Iklan Billboard

4 Tanda Hp Kena Sadap dan Cara Mengatasinya


Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk melakukan penyadapan, bahkan menggunakan aplikasi android. Namun, penyadapan bisa dihentikan tanpa harus repot-repot untuk menghubungi penyedia selular yang kita gunakan.Selain itu, smartphone juga sudah memiliki sistem untuk mendeteksi keberadaan penyadapan sehingga dapat meminimalkan kebocoran informasi penting.

Smartphone memang memberikan banyak keuntungan bagi kita. Namun, di sisi lain beresiko membawa kerugian besar apalagi saat hp kita disadap atau diakses orang lain tak bertanggung jawab. Ketika seseorang berhasil mengakses data bahkan merusak sistem, maka kamu perlu waspada karena data yang berada di dalam perangkat berpotensi besar untuk disalahgunakan. Tentu kamu tidak mau hal ini terjadi pada smartphonemu kan? Maka dari itu, kenali tanda-tanda Hp kena sadap berikut ini, sehingga kamu bisa mengatasinya sesegera mungkin.

4 Tanda Hp Kena Sadap


Jika ponsel yang kamu gunakan mulai terlihat tanda-tanda berikut ini, kamu perlu waspada. Bisa jadi penyadap mulai beraksi mencuri data di hpmu.

1. Muncul Aplikasi Asing

Kamu perlu waspada jika tiba-tiba smartphonemu terinstal aplikasi asing, padahal kamu tidak pernah menginstal aplikasi tersebut. Aplikasi yang terinstal secara otomatis di hpmu merupakan salah satu tanda bahwa ada pihak asing yang secara diam-diam masuk dalam sistem perangkatmu dan sedang menginstal aplikasi tertentu untuk merusak atau mencuri data.

2. Baterai Cepat Habis

Jika baterai ponselmu masih baru dan selama ini baik-baik saja, kamu perlu curiga saat baterai tiba-tiba habis atau lowbat. Baterai yang cepat habis secara tidak wajar ini bisa disebabkan karena penyadap sedang melakukan aktivitas di balik layar (tak terlihat) pada smartphonemu. Seperti mengambil data atau merusak sistem dengan program yang telah dipasang diam-diam.

3. Smartphone Berjalan Lambat

Tanda hp kena sadap selanjutnya yaitu kinerja smartphone yang semakin lambat dan ruang penyimpanan mendadak penuh, padahal kamu merasa tidak menyimpan banyak data atau aplikasi pada smartphonemu. Memori yang mendadak penuh dan kinerja ponsel yang melambat ini, bisa dikarenakan penyadap sedang menginstal suatu program secara diam-diam, sehingga tanpa kamu sadari memorinya termakan software yang diinstal tersebut.

4. Muncul Iklan Pop Up

Tentu akan sangat mengganggu jika ponselmu dipenuhi dengan iklan pop up yang tiba-tiba muncul. Tahukah kamu kalau iklan pop up tersebut bisa disebabkan karena penyadap tengah mengambil data atau melakukan aktivitas merusak sistem. Semakin banyak iklan yang muncul di layar ponsel, semakin lambat pula kinerja smartphone. Sehingga kamu akan kesulitan membuka aplikasi karena tertutup oleh iklan-iklan yang muncul.

Bagaimana Cara Mengatasinya

Kalau smartphonemu berhasil disadap orang lain, segera hentikan aktivitas penyadapan tersebut dengan cara menggunakan beberapa kode berikut ini.

Kode *#21# - Mengecek Penyadap

Pastikan kembali apakah smartphone Anda benar-benar disadap atau tidak. Caranya dengan menekan *#21# dilayar ponsel Anda. Hal ini berguna untuk mengetahui apakah ada pengalihan panggilan atau tidak. Jika kamu tidak pernah mengaktifkan layanan pengalihan panggilan, akan tetapi ternyata layanan pengalihan panggilan tersebut aktif, maka ada pihak ketiga (penyadap) yang melancarkan aksinya menyadap hpmu.

Kode ##002# - Menghentikan Penyadap

Jika memang ditemukan bahwa hpmu sedang disadap, saatnya menghentikan penyadapan tersebut. Bagaimana caranya? Tekan ##002# tekan Call, perangkat akan melakukan proses MMI yang berjalan. Tunggu sampai prosesnya selesai, ini bertujuan untuk membatalkan pengalihan panggilan yang diaktifkan penyadap secara diam-diam.

Log-out Akun dari Semua Perangkat

Jangan lupa untuk log-out dari semua akun yang kamu buka di perangkat umum. Misalnya, saat di warnet kamu membuka facebook, maka jangan lupa untuk meng-log-ut facebookmu di komputer yang kamu gunakan tersebut. Tak hanya facebook, tapi akun-akan lainnya termasuk akun WhatsApp Web.

Itulah 4 tanda hp kena sadap dan cara mengatasinya yang bisa kamu terapkan jika ponselmu sedang disadap.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel