Tips Mencegah Android Cepat Panas



Salah satu masalah yang mempengaruhi usia smartphone Android adalah suhunya yang terlalu tinggi. Selain bisa merusak smartphone, suhu perangkat yang terlalu tinggi jelas akan membuat pengguna merasa tidak nyaman.

Sebenarnya, ada beberapa alasan munculnya smartphone secara tiba-tiba. Beberapa di antaranya adalah durasi penggunaan yang terlalu lama atau faktor lingkungan.

Baca Juga : Trik Mengubah Android ID Changer

Karena itu, ada beberapa cara untuk membuat suhu smartphone Android lebih stabil dan tidak terlalu panas. Seperti apa tipsnya Simak ulasan berikut ?

🔊Periksa kabel baterai dan pengisi daya

Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi suhu smartphone Android adalah baterai buruk. Karena itu, pastikan untuk menjaga kondisi baterai Anda.

Cara mudah untuk melakukan ini adalah mengisi daya baterai secara teratur hingga 80 persen hingga 90 persen, tanpa perlu mencapai 100 persen.

Selain itu, Anda dapat memeriksa charger port dan kabel. Jika Anda merasa ada masalah, lebih baik melakukan penggantian komponen. Namun perlu diingat bahwa Anda harus menggantinya dengan komponen asli.

🔊 Hentikan penggunaan kamera berlebihan di Android

Smartphone dengan kemampuan merekam video berkualitas tinggi adalah salah satu faktor yang membuat suhu panas.

Meskipun ini tidak selalu terjadi, ada beberapa faktor yang menyebabkan suhu ponsel cerdas lebih cepat panas, seperti resolusi dan kecerahan layar.

Karenanya, saat merekam video berkualitas tinggi dengan telepon pintar, ada baiknya untuk berhenti sebentar. Secara umum, durasi yang masih termasuk dalam waktu perekaman yang masuk akal adalah 20 menit.

🔊 Periksa kemungkinan Malware

Malware dalam sistem operasi Android mungkin merupakan penyebab perangkat pemanasan cepat. Karena itu, penggunaan ponsel cerdas Anda adalah normal, tetapi suhunya masih tinggi, pertimbangkan untuk memeriksa malware.

Baca Juga : Cara Hack Android Terbaru 2019

Secara umum, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mencari malware. Cara lain untuk melakukan ini adalah memverifikasi keberadaan aplikasi asing yang belum pernah Anda unduh sebelumnya.

🔊 Lihatlah aplikasi yang berjalan di latar belakang

Tidak jarang, aplikasi yang berjalan di latar belakang juga bisa menjadi alasan bagi ponsel cerdas Anda untuk melakukan pemanasan dengan cepat. Alasannya adalah aplikasi tersebut masih dapat menjalankan CPU, Wi-Fi dan Internet walaupun tidak terbuka.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat menonaktifkan penggunaan data di latar belakang. Buka Pengaturan, Aplikasi dan pemberitahuan, Semua aplikasi dan pilih aplikasi yang ingin Anda hentikan aktivitasnya.

Setelah itu, pilih Gunakan data untuk mengetahui aktivitas Anda dan nonaktifkan opsi Data latar belakang untuk menghentikan akses Internet yang diberikan.

🔊 Penggunaan casing

Terkadang, penggunaan rumah juga menyebabkan ponsel cerdas Anda cepat panas. Ini bisa terjadi karena housing menyimpan panas di smartphone dan tidak bisa dikeluarkan.

Karena alasan ini, ketika suhu ponsel pintar sudah mulai terasa panas, Anda harus melepas kasing sehingga udara panas dapat disalurkan dengan benar.

DONASI VIA PAYPAL Terima Kasih Telah Berkunjung Jika artikel ini bermanfaat. Bantu Berikan Donasi untuk memperpanjang domain www.magelang1337.com. Thanks..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel