Inilah Tugas Seorang Web Developer


Beberapa dari Anda mungkin ingin menjadi pengembang web (web developer) dan mulai belajar coding. Tetapi ada banyak jenis bahasa pemrograman. Bagaimana Anda tahu apa yang perlu Anda pelajari? Tentu saja, Anda harus tahu sebelumnya apa tugas seorang web developer.

Web developer adalah seorang yang membuat program dan aplikasi untuk World Wide Web. Web developer tahu cara membuat situs web dari awal, membuat kode khusus jika Anda benar-benar membutuhkan beberapa fitur situs web Anda. Perluas semua bagian, dari tata letak situs web hingga fitur situs web. Secara sederhana, Web developer  adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk membuat dan mengelola situs web.


Tetapi jika Anda berbicara lebih banyak tentang pengembang, Anda akan menemukan bahwa pekerjaan Web developer sangat luas. Dua istilah yang mungkin sering Anda temui saat membaca tugas pengembang adalah Developer back-end dan Developer front-end. Jadi apa bedanya?


Pengertian Front End dan Back End Developer

Developer Front End
Front End adalah bagian depan situs web yang diakses pengguna. Apa yang Anda lihat saat membuka situs web, dimulai dengan warna, penulisan font, menu tarik-turun, dan kursor di situs web, diatur menggunakan HTML, bahasa pengkodean CSS dan JavaScript dikelola oleh browser komputer Anda. Inilah yang dimaksud dengan front-end.

Developer front-end adalah orang yang bertanggung jawab atas tampilan depan situs, termasuk kompilasi dan administrasi situs sehingga antarmuka pengguna (UI) dan pengalaman pengguna (UX) baik untuk pengguna. Pengembang aplikasi pengguna harus memahami tiga bahasa pemrograman utama, yaitu HTML, CSS, dan JavaScript.

Akrab dengan berbagai Framework

Selain memahami dalam bahasa ini, pengembang front-end juga harus terbiasa dengan berbagai kerangka kerja seperti Bootstrap, AngularJS, Foundation, Backbone, dan EmberJS yang berfungsi untuk memastikan bahwa konten selalu terlihat bagus di semua perangkat atau perangkat seluler. Selain itu, pengembang front-end juga diharapkan untuk mengetahui Library seperti jQuery dan Less yang membuat kode sehingga mereka dapat digunakan lebih efisien.

Jika Anda melihat deskripsi pekerjaan dari pengembang front-end, banyak juga yang meminta pengalaman dengan Ajax, sebuah teknik yang banyak digunakan untuk JavaScript sehingga halaman web dimuat secara dinamis.

developer front-end sering bekerja dengan desainer untuk membuat model dari development hingga situs web dibuat. Ahli developers front-end juga dapat mengidentifikasi masalah apa yang ada di UX dan memberikan rekomendasi selama proses desain sehingga mereka tidak memiliki masalah yang sama. developer front-end mungkin bertanggung jawab untuk desain rumah yang telah dibangun oleh developers  back-end. Jadi sebagian besar developer front-end lebih teknis tetapi mereka memiliki kreativitas yang hebat.

ini tentang front-end. Lalu bagaimana front end  situs web tetap ada? Di mana basis data disimpan? Di sinilah back-end bekerja.



Back End Developers

Back End situs terdiri dari server, aplikasi, dan basis data. Developer back end bertanggung jawab untuk membangun dan mengelola teknologi yang mendukung ketiga komponen ini. Ini dilakukan agar ujung depan situs web dapat dibuat.

Untuk memastikan bahwa komunikasi antara server, aplikasi, dan basis data dapat berjalan dengan lancar, developer back-end biasanya menggunakan bahasa pemrograman side server seperti PHP, Java, Ruby, Python, dan .Net, untuk membangun program dan alat seperti MySQL, Oracle , dan server. SQL

Ini berfungsi untuk mencari, menyimpan, dan mengubah data dan menyajikannya ke coding front end. Biasanya deskripsi pekerjaan untuk developer back-end sudah terbiasa dengan Framework kerja PHP seperti Zend, CakePHP dan Symfony, dan pengalaman dengan perangkat lunak kontrol versi seperti SVN, Git atau CVS, dan pengalaman dengan Linux sebagai sistem pengembangan dan penyebaran.

Developer reguler back-end menggunakan alat ini untuk berkontribusi pada aplikasi web dengan kode yang bersih, portabel dan terdokumentasi dengan baik. Namun, sebelum Anda menulis kode, Developer back-end perlu berkolaborasi dengan tim lain untuk mengetahui tujuan situs web ini. Dengan begitu mereka dapat mengatur kebutuhan teknis apa pun yang dibutuhkan dan memberikan solusi paling efektif untuk teknologi tersebut.

Lalu apakah pengembang hanya perlu menguasai salah satu dari beberapa kategori di atas? Tidak juga. Jika Anda mempelajari pengembangan web, biasanya Anda akan mempelajari segalanya. developer front end masih perlu mengetahui keterampilan back end dan sebaliknya. Terkadang, pengembang juga harus bisa menjadi generalis. Inilah yang disebut pengembang full stack developer.

Full stack developer

Peran ini pertama kali diperkenalkan oleh departemen teknik Facebook pada tahun 2010. Full stack adalah pengembang yang dapat bekerja lintas fungsional, yaitu front end dan back end. Tentu saja jika Anda dapat melakukan keduanya, Anda akan dapat menemukan lebih banyak peluang untuk bekerja. Namun untuk menjadi Full stack developer, ada banyak masalah yang harus dihadapi.

Full stack  sebagian besar berfungsi seperti back end , yang ada di server situs web. Tetapi mereka adalah pakar dalam bahasa  front end yang mengelola tampilan situs web. Biasanya, mereka mengerti semua bahasa pemrograman dari HTML ke Python.

Meskipun tergantung pada proyek,  front end harus memiliki pemahaman yang mendalam tentang cara kerja situs web. Misalnya untuk mengelola server Linux, menulis API sisi server, menggunakan JavaScript untuk tujuan ujung depan, dan menggunakan CSS untuk merancang situs web.

Dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman, Full stack harus dapat memberikan solusi untuk  front end dan back end. Intinya, Full stack  akan bertanggung jawab penuh atas situs web UX, mulai dari tampilan hingga waktu pemuatan situs web.

Web development sebenarnya adalah bidang yang cukup luas. Tapi apa pun jenis pengembangan yang ingin Anda kuasai, Anda harus memiliki perhatian terhadap detail, keterampilan belajar cepat, keterampilan memecahkan masalah dan komunikasi yang solid untuk berhasil.

Web development bisa menjadi karier yang bagus. Dengan industri yang berkembang dan teknologi digital, pengembang web tentu akan membutuhkan banyak.
DONASI VIA PAYPAL Terima Kasih Telah Berkunjung Jika artikel ini bermanfaat. Bantu Berikan Donasi untuk memperpanjang domain www.magelang1337.com. Thanks..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel