Ternyata Penemu Bola Voli Adalah Orang Amerika

Ternyata Penemu Bola Voli Adalah Orang Amerika
Daftar Isi Artikel

Apa bola voli paling awal di dunia? Bola voli adalah salah satu dari olahraga bola. Stadion ini berbentuk persegi panjang, dengan jaring tinggi di antaranya. Kedua sisi permainan (enam orang per partai) masing-masing menempati satu sisi saja. Para pemain menggunakan bola untuk mengenai bola dari Internet. Bola yang digunakan dalam bola voli terbuat dari kulit domba atau kulit buatan.Karetnya tebal dan ukurannya mirip sepak bola.

Pada tahun 1895, seorang staf olahraga muda bernama Williams Gay Morgan mendirikan proyek permainan dalam ruangan yang diubah dari tenis. Proyek permainan semacam ini menggunakan bola basket tiup sebagai alat hiburan. Bagian tengah lapangan diletakkan suatu jaring yang tingginya sama dengan satu orang. Para pemain yang berpartisipasi dalam permainan dipisahkan di kedua sisi jaring. Mereka menggunakan tangan untuk memukul bola dan membuatnya terbang melewati jaring ke daerah lain. Apakah bola di luar batas atau mendarat adalah standar untuk menilai menang dan kalah, olahraga ini adalah bola voli yang paling awal. Pada tahun 1896, Morgan membuat aturan kompetisi yang relatif sempurna untuk permainan dalam ruangan ini.


Awalnya, olahraga itu "mengudara" dan dengan cepat menyebar ke Kanada, Kuba, Amerika Serikat dan tempat-tempat lain, dan segera menjadi kegiatan hiburan yang populer di seluruh dunia. Pada tahun 1896, Dr. Ait Hals Dett dari Sekolah Kota Springfield di Amerika Serikat mengganti nama permainan "Air Flying Ball" yang dibuat oleh Morgan menjadi "Volley Ball". Kata "voli" digunakan sejak saat itu.

Sejak didirikannya bola voli pada tahun 1895, bola voli telah berkembang pesat di Kanada, Amerika Serikat, Prancis, Italia, bekas Uni Soviet, Polandia, dan negara-negara lain, aturan kompetisi bola voli terus ditingkatkan di berbagai kompetisi. Pada tahun 1912, bola voli lapangan tetap asli berubah ke cara kedua belah pihak harus memutar tempat. Pada tahun 1917, standar penilaian kompetisi diubah menjadi 15 poin per permainan. Pada tahun 1918, jumlah peserta dalam pertandingan bola voli ditetapkan 6 jiwa, 1922 Aturan mengenai memukul jaring tiga kali dibuat.

Dalam hal sistem yang relatif lengkap, Kejuaraan Voli Pria Dunia pertama yang diselenggarakan oleh Federasi Voli Dunia pada tahun 1949 dimulai. Pada tahun 1952, bola voli wanita menjadi salah satu acara awal turnamen.

Sumber : lscreencenter.xyz