5 Macam Wireless & Penjelasannya


Penggunaan teknologi jaringan, seperti 5 jenis jaringan nirkabel yang sering kita temukan, tentu sangat penting di Indonesia. Bahkan, kemajuan teknologi saat ini tidak bisa lagi ditekan.

Jika dulu Anda mengirim data atau bentuk file apa pun, Anda masih memakai nama kabel untuk mengirim atau menerimanya. Saat ini, kabel masih digunakan sebagai kabel telepon di telepon rumah Anda. Namun, secara bertahap teknologi kabel ini sudah mulai berubah dengan teknologi nirkabel yang jauh lebih sederhana. Istilah nirkabel itu sendiri telah muncul untuk waktu yang lama.

Penggunaannya di Indonesia juga sudah ada sejak lama. Ada banyak jenis teknologi baru yang menggunakan fungsi nirkabel karena sangat sederhana dan praktis.

Bagi Anda yang tidak tahu apa itu teknologi nirkabel (wireless), teknologi wireless adalah kombinasi dari dua kata dalam bahasa Inggris, eire dan less. Kawat berarti bahwa kabel dan less dapat diartikan kurang atau tanpa. Memakai kabel

Jika kombinasi wireless tanpa menggunakan kabel. Tentu saja, apa yang dipahami tanpa menggunakan kabel adalah dalam hal pengiriman dan pemrosesan berbagai jenis data yang saat ini ada. Contoh termudah dan paling umum adalah penggunaan mikrofon nirkabel di berbagai acara, terutama dalam program televisi saat ini.

Berikut adalah 5 jenis jaringan wireless yang sering kita kenal dalam kehidupan sehari-hari :

📢 WiBro (Wireless Broadband)

WiBro sendiri sebenarnya tidak jauh dari apa yang disebut wifi. Emmj memiliki cara kerja dan kegunaan yang sama, tetapi wibro dirancang agar lebih portabel atau dapat dibawa ke mana saja. Dengan wibro ini Anda tidak perlu mencari wifi wifi di tempat umum jika Anda membuat koneksi internet dalam situasi yang mendesak. Selain portabel, WiBro juga dapat digunakan untuk beberapa jenis perangkat sekaligus. Tentu saja ini merupakan keuntungan tersendiri bagi Anda pengguna WiBro. Sayangnya WiBro ini hanya memiliki luas 100 meter.

📢 Ad-Hoc

Jaringan Ad Hoc ini adalah salah satu dari jenis jaringan WLAN (Wireless Local Area Network). Jaringan ad hoc ini terdiri dari sekelompok node yang berkomunikasi satu sama lain secara langsung. Cara untuk mengomunikasikan node ini tanpa melibatkan node-node perantara seperti akses point. Sehingga dengan cara ini akses jaringan dapat lebih dioptimalkan untuk mendapatkan kecepatan tinggi yang tidak biasa. Ditambah dengan semakin pesatnya kemajuan internet, Anda dapat memaksimalkan berbagai kebutuhan akses internet Anda.

📢 POE

POE adalah singkatan dari Power Over Ethernet. Ini berarti bahwa POE ini dapat diartikan sebagai "menyalurkan listrik menggunakan kabel ethernet atau kabel jaringan". Cukup menarik untuk membahas fungsi POE ini.

Baca Juga : 7 Tips Cerdas Hemat Kuota Internet

POE dapat digunakan untuk menyediakan cadangan daya ketika sulit menemukan sumber daya. Benda; ini bisa sangat membantu saat memasang perangkat seperti Akses Poin, Kamera IP dan IP. Dengan menggunakan POE ini, Anda tidak perlu lagi menghubungkan kabel daya saat Anda akan melepaskan perangkat jaringan. Anda hanya perlu menggunakan kabel UTP dan itu sudah cukup karena dapat memberikan daya ke perangkat Anda.

📢 PC Card

Mungkin Anda penasaran tentang seperti apa teknologi PC card. Padahal PC card ini hampir selalu dalam aktivitas sehari-hari Anda. PC card itu sendiri pada awalnya dikembangkan untuk media penyimpanan untuk komputer. Tetapi karena perubahan kebutuhan komputer, sekarang perangkat PC dikembangkan dalam berbagai bentuk seperti modem dan hard disk.

📢 CompactFlash (CF)

Istilah compact flash mungkin asing bagi Anda. Meskipun CF ini adalah salah satu media penyimpanan dalam bentuk chip kecil yang biasanya Anda gunakan pada kamera digital, HPO, laptop dan perangkat lainnya.

Dari berbagai penjelasan di atas mengenai 5 jenis wireless yang sering kita temui, tentu saja Anda sudah memiliki berbagai gambar dari jenis jen yang tidak bekerja. Selama Anda memiliki kriteria, fungsi, dan kegunaan yang berbeda. Anda dapat memilih untuk memanfaatkannya sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika memang Anda membutuhkan informasi akses kawat tinggi, tentu saja Anda dapat memilih teknologi yang dapat mendukung kebutuhan Anda.

Penggunaan wireless memang memiliki banyak keunggulan. Selain Anda tidak perlu menggunakan dan menyiapkan kabel saat akan menggunakannya, manfaat yang diberikan juga cukup banyak. Tidak sedikit dari jenis wireless di atas yang bahkan tidak Anda sadari sering Anda gunakan. Begitu sedikit informasi yang dapat Anda pelajari. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan bermanfaat bagi Anda.
DONASI VIA PAYPAL Terima Kasih Telah Berkunjung Jika artikel ini bermanfaat. Bantu Berikan Donasi untuk memperpanjang domain www.magelang1337.com. Thanks..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel