Iklan Billboard

Install Aplikasi bukan dari Play Store. Amankah?


Untuk menginstal aplikasi yang diunduh dari lokasi selain dari toko aplikasi resmi seperti Google Play Store, Apple App Store atau toko aplikasi resmi dari produsen ponsel cerdas, Anda harus mengaktifkan pengaturan Izinkan sumber yang tidak dikenal.

Tetapi kebanyakan orang masih tidak mengerti bagaimana pengaturan ini bekerja atau bahaya menginstal aplikasi yang tidak ditemukan di toko aplikasi resmi. Berasal dari sumber yang tidak dikenal berarti sumbernya tidak dapat dipercaya.


Ini tidak selalu buruk, tetapi menginstal aplikasi dari sumber selain toko aplikasi resmi juga mengandung risiko. Secara umum, toko aplikasi resmi perusahaan besar memiliki standar khusus untuk memungkinkan aplikasi didistribusikan melalui toko aplikasi ini.

Baca Juga : Tips Mencegah Android Cepat Panas

Tidak semua aplikasi di toko aplikasi resmi bebas dari kode yang membahayakan pengguna. Ini juga dialami oleh Google, yang sering melaporkan bahwa ia menghapus aplikasi dari toko aplikasi karena kerusakan pada pengguna.

Norton mengatakan sumber lain mungkin tidak menerapkan tingkat keamanan yang sama dengan toko aplikasi resmi. Ini dapat meningkatkan kemungkinan aplikasi terinfeksi kode berbahaya seperti ransomware atau adware, yang dapat memengaruhi perangkat Anda.

Tingkat keamanan yang berbeda tidak dapat menjamin keamanan data, seperti nomor ponsel, informasi perangkat dan alamat email dalam jangkauan peretas atau penjahat cyber lainnya. Tidak didistribusikan melalui toko aplikasi resmi berarti bahwa sistem operasi tidak memiliki kendali atas aplikasi.


Sehingga pengguna aplikasi dari sumber lain memiliki lebih banyak kesulitan dalam melaporkan dan mendapatkan perbaikan ketika menemukan masalah. Tidak memiliki kriteria yang sama dengan toko aplikasi resmi juga berarti bahwa pengguna aplikasi tidak dapat mengevaluasi atau memperingatkan pengguna potensial lainnya jika aplikasi memiliki masalah.

Baca Juga : Cara Mengamankan Akun Game Dari Hacker

Dalam aplikasi yang terkait dengan data penting, seperti aplikasi teknologi keuangan Incash, Anda harus memiliki tingkat kewaspadaan yang tinggi terhadap bahaya ini. Karena masalah keamanan dapat menyebabkan data pribadi disalahgunakan untuk kerugian, termasuk teror, tidak hanya untuk diri sendiri, tetapi juga untuk keluarga dan kolega.

Karena, kami hanya merekomendasikan menginstal aplikasi yang diperoleh dari sistem operasi resmi toko aplikasi atau produsen ponsel cerdas Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel