Iklan Billboard 970x250

10 Keunggulan SuperKomputer

10 Keunggulan SuperKomputer




Tidak semua komputer diciptakan untuk menangani beban kerja yang sama. Prosesor yang tersedia di pasar juga bervariasi sesuai dengan kebutuhan dan harga. Namun, kebutuhan untuk pemrosesan data lebih cepat dan lebih banyak membuat penciptaan superkomputer.

Apa itu superkomputer?

Sebenarnya, superkomputer sama dengan komputer biasa dalam hal fungsionalitas, tetapi perbedaannya adalah superkomputer dapat memproses data lebih cepat dan lebih banyak. - Kekuatan: superkomputer biasanya diukur berdasarkan jumlah operasi yang dapat diproses sistem per detik.



Dan Kami telah merangkum 10 Keunggulan SuperKomputer berikut daftarnya :

1. Memecahkan Sandi dan Enkripsi

Salah satu cara paling efektif untuk memecahkan enkripsi adalah metode "brute force". Operasi metode ini adalah untuk mencoba semua kemungkinan kombinasi kata / angka / simbol dalam "daftar kata". Bahkan, menggunakan komputer juga bisa lebih lama.

2. Simulasikan aktivitas otak manusia

Otak manusia adalah salah satu organ yang paling kompleks dalam operasinya, sangat kompleks. Bahkan dari hasil penelitian, otak manusia dapat menyimpan rata-rata lebih dari 1000 TB data.
K-Supercomputer (superkomputer tercanggih ke 5 di dunia) adalah superkomputer pertama yang digunakan untuk mensimulasikan aktivitas otak manusia.

3. Lakukan simulasi senjata nuklir

Senjata nuklir adalah salah satu senjata paling mematikan di dunia. Tidak hanya saat digunakan, tetapi dalam proses pembuatannya tidak kalah berbahaya.
Akibatnya, banyak penelitian lebih suka menggunakan superkomputer untuk mensimulasikan senjata nuklir. Dari manufaktur, hingga "peledakan" senjata nuklir ini, semuanya dilakukan dengan simulasi dengan superkomputer.

4. Uji efektivitas obat baru

Seperti yang kita ketahui, banyak penyakit masih belum terdeteksi, biasanya penyakit yang langka dan mematikan. Banyak ilmuwan masih bekerja keras untuk melakukan penelitian dan mencari obat melawan penyakit.
Menguji obat baru secara langsung ke manusia sangat berbahaya dan juga dilarang. Oleh karena itu, superkomputer digunakan untuk mensimulasikan efek obat pada tubuh manusia.

5. Desain kapal | pesawat | tank dan kendaraan besar lainnya

"Apakah tidak mungkin menggunakan komputer biasa ...?" Memang. Tetapi superkomputer dapat melakukan lebih dari itu.
Superkomputer dapat menguji kinerja desain kendaraan besar dalam berbagai kondisi, seperti hujan, cuaca mendung, atau badai. Jadi, nanti, produk yang dihasilkan mungkin lebih baik.

6. Desain bangunan | bangunan yang lebih aman

Karena kemampuan komputasi yang sangat tinggi, superkomputer dapat mensimulasikan "sistem fisik" (sistem fisik, sistem yang terlihat secara fisik, seperti sistem komputer). Ini sering digunakan untuk merancang bangunan / bangunan yang lebih aman.
Ketika sebuah proyek bangunan / dirancang memiliki bagian-bagian berbahaya (berpotensi runtuh, retak, dll.), Superkomputer dapat menemukannya. Untuk itu diperbaiki agar lebih aman.

7. Menghitung satu juta per detik

Aurora mampu menghasilkan sejuta trilyun kalkulasi (quintrilion) dalam satu detik. Jika ditulis, angkanya adalah: 1.000.000.000.000.000.000 Perhitungannya berbeda dari komputer lain karena satuan ukuran yang digunakan adalah operasi floating point per detik (FLOPS). mengukur angka-angka kompleks yang harus ditampilkan oleh komputer super secara grafis.

8. Simulasi baling-baling turbin

Superkomputer Aurora dapat mensimulasikan baling-baling turbin angin, menghemat uang dengan baling-baling virtual ini.

9. Simulasi perubahan iklim

Simulasi perubahan iklim tidak kebal terhadap kemampuan komputer serba guna ini. "Tidak semua simulasi dilakukan secara fisik, perubahan iklim adalah contohnya," kata Steve Scott, Kepala Staf Teknis Cray Inc., salah satu pengembang Aurora.

10. Memodelkan molekul

Pemodelan komputer dalam kimia adalah kimia yang menggunakan hasil kimia matematika, teori yang diterjemahkan ke dalam program komputer untuk menghitung sifat-sifat molekul dan modifikasinya. Untuk menghitung sifat-sifat molekul dan modifikasinya, diperlukan teori mekanika kuantum dan komputer berkinerja tinggi seperti superkomputer untuk menyelesaikan persamaan mekanika kuantum.


Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Iklan post tengah