Kumpulan Bahasa Pemrograman Terbaik

Bahasa pemrograman adalah kata-kata dalam bentuk instruksi atau perintah yang umumnya terdiri dari banyak baris yang dapat dimengerti komputer. Pengembang harus menguasai bahasa pemrograman untuk membuat aplikasi atau perangkat lunak. Untuk membuat perangkat lunak atau aplikasi tertentu yang juga digunakan, yaitu, bahasa pemrograman sesuai dengan kebutuhan aplikasi yang dibuat.


Ada begitu banyak bahasa pemrograman ini. Dari sekian banyak bahasa pemrograman yang ada saat ini, pengembang tentu tidak menggunakan semua bahasa pemrograman yang ada. Mereka hanya menggunakan 1 atau 2 bahasa pemrograman dalam pengembangan perangkat lunak.

Menurut lembaga penelitian tahunan untuk mengklasifikasikan bahasa pemrograman paling populer dalam bentuk Indeks Komunitas Pemrograman TIOBE pada bulan Desember 2014, bahasa pemrograman Java dan C tetap menjadi bahasa pemrograman paling populer di awal dan urutan kedua.


Data di atas adalah bahasa pemrograman paling populer yang digunakan di dunia. Dalam artikel ini, Magelang1337.com merangkum koleksi bahasa pemrograman paling populer di Indonesia. Selain data di atas, bahasa pemrograman saat ini didasarkan pada jumlah anggota grup Facebook yang telah mendiskusikan bahasa pemrograman tersebut.

- JAVA

Bahasa pemrograman Java adalah bahasa yang dapat dijalankan pada beberapa platform, dari komputer / PC ke perangkat seluler. Bahasa pemrograman awalnya dikembangkan di The Green Project pada tahun 1991 oleh Sun Microsystems dan kemudian diluncurkan di Oracle. Nama Jawa sendiri dipilih karena salah satu pendiri Jawa, James Gosling. James Gosling sangat menyukai kopi murni langsung dari mesin (kopi) tempat kopi jenis ini dari pulau Jawa di Indonesia.

Bahasa Pemrograman Java telah menjadi salah satu yang paling populer, bukan karena tidak ada alasan, bahasa ini memiliki beberapa kelebihan, seperti bisa berjalan di sistem operasi yang berbeda, dan kemudian bahasa pemrograman dimasukkan dalam pemrograman OOP (Object Orientation Programming) pemrograman ini lebih mudah untuk mengkompilasi program menggunakan bahasa, tidak hanya karena bahasa ini juga memiliki perpustakaan yang sangat lengkap untuk memudahkan seorang programmer.

- C

Bahasa pemrograman C ini adalah salah satu bahasa pemrograman tertua. Bahasa ini dikembangkan sekitar tahun 70-an. Bahasa pemrograman diciptakan oleh Dennis Ritchie. Bahasa ini telah menjadi bahasa pemrograman yang sangat populer di Indonesia karena sebagian besar institusi pendidikan TI atau lembaga pemrograman telah menggunakan bahasa ini untuk studi pertama kami sebelum belajar bahasa lain.

Baca Juga : Antivirus Terbaik Windows Update 2019

Bahasa C ini telah menjadi dasar untuk belajar dalam bahasa pemrograman, karena bahasa C ini adalah "bapak" dari bahasa pemrograman lain seperti Java, C ++, C #, dll.

- PHP

PHP hypertext preprocessor adalah bahasa pemrograman yang banyak digunakan di Indonesia. Bahasa pemrograman PHP banyak digunakan karena bahasa ini adalah skrip sisi server yang dapat dirancang untuk membuat situs web yang dinamis. Tidak hanya itu, banyak situs web yang dikenal sebagai Facebook, Blogger, Wordpress dan Digg telah menggunakan bahasa pemrograman PHP dalam pengembangannya. PHP ini dikembangkan oleh Rasmus Lerdrorf.

- VISUAL BASIC

Bahasa pemrograman Visual Basic adalah bahasa yang dikembangkan oleh Microsoft, bahasa ini menawarkan ide visual untuk membuat perangkat lunak dan bahasa pemrograman ini dikembangkan untuk membuat perangkat lunak berbasis sistem operasi Windows. Bahasa pemrograman Visual Basic adalah turunan dari bahasa pemrograman BASIC.

Pada tahun 2005, sebuah survei menunjukkan bahwa 62% pengembang perangkat lunak menggunakan Visual Basic untuk mengembangkan perangkat lunak mereka, yang menjadikannya salah satu bahasa pemrograman paling populer.

- PYTHON

Bahasa pemrograman Python termasuk bahasa pemrograman tingkat tinggi. Bahasa telah menjadi salah satu bahasa pemrograman untuk membuat aplikasi, baik berbasis web atau berbasis mobile. Bahasa pemrograman Python termasuk dalam bahasa yang mudah dipahami untuk pemula karena bahasa ini mudah dibaca dengan sintaks yang cukup mudah dimengerti. Banyak perusahaan besar telah menggunakan Python untuk mengembangkannya, seperti Instagram, Rdio dan Pinterest.

Python juga digunakan oleh Google, NASA dan Yahoo! Di negara kita, Indonesia sudah memiliki komunitas Facebook yang berhubungan dengan Python, yang memiliki lebih dari 6.000 anggota. Grup ini disebut Python Indonesia.

- C++

Bahasa pemrograman C ++ adalah pengembangan dari bahasa C. Untuk menulis, C ++ dan C memiliki sintaks yang hampir sama, walaupun kedua bahasa pemrograman memiliki perbedaan dalam menyelesaikan masalah. Untuk bahasa pemrograman C, penyelesaian masalah dilakukan dengan membagi menjadi subproblem yang lebih kecil atau mereka dapat disebut bahasa pemrograman prosedural, dan bahasa C ++ berorientasi pada objek masalah yang dibagi ke dalam kelas. Bahasa C ++ dikembangkan oleh Bjarne Stroustrup.

- Javascript

JavaScript adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Netscape. Untuk penggunaan bahasa ini, ini terutama tentang pengembangan Web. Dengan menggunakan bahasa pemrograman JavaScript, kita bisa membuat Web interaktif dan sangat menarik. Di Indonesia sendiri, komunitas Facebook berdiskusi dengan bahasa pemrograman JavaScript, yaitu nama JavaScript Indonesia. Grup ini memiliki lebih dari 10.000 anggota yang masih aktif hari ini.

Dan itulah artikel Kumpulan Bahasa Pemrograman Terbaik
Bagi Anda yang mencari atau belajar tentang bahasa pemrograman, ada baiknya membaca artikel yang sudah kami tulis ini.
DONASI VIA PAYPAL Terima Kasih Telah Berkunjung Jika artikel ini bermanfaat. Bantu Berikan Donasi untuk memperpanjang domain www.magelang1337.com. Thanks..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel