Tips Menghemat Paket Internet Terbaru 2019

Siapa yang tidak butuh smartphone? Saat ini, hampir semua orang pasti membutuhkan smartphone. Selain sebagai alat komunikasi, smartphone sekarang lebih sering digunakan untuk bernavigasi di dunia maya, bermain game (offline dan online) dan mengirim pesan instan (SMS).

Untuk melakukan kegiatan ini, tentu saja, koneksi internet diperlukan, bukan? Untuk menggunakan Internet, pengguna ponsel cerdas umumnya mengandalkan paket Internet.



Operator telepon seluler di Indonesia menawarkan berbagai jenis paket Internet dengan berbagai biaya Internet. Jumlah biaya yang Anda butuhkan tergantung pada penggunaan. Sama dengan harganya.

Terkadang masih ada beberapa pengguna smartphone yang mengeluh bahwa paket Internet mereka adalah pemborosan. Meskipun ada tips dan trik tentang cara menggunakan paket internet, itu bukan sia-sia. Bagaimana Anda melakukannya Lihatlah artikel berikut.

Tips Menghemat Paket Internet Terbaru 2019

1. Pakai mode offline

Foto : Pixabay
Untuk menghemat, cara pertama adalah menggunakan mode offline di beberapa aplikasi. Sebagian besar aplikasi yang Anda gunakan selalu bisa berhubungan dengan Internet. Tapi, ada juga aplikasi yang menyediakan mode offline.

Aplikasi yang dimaksud termasuk YouTube, Google Maps, dan Netflix. YouTube, sejak tahun-tahun terakhir menyajikan fungsi pengunduhan. Fungsi ini dirancang agar pengguna dapat menikmati konten offline tanpa bergantung pada Internet.

Demikian pula dengan Netflix. Anda dapat menggunakan Wi-Fi di rumah, kampus, atau kantor Anda untuk mengunduh video yang ingin Anda tonton terlebih dahulu.

Untuk Google Maps, Anda juga dapat mengunduh peta area yang biasanya dilewati nanti, Anda tidak perlu menggunakannya secara online. Selain aplikasi yang disebutkan di atas, aplikasi streaming musik seperti Spotify juga dapat digunakan dengan cara yang sama.

2. Mematikan Paket Data

Foto : Pixabay
Opsi selanjutnya yang dapat Anda terapkan adalah menonaktifkan paket data. Hampir semua smartphone sekarang memiliki opsi untuk menonaktifkan paket data atau koneksi internet. Tujuannya pasti untuk menyelamatkan.

Gunakan koneksi Internet hanya saat Anda membutuhkannya. Jika tidak perlu, maka harus dimatikan. Misalnya, ketika Anda tertidur atau sedang bepergian. Dengan menonaktifkan sementara paket data, Anda dapat menyimpan setidaknya.

Sebagai informasi saja, ada beberapa aplikasi yang terus berjalan di latar belakang dan menyerap kuota internet mereka. Anda juga dapat menggunakan Wi-Fi di lingkungan Anda, seperti di tempat kerja, di rumah, dll.

Namun, Anda harus berhati-hati saat menggunakan Wi-Fi publik. Pastikan untuk tidak melakukan transaksi bank. Ini dilakukan untuk menghindari pembajakan. Pastikan juga untuk mematikan koneksi Wi-Fi jika Anda tidak lagi menggunakannya untuk mencegah smartphone melanjutkan mencari sinyal Wi-Fi yang menyebabkan baterai HP terbuang.

3. Mematikan auto-download atau auto-update

Foto : Pixabay
Apakah anda termasuk pengguna yang memiliki banyak aplikasi pada smartphone? Jika demikian, pastikan untuk menonaktifkan fitur unduhan otomatis atau pembaruan otomatis di toko aplikasi digital Anda, seperti Google Play Store dan App Store.

Karena jika tidak dimatikan, smartphone akan secara otomatis memperbarui aplikasi yang dimilikinya. Semakin banyak aplikasi meminta pembaruan, semakin tinggi kuota Internet.

Bahkan jika Anda ingin terus memperbarui aplikasi Anda, Anda dapat memilih opsi pembaruan hanya menggunakan koneksi Wi-Fi. Aplikasi akan diperbarui secara otomatis jika ponsel Anda terhubung ke Wi-Fi.

4. Menyalakan notifikasi peringatan data

Foto : Pixabay
Menghemat paket internet sebenarnya dimulai dari diri sendiri. Anda harus membatasi penggunaan internet dengan menyesuaikan pengeluaran untuk membeli paket internet. Agar tidak terlalu lama digunakan, Anda dapat benar-benar mengaktifkan notifikasi peringatan.

Anda biasanya dapat menemukan notifikasi peringatan ini dengan membuka menu Pengaturan pada ponsel Anda. Tetapkan penggunaan data yang Anda inginkan. Misalnya, jika Anda ingin menggunakan kuota hanya 3 GB dalam sebulan, maka atur angkanya. Nantinya akan ada notifikasi peringatan jika penggunaan telah mencapai nomor yang dimaksud.

5. Memakai Browser yang efektif

Foto : Pixabay
Apakah Anda tahu jika peramban browser yang Anda gunakan ternyata berkontribusi besar pada paket Internet Anda? Nah, untuk mencegah hal itu terjadi, Anda harus berhati-hati ketika memilih browser yang sesuai.

Ada beberapa browser yang ekonomis dalam penggunaan kuota internet, salah satunya adalah Opera Mini. Banyak yang merekomendasikan browser ini dan telah terbukti efektif dalam menghemat kuota internet Anda. Nah, selain Opera Mini, Anda juga bisa menggunakan Google Chrome.

Namun, ada beberapa pengaturan saat menggunakan Google Chrome. Caranya adalah dengan membuka menu konfigurasi dan mengaktifkan penghemat data.

DONASI VIA PAYPAL Terima Kasih Telah Berkunjung Jika artikel ini bermanfaat. Bantu Berikan Donasi untuk memperpanjang domain www.magelang1337.com. Thanks..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel