5 Cara Monetisasi Fanspage Gaming Facebook

5 Cara Monetisasi Fanspage Gaming Facebook
Daftar Isi Artikel

Kamu Gemar bermain game online? tidak ada salahnya Jika kamu membuat konten gaming dan di tampilkan langsung di fanpage facebook. Dengan fanpage gaming kamu akan dapat bermain secara Live streaming. Tidak perlu khawatir bermain game di facebook, kamu bisa mempunyai penghasilan jutaan rupiah jika menjadi Facebook creator gaming.

Saat ini banyak orang memanfaatkan internet untuk menghasilkan uang. Salah satunya melalui social media seperti Facebook. Melalui Facebook, pengguna dapat membuat halaman atau fanspage. Tak hanya digunakan untuk menggunggah cerita pribadi, Fanspage juga bisa menjadi tempat untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah. Apalagi saat ini banyak fanspage gaming menjadi sumber penghasilan. 

Pada tahun 2018 Facebook resmi diluncurkan crosposting fitur video pada halaman Facebook. Dengan demikian, pemilik halaman dapat memonetisasi video mereka. Kamu bisa monetisasi fanspage gaming Facebook dengan mudah. Simak caranya berikut ini!

Syarat Monetisasi Fanspage Gaming Facebook


Sebelum melakukan monetiasi fanspage Facebook, ketahuilah beberapa persyaratannya sebagai berikut:

1.    Memiliki Minimal 10.000 Pengikut

Pastikan fanspage yang kamu kelola setidaknya sudah memiliki 10.000 pengikut. Jumlah pengikut menjadi syarat utama karena tujuan dari monetisasi yaitu membuat iklan dapat dijangkau lebih banyak pengguna dan menghasilkan pundi-pundi uang.

2.    Memiliki 30.000 Tayangan dalam Video 3 Menit

Untuk video berdurasi tiga menit setidaknya video sudah tayang selama 30.000 tayangan durasi 1 menit, terhitung dalam 60 hari. Artinya kamu perlu mengunggah konten video yang benar-benar menarik perhatian dan berkualitas.

3.    Memiliki Standar Kelayakan
Facebook akan menerima request monetisasi jika halaman Facebook yang kamu buat memang layak dimonetisasi. Standar kelayakan tersebut dinilai dari berbagai hal, khususnya konten yang kamu unggah.

Kamu bisa mengecek kelayakan fanspagemu melalui situs Standar Kelayakan Fanspage di https://www.facebook.com/business/m/join-ad-breaks/. Laman ini membantumu mendapatkan informasi apakah halaman Facebook yang kamu kelola sudah layak dimonetisasi atau belum.



5 Cara Monetisasi Fanspage Gaming Facebook

Jika kamu cukup tertarik di dunia gaming, kamu bisa menjadikan hobimu sebagai penghasilan dengan memanfaatkan fanspage Facebook. Caranya:

1.    Menggunakan Facebook Ads

Cara pertama, kamu bisa menggunakan Facebook Ads untuk menghasilkan uang. Facebook Ads merupakan salah satu fitur Facebook yang berfungi untuk mengiklankan suatu produk. Fitur ini banyak digunakan oleh pengelola fanspage, khususnya pemilik fanspage gaming.

2.    Menggunakan Facebook Active Network

Kamu juga bisa memanfaatkan Facebook Audience Network (FAN) untuk memonetisasi fanspage gaming Facebook yang kamu kelola. Ada 4 iklan yang dimiliki FAN yaitu banner, native ad, interstitial, dan native ad video. Dengan fitur FAN, kamu dapat mengaktifkan monetisasi pada fanspage-mu.

3.    Menjadi Facebook Creator

Tak ada salahnya memonetisasi halaman facebookmu dengan menjadi Facebook Creator. Sistemnya seperti monetisasi pada channel Youtube. Video yang kamu unggah, bisa dipasang iklan untuk menghasilkan uang. Daftarkan fanspage gaming-mu ke porgram tersebut.

Baca Juga : Cara Setting Dark Mode Facebook 2020

Bagaimana Agar Pengajuan Monetisasi Disetujui?

Nah, agar pengajuan monetisasi fanspage disetujui, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan.

1. Patuhi Standar Komunitas

Taati aturan standar yang sudah ditetapkan, termasuk aturan tentang larangan ujaran kebencian, kekerasan, pencemaran nama baik, hingga konten seksual.

2. Memenuhi Kebijakan Monetisasi

Pastikan fanspage sudah memenuhi 3 syarat utama berkaitan dengan jumlah follower, jam tayang, dan kelayakan halaman.

3. Konten Autentik

Pastikan konten yang kamu bagikan bernilai positif dan memiliki manfaat. Status kelayakan bisa dicabut dari Fanspagemu jika ternyata ditemukan pelanggaran konten, misalnya berita palsu hingga membagikan clickbait atau sensasi.

4. Konten Original

Pastikan konten yang kamu unggah di fanspage Facebook merupakan konten original. Artinya kamu dituntut untuk mengeluarkan ide kreatif dan mewujudkannya dalam bentuk konten karyamu sendiri.

5. Interaksi yang Autentik

Tak hanya konten autentik yang dijadikan bahan pertimbangan pengajuan monetisasi disetujui, melainkan interaksi dengan pengikut juga dijadikan bahan pertimbangan. Pastikan terjadi komunikasi aktif dalam setiap konten yang kamu unggah, misalnya komentar, like, pengikut, konten dibagikan, dan sebagainya.

Baca Juga : Cara Mengaktifkan Profil Guard Facebook 2020

Itulah 5 tips yang dapat membantumu mendapatkan persetujuan monetisasi lebih cepat. Cara monetisasi fanspage gaming Facebook di atas bisa dijadikan referensi untuk menghasilkan uang melalui internet.