhadap penggunaan teknologi nirkabel.

Untungnya, serangan ini tidak berpengaruh pada penggunaan mouse berbasis bluetooth. Jadi, pengguna yang menggunakan mouse nirkabel melalui koneksi Bluetooth dapat bernapas lega.
DONASI VIA PAYPAL Terima Kasih Telah Berkunjung Jika artikel ini bermanfaat. Bantu Berikan Donasi untuk memperpanjang domain www.magelang1337.com. Thanks..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel