Mengatasi Asus ROG Phone Cepat Panas

Mengatasi Asus ROG Phone Cepat Panas
Daftar Isi Artikel

Asus ROG Phone sudah diharapkan dan dinanti oleh para pengguna ponsel di tanah air terutama pengguna ponsel gaming. Karena Esports tumbuh popularitas di negeri ini, semakin mendorong kebutuhan bagi pengguna smartphone yang berkualitas spesifikasi dan penggunaan ergonomis.

Kebutuhan ponsel gaming memang bisa diisi dengan semacam flagship ponsel dari Samsung Galaxy S10, Realme X2 Pro dan iPhone 11 Pro Max. yang dapat diterapkan ke game diponsel. Tetapi desain, konstruksi, fitur game khusus dan spesifikasi yang membedakan ponsel gaming atau bukan, dan Asus telah menghadirkan ponsel khusus yaitu ROG phone. Asus ROG phone juga membuktikan menjadi no 1 terbaik dan tercepat versi kinerja AnTuTu benchmark.

Setiap ponsel pasti ada kelebihan dan kekurangan. Dan kamu pasti sudah tahu kekurangan dari Asus ROG phone ini yaitu cepat Panas. Suhu yang berlebih pada ROG phone ini menjadi salah satu kekurangan ROG Phone, Jika kamu sedang mencari cara Mengatasi Asus ROG Cepat Phone Panas atau suhu berlebih mungkin artikel ini adalah solusi untuk kamu. cara ini bisa dilakukan di ponsel Asus ROG Phone I dan ROG Phone II. Simak artikel berikut ini :

Armoury Crate Dan X Mode

Sebelum masuk ke tutorial kamu harus tahu dulu apa itu pengertian dan perbedaan Armoury Crate dan X mode.

Armoury Crate adalah pusat dari semua informasi dan kontrol kebutuhan gaming kamu di ponsel.

X Mode adalah mode khusus didedikasikan untuk gaming. Ketika X Mode diaktifkan, meningkatkan efisiensi perangkat keras dan menghapus aplikasi yang berjalan di latar belakang untuk melepaskan memori dan untuk mengoptimalkan saat bermain game.

Mengatasi Asus ROG Phone Cepat Panas


1. Nonaktifkan X mode saat Bermain

Seperti penjelasan diatas tentang X mode. Jika kamu tidak mengaktifkan X mode, Ponsel akan bekerja secara default. Penulis sudah membuktikan sendiri jika bermain dengan x mode suhu bertambah sekitar 39c - 40c dan jika x mode di nonaktifkan suhu hanya 35x - 37c.

2. Menggunakan Aeroactive Cooler

Aeroactive cooler atau bisa disebut fan. Perangkat ini dibuat secara ergonomis untuk melepaskan panas dengan cepat. Aeroactive Cooler bekerja sangat aktif untuk mendinginkan permukaan komponen dan Asus ROG dan mempertahankan kinerjanya tetap stabil.

Jika kamu cek score di antutu dengan Aeroactive cooler dan tidak menggunakan cooler. akan jelas perbedaan score-nya karena suhu pada ponsel akan sangat berpengaruh pada performance.

3. Memakai Jaringan Stabil

Perbedaan jika kamu memakai jarigan data 4G dengan Jaringan wifi. Game akan terasa lancar saat kamu bermain dengan Jaringan Wifi.

Pada Asus ROG phone sendiri sudah ada settingan untuk memindahkan jaringan ketika jaringan yang dipakai sedang drop. Setingan ini terdapat pada Armoury Crate > Profil skenario > jaringan

4. Resolusi Layar Standart 

Banyak game yang sudah memakai dan mendukung resolusi 120Hz. Jika kamu sedang bermain game ini ada pilihan 60Hz - 90Hz - 120Hz. Disarankan jika kamu tidak menggunakan cooler pilih default sistem yaitu 60Hz. resolusi 120Hz akan membuat ponsel bekerja dengan keras. Jika kamu ingin setting 90Hz atau 120Hz hanya didalam game saja lewat Armoury crate.

5. Performa CPU

Pada settingan Armoury crate > Pilih performa > CPU bisa kamu turunkan ke 2.32 dan pengaturan suhu bisa di setting ke Rendah.

Note : settingan ini dipakai jika mengaktifkan x mode

Sekian artikel tentang Cara Mengatasi Asus ROG Phone Cepat Panas dan artikel ini akan kami update jika ada kesalahan dan tambahan dari forum dan informasi terbaru lainnya.