Begini Cara Membuat Link Whatsapp Di IG Terbaru 2021

Begini Cara Membuat Link Whatsapp Di IG Terbaru 2021
Daftar Isi Artikel

Magelang1337.com - Kamu pastinya pernah menemukan produk yang menarik dari akun online shop yang ada di Instagram. Biasanya mereka akan mencantumkan sebuah link yang secara otomatis akan langsung terhubung ke nomor WhatsApp seller tersebut. Jika Kamu penasaran bagaimana cara membuat link WhatsApp di IG terbaru 2021, mari simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Cara Membuat Link Whatsapp Di IG Terbaru 2021

Dengan menerapkan cara membuat link WhatsApp di Instagram ini, tentunya akan semakin memudahkan orang untuk menghubugi Kamu. Siapa saja dapat membuat link WhatsApp-nya sendiri pada akun IG terlepas apakah orang tersebut memiliki usaha online shop atau menggunakan akun Instagram bisnis atau tidak. Berikut ini akan dijelaskan setiap langkahnya dengan terperinci.

1. Cara Membuat Link WhatsApp Di IG Terbaru Secara Manual

Cara membuat link whatsapp (Manual)

Cara membuat link WhatsApp di IG terbaru yang satu ini dapat Kamu lakukan dengan menggunakan sebuah URL yang nantinya akan langsung menuju jendela chat. Adapun URL tersebut adalah https://api.whatsapp.com/send?phone=NomorHP. Kemudian Kamu hanya perlu menambahkan nomor telepon WhatsApp yang Kamu gunakan di bagian “NomorHP” saja.

Selain itu pastikan untuk selalu menggunakan kode negara di awal nomor telepon. Untuk Indonesia sendiri menggunakan kode ’62’. Jangan menggunakan angka ‘0’ untuk menghindari terjadinya kesalahan. Bukan hanya itu saja, Kamu juga harus ingat untuk selalu menggabungkan nomor WhatsApp tanpa menggunakan tanda strip. Cara ini serupa dengan cara buat link WhatsApp di Instagram Malaysia.

Baca Juga : Cara Mengunci WhatsApp Tanpa Aplikasi

Menariknya Kamu juga dapat menambahkan pesan teks dari cara membuat link WhatsApp di IG secara manual ini. Kamu cukup menambahkan format &text=Pesan di bagian belakang. Kamu dapat menggunakan format %20 sebagai “spasi”, dan %0A sebagai “enter” (menurunkan baris). Misalnya contoh berikut, https://api.whatsapp.com/send?phone=62812345678&text=Halo%0AAssalamualaikum%0ASaya%20ingin%20bertanya.

2. Cara Membuat Link WhatsApp Di IG Secara Otomatis

Cara membuat link whatsapp (Otomatis)

Cara nak buat link WhatsApp di Instagram selanjutnya yaitu dengan membuka situs “WhatsApp Link Maker” seperti create.wa.link, chatwith.io, linknge.com, atau situs wa.wizard.id. misalnya untuk WA wizard, msukkan nomor telepon Kamu pada kolom yang tersedia, dan isi pesan WhatsApp otomatis yang Kamu inginkan. Periksa pada bagian “Preview”, bila semua sudah benar silahkan tap opsi “Generate Link”.

Kamu dapat menyalin link tersebut lalu menempelkannya pada bagian profil IG Kamu . Nantinya siapapun yang mengklik link tersebut secara otomatis akan langsung terhubung ke nomor WA Kamu. Sementara untuk cara buat link WhatsApp di Instagram story sendiri dapat dilakukan dengan menempelkan link tersebut pada IG story Kamu. Cukup mudah bukan? 

3. Cara Membuat Link WhatsApp Di IG Menggunakan Bitly

Cara Membuat link Whatsapp (Bitly)

Seperti diketahui bersama kini WhatsApp juga memiliki akun bisnis dimana penggunanya dapat melakukan beberapa pengaturan yang berbeda dengan WhatApp pribadi. Meski demikian pada dasarnya cara membuat link Whatsapp bisnis di Instagram ini sama saja dengan cara untuk akun WA pribadi. Bitly sendiri merupakan situs web yang dapat menyingkat link menjadi lebih pendek dan rapi.


Pertama-tama kunjungi situs web Bitly dan kemudian paste link WhatsApp yang sudah Kamu buat. Selanjutnya klik tombol “Shorten” untuk memperpendek link Kamu. Kamu dapat mengganti bgian akhirnya menjadi lebih unik dengan kreasi kata-kata Kamu. Misalnya dengan menggunakan link yang ada di atas, dimasukkan pada kolom “create” lalu tap opsi “shorten” sehingga menjadi https://bit.ly/xxxxx.

Link tersebut masih terlihat sedikit berantakan sehingga bagian akhirnya diubah menjadi http://bit.ly/tanyakanapapadaku. Bagaimana? Jadi lebih mudah untuk dibaca bukan? Kamu hanya perlu meng-copy dan mem-paste link yang sudah rapi tersebut ke bagian bio akun Instagram Kamu . Adapun langkah-langkahnya akan dibahas berikut ini.

4. Cara Membuat Link WhatsApp Di Instagram

Cara Membuat link Whatsapp (Instagram)

Silahkan membuka aplikasi Instagram pada gawai Kamu lalu lakukan “login” menggunakan akun IG milik Kamu . Pilihlah menu “Profil” lalu tap tombol “Edit Profil”. Paste link yang sudah Kamu rapikan menggunakan bitly sebelumnya pada kolom Website. Selanjutnya, tap tombol “Simpan” atau ikon centang. Setelah itu, akun Instagram Kamu pastinya telah dapat menampilkan link WA Kamu . 

Sementara untuk cara membuat link grup WhatsApp di Instagram dapat dilakukan dengan membuka akun WA. Lalu pilih grup WA yang linknya hendak Kamu buat. Namun perlu diketahui, agar dapat membuat link grup WhatsApp, Kamu harus menjadi admin grup tersebut. Selanjutnya, masuk kehalaman pengaturan atau informasi grup, dengan cara tap bagian nama grup.

Kemudian pilih menu “Undang via tautan”. Di sini Kamu akan disajikan dengan link atau tautan grup tersebut, serta beberapa opsi seperti “kirim tautan via whatsapp”, “salin tautan” ataupun “bagikan tautan”. Untuk langsung membagikannya lewat chat pribadi ke orang tertentu, maka Kamu dapat langsung tap pada pilihan ‘Kirim tautan via WhatsApp’.


Berikutya, Kamu akan dibawa ke daftar kontak WhatsApp yang Kamu miliki. Kamu dapat memilih pada siapa yang akan membagikan tautan atau link group WA tersebut. Namun jika Kamu belum tahu akan membagikannya kepada siapa, maka dapat memilih ‘Salin tautan’. Selanjutnya Kamu dapat menempelkan tautan tersebut dimanapun Kamu inginkan. 

Misalnya ditempelkan pada bio akun IG Kamu , pada story Instagram, SMS, email, atau bahkan dishare di forum online atau komentar akun media sosial Kamu. Nah, demikian tadi beberapa cara membuat link WhatsApp di IG terbaru 2021. Bagaimana? Cukup mudah bukan? Kamu dapat memilih menggunakan dengan cara yang paling Kamu sukai. Selamat mencoba.