Cara Mengunci WhatsApp Tanpa Aplikasi


WhatsApp menjadi salah satu aplikasi perpesanan yang sangat populer. Aplikasi ini telah mengalami pembaharuan secara berkala. Mulai dari fitur stories yang memungkinkan penggunanya mengupdate status berupa video maupun gambar. Meskipun memiliki berbagai fitur tambahan, fungsi utama WhatsApp adalah sebagai aplikasi perpesanan. Penggunanya dapat mengirimkan dan menerima pesan dari pengguna lain, baik berupa gambar, video, teks, audio, hingga file lainnya.

Berbicara tentang aplikasi perpesanan, pengguna WhatsApp kerap menjadikan aplikasi ini untuk berkomunikasi hal-hal yang bersifat rahasia. Sehingga rawan sekali jika orang lain mengakses smartphone mu dan membuka aplikasi WhatsApp. Chatting WhatsAppmu bisa diketahui orang lain lho. Untuk mengamankan isi pesan WhatsApp dari orang yang meminjam Hpmu, kamu bisa mengunci aplikasi tersebut, bahkan tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Bagaimana caranya? Simak cara mengunci WhatsApp tanpa aplikasi dibawah ini!

Cara Mengunci WhatsApp Tanpa Aplikasi

Cara Mengunci WhatsApp Tanpa Aplikasi
 Ada banyak aplikasi yang memang memiliki fungsi untuk mengunci WhatsApp agar orang lain tidak dapat mengaksesnya. Namun, sebenarnya WhatsApp bisa terkunci tanpa menggunakan aplikasi lho, sehingga tidak sembarang orang bisa melihat pesan WhatsAppmu tanpa diizinkan. 

Baca Juga : Trik Membuat akun Whatsapp Tanpa Nomor Telepon

1. Melalui Menu Setting

Kamu bisa langsung menuju ke menu Setting atau Pengaturan. Selanjutnya, ikuti langkah sebagai berikut:

🔘 Klik Pengaturan Tambahan atau Aksesbilitas.
🔘 Pilih menu Privasi
🔘 Klik menu Lock Individual App. Kemudian pilih Choose Apps To Lock. Dimenu tersebut kamu akan diarahkan untuk memilih aplikasi mana yang ingin kamu kunci.

Ada banyak pilihan aplikasi yang bisa kamu kunci, seperti Facebook, Instagram, Line, WhatsApp dan aplikasi lainnya yang terpasang dalam smartphonemu.
Buatlah pola yang akan digunakan sebagai password untuk mengakses aplikasi WhatsApp atau aplikasi lainnya.

Selanjutnya, klik salah satu aplikasi yang ingin kamu beri password, sehingga orang lain tidak bisa mengakses sembarangan.

Setelah selesai, kamu bisa menuju ke menu utama dan buka aplikasi WhatsApp, maka sudah terkunci. Untuk bisa membukanya, kamu bisa menggunakan pola yang sudah kamu buat.

Baca Juga : Cara Sadap Chat WhatsApp Via Email

2. Menggunakan Fitur “Fingerprint Lock”

Jika smartphonemu sudah didukung dengan fitur fingerprint (sidik jari), kamu bisa memanfaatkan fitur tersebut untuk mengunci WhatsAppmu tanpa harus mengunduh aplikasi tambahan. Caranya:

🔘 Buka aplikasi WhatsApp, lalu pergi ke menu Setting atau Pengaturan/Setelan (klik tanda titik tiga di sebelah pojok kanan atas).
🔘 Klik Akun, selanjutnya pilih "Privacy/Privasi"
🔘 Scroll ke bawah, kemudian klik kotak "Fingerprint Lock", sehingga menjadi terceklist. 
🔘 Dibagian "Unlock With Finger Print" pilihlah "enable".
🔘 Maka akan muncul kotak dialog yang memintamu untuk memasukkan sidik jari tangan. Ini nantinya akan digunakan sebagai password akses WhatsApp.
🔘 Gunakan jari yang sama kamu ingin mengakses WhatsAppmu. Karena ponsel akan membaca sidik jari yang sudah kamu daftarkan sebagai password untuk mengakses WhatsApp.

catatan! Bagi kamu yang menggunakan fitur fingerprint sebagai password WhatsApp perlu berhati-hati. Pastikan jari yang kamu gunakan tidak terluka, sehingga sidik jari tidak mengalami kerusakan. Beberapa kasus terburuk yang pernah terjadi yaitu sidik jari rusak karena luka atau cidera, sehingga aplikasi WhatsApp tidak bisa diakses karena sidik jari tidak terbaca.

Nah, itulah cara mengunci WhatsApp tanpa aplikasi yang bisa kamu terapkan. Mudahkan, pengguna smartphone tidak perlu mengunduh aplikasi tambahan untuk mengunci aplikasi WhatsAppnya. Dengan memanfaatkan fitur bawaan smartphone, chatting rahasia di WhatsAppmu akan aman dari orang-orang yang mencoba mengakses tanpa izin. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel