Widget HTML Atas

7 Fitur Android Wajib Dinonaktifkan agar Makin Lancar


Android adalah sistem operasi yang telah menjadi salah satu kebutuhan pada saat ini. Hampir semua orang membutuhkan alat untuk berkomunikasi, mencari informasi mencari berita, melakukan pekerjaan, dan berbagai kegiatan lainnya. Bahkan, saat ini hampir semua orang mempercayakan aktivitas mereka pada Android yang telah mereka miliki.

Banyak juga pengguna android saat ini mengeluhkan ponselnya menjadi lemot. Dikarenakan tidak menghapus cache atau sampah dan juga terlalu banyak fitur android yang seharusnya tidak perlu untuk di aktifkan yang menjadi android menjadi lemot.

Pada artikel ini banyak sekali tips dan informasi yang cukup penting yaitu fitur-fitur yang harus kamu nonaktifkan atau dimatikan baik untuk Android yang baru maupun untuk Android yang lama. Karena hal ini sangat mempengaruhi kinerja Android dan juga data pribadi kamu. Yang nantinya setelah mematikan fitur-fitur ini android kamu akan semakin lancar. Jika ingin tahu fitur apa saja yang harus dinonaktifkan berikut ini penjelasannya :

Fitur Android Wajib Dinonaktifkan


1. Nonaktifkan Aplikasi Blotware (Baawan Android)

Aplikasi bawaan Android yang tidak teman-teman gunakan seperti Google foto, Hangouts, Google play music dan play film. Maupun aplikasi bawaan Android lainnya yang sama sekali tidak berguna untuk kamu. Dengan menonaktifkan aplikasi bawaan Android, dapat menambah memori sistem dan tidak mengganggu kinerja Android jika tidak dinonaktifkan aplikasi tersebut terus berjalan di latar belakang smartphone android.

Cara menonaktifkan yang bisa langsung dari icon aplikasi dan tahan lalu klik nonaktifkan atau melalui Manager aplikasi Android buka pengaturan Android carikan Manager aplikasi cari aplikasi bawaan Android contoh : Google Play music dan klik nonaktifkan.

Baca juga : Aplikasi Ampuh Untuk Overclock CPU Android

2. Menonaktifkan Sinkronisasi Email Android

Biasanya Android akan terus mengirim semua data ke akun Gmail kita dan itu cukup menguras kuota internet dan penggunaan baterai Android. Cara menonaktifkannya buka pengaturan Android > cari  Akun Google > lalu nonaktifkan semua sinkronisasi ke akun Google.

Sekarang Sinkronisasi google tidak aktif. Lalu bagaimana jika ada email masuk? jadi kalau kamu ingin membuka email cukup di refresh saja akun Gmail kamu. Maka Email baru akan muncul ke akun Gmail kalian.

3. Nonaktifkan Efek Transisi

Jika menonaktifkan efek Transisi dan Animasi Android dapat mempercepat kinerja Android kamu terutama untuk Android yang low-end atau Android yang memiliki RAM yang kecil.


Caranya aktifkan terlebih dahulu opsi atau pilihan pengembang. Buka pengaturan Android > Cari Menu Tentang Data atau tentang ponsel > klik informasi perangkat lunak klik nomor versi sebanyak 7 Kali 




Opsi atau pilihan pengembang yang sudah diaktifkan biasanya terletak di menu pengaturan paling bawah > geser ke bawah cari skala animasi dan skala transisi. 

Skala animasi jendela, Skala animasi transisi dan Skala durasi animator buka satu persatu dan Ubah menjadi animasi tidak aktif. Dan lihat hasilnya sekarang transisi animasi Android terasa lebih cepat.

4. Nonaktifkan Pembaruan (Update) Otomatis PlayStore

Dengan menonaktifkan pembaruan otomatis aplikasi, Dapat menghemat ruang memori internal dan kuota internet serta nantinya kamu bisa memilih secara manual aplikasi mana saja yang penting untuk di perbaharui


Caranya buka aplikasi Play Store > Klik garis tiga di sudut kiri atas > Cari setelan atau pengaturan > klik update aplikasi secara otomatis > lalu pilih jangan update aplikasi secara otomatis. Jadi nantinya teman-teman bisa memilih secara manual aplikasi mana saja yang ingin kamu perbaharui.

5. Menonaktifkan Kecerahan Otomatis

Fitur kecerahan otomatis cukup menguras penggunaan baterai Android jadi disarankan, Atur manual saja untuk menghemat penggunaan baterai Android kamu.

6. Menonaktifkan Layanan Lokasi atau GPS Android

jika Kamu tidak sedang menggunakan GPS sebaiknya dinonaktifkan saja gunanya untuk menghemat baterai Android dan menjaga privasi agar lokasi kamu tidak mudah dilacak oleh orang lain.


7. Menonaktifkan Suara dan Getar

Gunakan suara dan getar di Android untuk hal-hal yang penting saja seperti nada panggilan nada SMS notifikasi aplikasi pesan. Kebanyakan prngguna saat ini risih dengan suara dan getar di keyboard saat mengetik baiknya dinonaktifkan saja.

cara menonaktifkan suara dan getar tidak penting ke pengaturan Android > cari menu suara dan getar > lalu nonaktifkan suara maupun Getaran yang tidak digunakan. Seperti suara saat kunci layar suara sentuhan mengisi daya suara keyboard dan lain-lain disesuaikan dengan kebutuhan kamu saja.

Demikian artikel tentang Fitur Android Wajib Dinonaktifkan agar Makin Lancar semoga bermanfaat.