Iklan Billboard

Website Bug Bounty Indonesia


Di dalam dunia Internet, Anda akan mengenal istilah Bug Bounty, yaitu sebuah program yang dirancang untuk mencari celah keamanan atau bug dari suatu website atau aplikasi. Para hacker atau dikenal dengan istilah BugHunter akan bekerja untuk menemukan celah yang ada di dalam sebuah aplikasi atau web dari sebuah perusahaan. Ketika BugHunter berhasil menemukan bug tersebut, pihak perusahaan akan memberikan reward atau bonus kepadanya.

Bagaimanakah Tanda Adanya Bug pada Website?

Anda mungkin pernah menerima notifikasi seperti email yang mengirimkan pemberitahuan bahwa situs web Anda terdeteksi terdapat bug. Itulah tanda-tanda bahwa situs Anda terdapat celah keamanan. Jika Anda mengalami hal tersebut, periksa dulu bahwa notifikasi yang Anda dapatkan benar-benar berasal dari sumber resmi yang menyatakan bahwa terdapat bug di dalam situs Anda.

Apa yang Harus Dilakukan Saat Website Terdapat Bug?

Jika website Anda benar-benar terdapat bug, lakukan beberapa langkah berikut ini untuk mengatasinya!

1) Backup Website

Langkah utama yang perlu Anda lakukan yaitu dengan melakukan backup website. Hal ini bertujuan untuk menyimpan dengan aman semua data yang terdapat dalam situs Anda. Dengan demikian, ketika terjadi masalah dengan website, data yang ada di dalam situs tetap aman karena Anda bisa melakukan Restore Data.

2) Lakukan Pembersihan Plugin

Cara selanjutnya yaitu dengan melakukan pembersihan Plugin  ketika bug terdeteksi di situs Anda. Mengapa hal ini penting dilakukan? Tujuannya, agar plugin yang tidak digunakan tidak membuat situs Anda semakin berat. Tak hanya itu saja, beberapa plugin mungkin saja berseberangan dengan website Anda sehingga menimbulkan bug atau celah. Oleh sebab itu, perlu dilakukan pembersihan plugin untuk menghilangkan celha keamanan tersebut.

3) Perbaiki Script

Kesalahan script bisa membuat celah pada website, yang menimbulkan banyak masalah. Jika bug yang muncul disebabkan karena kesalahan script, artinya perlu disegera diperbaiki. Jika Anda kurang paham mengenai script tersebut, Anda bisa menyerahkan kepada ahlinya atau BugHunter untuk melakukan perbaikan script yang terdapat di dalam situs.

Website Bug Bounty Indonesia


Berikut ini beberapa situs website Bug Bounty Indonesia yang akan membantu Anda mengamankan situs.

1. BugBounty.co.id

Bersiaplah jika situs Anda terdapat bug atau celah keamanan yang menimbulkan berbagai persoalan. Sebelum hal buruk terjadi pada website yang Anda kelola, sangat disarankan untuk melakukan penetration testing atau dikenal dengan istilah pentest dengan tujuan mencari dan menutupi celah keamanan yang terdapat dalam situs Anda.

Bagaimana caranya? Salah satu website bug bounty yang bisa Anda kunjungi yaitu BugBounty.co.id, yakni sebuah platform yang menghubungkan developer atau perusahaan dengan seorang pentester (orang yang ahli melakukan pentest). Di situs tersebut, akan banyak ahli profesional yang akan melakukan pentesting pada website Anda. Mayoritas peretas merupakan para ahli yang berasal dari Indonesia, namun ada beberapa yang juga berasal dari luar negeri seperti Amerika Serikat, Maroko, dan India.

Namun sayangnya website ini sudah tidak beroperasi lagi. Jika anda adalah seorang bughunter kunjungi website bughunter-id.org 

2. RedStorm

Tak hanya BugBounty.co.id, RedStorm juga akan membantu Anda "menambal" celah yang terjadi pada situs Anda. Disinilah tempat berkumpul para BugHunter yang akan bekerja menemukan celah keamanan yang menyerang website. Para BugHunter di RedStorm merupakan tenaga yang terampil, berpengalaman, dan bertanggungjawab menyelesaikan tugasnya hingga tuntas.

Bagaimana cara kerja RedStorm? Platform ini bekerja dengan 3 prinsip yaitu:

Pengungkapan kerentanan. BugHunter akan menentukan ruang lingkup target yang akan diserang untuk menemukan celah keamanan.

Bug bounty. Selanjutnya, ketika sudah ditemukan kerentanan maka laporan yang mereka dapatkan akan diprioritaskan untuk melakukan validitas dan melihat tingkat risikonya. Ayo menjadi lebih kuat. Tahap selanjutnya yaitu menutup celah dari serangan, sehingga situs tetap aman.

Baik itu BugBounty.co.id maupun RedStorm, keduanya akan membantu Anda mengatasi bug yang terdapat di website Anda. Demikianlah uraian singkat terkait website Bug Bounty Indonesia yang bisa Anda pilih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel