Iklan Billboard

Mau jadi Hacker Pro? Pelajari Kemampuan ini


Peretas atau Hacker sendiri adalah orang yang menggunakan komputer untuk mendapatkan akses tidak sah ke suatu data. Dari definisi ini saja, jelas bahwa peretas tentu saja jenius tentang komputer.

Berikut ini adalah keterampilan dan kemampuan yang dibutuhkan untuk menjadi seorang hacker profesional. Mencuri data atau meretas jaringan bukanlah satu-satunya yang mereka lakukan, jadi Anda mungkin belajar keterampilan ini untuk menghadapi peretas.

🔊 Kemampuan komputer dasar

Keahlian komputer dasar adalah hal-hal yang harus diketahui. Bagaimana Anda bisa menjadi seorang hacker jika Anda tidak mengerti baris perintah di Windows, editing registry & script? Ini akan menjadi keterampilan yang harus diterapkan ketika meretas sesuatu atau ketika mengatur parameter jaringan Anda sendiri.

🔊 Pengetahuan tentang jaringan

Dengan memahami jaringan internet dan semua kerumitannya, wajib diketahui oleh peretas. Beberapa aspek, seperti DHCP, NAT, subnetting, IPv4, IPv6, IP publik dan pribadi, DNS, router dan switch, VLAN, model OSI, pengalamatan MAC dan ARP, semua harus diketahui & diluar kepala.

🔊 Memahami linux

Linux adalah sistem operasi favorit kebanyakan hacker. Hampir semua alat yang digunakan untuk meretas adalah hasil dari 'oprekan' dari apa yang dikembangkan di Linux. Oleh karena itu, berbagai fitur dan pengembangan potensial yang dibutuhkan oleh peretas tidak akan tersedia hanya di Windows.

Baca Juga : Hacking Hotspot WiFi dengan Mudah

🔊 Memahami Wireshark

Wireshark adalah penganalisa berdasarkan open source dan tersedia secara gratis. Perangkat lunak ini digunakan untuk menyelesaikan masalah jaringan, analisis, pengembangan perangkat lunak, dan pengembangan protokol komunikasi. Karena itu, Hacker harus betul betul memahaminya.

🔊 Memahami Virtualisasi

Virtualisasi adalah abstraksi sumber daya komputer, atau menyembunyikan karakteristik fisik sumber daya komputer dari bagaimana sistem lain, aplikasi, atau pengguna berinteraksi dengan sumber daya ini.

Dengan ini, Hacker dituntut untuk dapat membuat versi virtual OS, server, perangkat penyimpanan, atau jaringan. Ini akan membantu menguji peretasan sebelum peretasan sebenarnya dilakukan.

🔊 Memahami Konsep Keamanan dan Privasi Internet

Salah satu hal terpenting dalam menjadi seorang hacker adalah memahami konsep teknologi keamanan. Seseorang yang merupakan pakar keamanan dunia maya dapat memahami hambatan apa yang muncul saat meretas.

Baca Juga : Jenis Hacker Kamu Yang Seperti apa?

Salah satu keterampilan penting dalam aspek keamanan internet adalah Key Infrastructure (PKI), Secure Sockets Layer (SSL), Intrusion Detection System (IDS), Firewall dan sebagainya.

🔊 Memahami teknologi nirkabel

Teknologi nirkabel adalah prosedur untuk mengirim informasi melalui gelombang yang tidak terlihat di udara. Orang yang ingin terlibat dalam dunia peretas tentu harus mengetahui seluk beluk perangkat nirkabel dan berbagai fungsi mereka.

Dengan itu, peretas harus memahami algoritma enkripsi seperti WEP, WPA, WPA2, jabat tangan empat arah dan WPS.

Selain itu, peretas juga dapat mempelajari dan memahami protokol Otentikasi dan berbagai batasan dalam teknologi nirkabel.

🔊 Memahami DataBase

Basis data atau Database adalah kumpulan data terstruktur yang ada di komputer, dan dapat diakses dengan berbagai cara. Bagi peretas yang ingin meretas suatu Database, tentu fungsi basis data ini juga harus dipahami. Database ini terdiri dari Bahasa SQL sehingga penting untuk mengetahui DBMS besar seperti Oracle atau MySQL.

Dan itulah artikel tentang Mempelajari Kemampuan untuk menjadi hacker pro. Semoga Artikel ini Bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel