Iklan Billboard

Cara Mengatasi VPN Tidak Berfungsi di Komputer


Sangat jarang bagi pengguna layanan VPN mengalami masalah koneksi, tetapi itu tidak berarti bahwa kemungkinan itu tidak mungkin, karena Anda dapat mengalaminya kapan saja. Dan ketika itu terjadi, Anda sebagai pengguna layanan VPN, harus memperbaiki masalahnya. Nah, di sini kita akan mengulas beberapa metode Cara Mengatasi VPN Tidak Berfungsi di Komputer

Sekarang banyak peselancar dunia maya menggunakan layanan VPN. VPN sendiri adalah singkatan dari Virtual Private Network, Anda dapat menggunakannya bersama dengan ISP atau Penyedia Layanan Internet. Dan kebanyakan orang menggunakan aplikasi VPN, untuk mendapatkan akses ke situs web yang diblokir.

Selain membuka situs web yang diblokir, salah satu alasan lain mengapa pengguna VPN meningkat adalah karena meningkatkan keamanan privasi saat online. Oleh karena itu, aplikasi VPN sekarang tersedia untuk hampir semua platform, seperti Android, iOS, Windows, Mac, Linux, dll.

Namun terkadang, layanan VPN juga dapat mengalami masalah koneksi, yang pasti harus diperbaiki jika Anda ingin terus menggunakan layanan ini. Bahkan, masalah koneksi saat menggunakan layanan VPN sangat jarang, tetapi itu tidak berarti bahwa masalahnya tidak muncul.

Nah, bagi Anda yang memiliki masalah koneksi saat menggunakan VPN dan ingin tahu bagaimana menyelesaikan masalah, maka sebaiknya baca pembahasan kali ini sampai selesai. Ini karena, dalam artikel ini, kami akan menganalisis secara menyeluruh beberapa metode untuk menyelesaikan masalah VPN yang tidak berfungsi. Berikut ulasannya:

1. Pastikan Internet berfungsi dengan baik


Jika Anda memiliki masalah dengan koneksi Internet, Anda tidak dapat menyalahkan aplikasi VPN yang Anda gunakan, ketika aplikasi VPN tidak dapat terhubung dengan benar. Jadi ini adalah hal pertama yang harus Anda periksa. Jika ternyata internet Anda berfungsi dengan baik, lanjutkan ke metode berikutnya.

2. Periksa pengaturan VPN


Sebagian besar layanan VPN yang tersedia seperti NordVPN, ExpressVPN, dll., Tidak memerlukan konfigurasi manual. Yang harus Anda lakukan adalah memilih server dan tekan tombol "Hubungkan/connect". Namun, jika layanan VPN yang Anda gunakan memerlukan konfigurasi manual, Anda harus memeriksa pengaturan layanan VPN.

Baca Juga : Tips Menggunakan VPN Android Dan Komputer

Anda juga dapat membaca panduan untuk memulai cepat, yang disediakan oleh pengembang aplikasi VPN yang Anda gunakan, untuk mengkonfigurasinya di bagian pengaturan. Jadi, dalam metode ini Anda perlu mengecek bilah pengaturan di aplikasi VPN, untuk memastikan semuanya telah diatur dengan benar.

3. Coba Gunakan Server Lain


Jika Anda tidak dapat terhubung ke internet saat menggunakan VPN, maka Anda perlu mencoba mengubah server. Jika Anda menggunakan layanan VPN Premium (berbayar), maka Anda mungkin memiliki lebih banyak opsi server. Jadi, dalam metode yang satu ini Anda harus mencoba mengubah server, untuk memperbaiki VPN yang tidak berfungsi. Ketika Anda memilih server, Anda lebih baik memilih server terdekat, untuk mendapatkan kecepatan yang lebih baik.

4. Restart kembali router dan komputer


Jika Anda masih tidak dapat terhubung ke Internet saat menggunakan VPN, Anda dapat mencoba me-restart router dan komputer Anda. Seperti yang kita ketahui, memulai ulang dapat menyelesaikan beberapa masalah, termasuk masalah yang berhubungan dengan koneksi.

Baca Juga : Aplikasi Wifi Booster Gratis Terbaik 2019

Oleh karena itu, pastikan untuk me-restart router dan komputer, sebelum mencoba metode berikut. Setelah ini selesai, sambungkan ke Internet dan verifikasi apakah VPN berfungsi atau tidak, jika tidak, Anda harus mengikuti metode berikutnya.

5. Matikan antivirus dan firewall


Firewall biasanya merupakan penyebab masalah koneksi dan VPN, termasuk masalah VPN. Jadi, dalam metode ini, yang harus Anda lakukan adalah menonaktifkan Firewall Windows default untuk menyelesaikan masalah.

Untuk melakukan ini, Anda hanya perlu membuka Panel Kontrol dan masuk ke Pengaturan Firewall lalu nonaktifkan layanan ini. Jika Anda menggunakan aplikasi Antivirus, pastikan juga menonaktifkan opsi 'Internet Security' di Antivirus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel