Penjelasan Munculnya Bahasa Pemrograman Python


Python adalah bahasa pemrograman interpretatif multiguna dengan filosofi desain yang berfokus pada keterbacaan kode. Python diklaim sebagai bahasa yang menggabungkan kemampuan, kemampuan, dengan kode sintaksis yang sangat jelas, dan dilengkapi dengan fungsi pustaka standar yang besar dan komprehensif.

Python mendukung pemrograman multi-paradigma, terutama tetapi tidak terbatas pada pemrograman berorientasi objek, pemrograman imperatif, dan pemrograman fungsional. Salah satu fungsi yang tersedia di Python merupakan bahasa pemrograman dinamis yang dilengkapi dengan manajemen otomatis

Seperti bahasa pemrograman dinamis lainnya, Python lazimnya diaplikasikan sebagai bahasa scripting, meski dalam praktiknya, pengaplikasian bahasa yang lebih luas ini meliputi konteks penerapan yang umumnya dilaksanakan menerapkan bahasa scripting.Python dapat diaplikasikan untuk berbagai keperluan pengembangan perangkat lunak dan bisa berjalan di bermacam-macam platform sistem operasi.

Kode python sekarang dapat dijalankan di berbagai platform sistem operasi, beberapa di antaranya adalah:

Linux / Unix Windows Mac OS XJava Virtual MachineOS / 2AmigaPalmSymbian (untuk produk Nokia)

Python didistribusikan dengan beberapa lisensi berbeda dari beberapa versi. Lihat sejarah dalam Hak Cipta Python. Tetapi pada prinsipnya Python dapat diperoleh dan digunakan secara bebas, bahkan untuk tujuan komersial. Lisensi Python tidak bertentangan baik menurut definisi Open Source atau General Public License (GPL)

SEJARAH PYTHON

Python dikembangkan oleh Guido van Rossum pada tahun 1990 di Amsterdam, sebagai perpanjangan dari bahasa pemrograman ABC. Versi terbaru yang dirilis oleh CWI adalah 1.2.

Pada 1995, Guido pindah ke CNRI sambil terus mengembangkan Python. Versi terakhir yang dirilis adalah 1.6. Pada tahun 2000, pengembang inti Guido dan Python pindah ke BeOpen.com yang merupakan perusahaan komersial dan membentuk BeOpen PythonLabs. Python 2.0 dirilis oleh BeOpen. Setelah menghapus Python 2.0, Guido dan beberapa anggota tim PythonLabs pindah ke DigitalCreations.

Saat ini, pengembangan Python terus dilakukan oleh sekelompok programmer yang dikoordinir oleh Guido dan Python Software Foundation. Python Software Foundation adalah organisasi nirlaba yang dibentuk sebagai pemegang hak cipta intelektual Python sejak versi 2.1 dan karenanya, mencegah Python dimiliki oleh perusahaan komersial. Saat ini distribusi Python telah mencapai versi 2.6.1 dan versi 3.0.

Nama Python dipilih oleh Guido sebagai nama bahasa ciptaannya karena kecintaan Guido pada acara televisi Monty Python & apos; Sirkus Terbang. Oleh karena itu sering ekspresi khas acara sering muncul dalam korespondensi antara pengguna Python.

DONASI VIA PAYPAL Terima Kasih Telah Berkunjung Jika artikel ini bermanfaat. Bantu Berikan Donasi untuk memperpanjang domain www.magelang1337.com. Thanks..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel