Iklan Billboard

Tidak Menghapus Cache Akan Membuat Smartphone Lemot


Anda mungkin sudah tak asing lagi dengan istilah "cache" pada smartphone yang Anda pakai. Setiap smartphone dilengkapi sistem penyimpanan sementara yang berfungsi mempermudah prosesor bekerja. Sistem penyimpanan data sementara tersebut dikenal dengan istilah "Cache".

Semakin sering digunakan untuk menjalankan atau membuka berbagai aplikasi dan menyimpan data, semakin bertambah pula data yang tersimpan dalam cache. Jika Anda cek dan perhatikan, setiap hari data cache akan terus bertambah apabila Anda tidak pernah menghapus sebelumnya.

Mengapa Data Cache Terus Bertambah?

Cache merupakan data sementara yang tersimpan dalam ruang internal smartphone. Data yang tersimpan tersebut merupakan catatan aktivitas yang Anda lakukan dengan smartphone Anda. Semakin banyak aktivitas yang Anda lakukan, semakin meningkat pula ukuran data cache yang tersimpan.

Sebagai contoh jika dalam sehari, Anda mengakses banyak aplikasi mulai dari social media, browser internet, game, dan sebagainya maka data cache yang tersimpan lebih banyak dibandingkan jika Anda hanya mengakses musik saja.

Perlukah Data Cache di Hapus?

Tahukah Anda tidak menghapus cache akan membuat smartphone menjadi lemot. Data cache memang mampu membuat smartphone lebih cepat mengakses aplikasi atau situs yang pernah Anda kunjungi sebelumnya. Akan tetapi, jika dibiarkan dalam waktu yang lama, data cache akan bertambah dan menyebabkan kinerja smartphone menurun.

Lantas perlukah menghapus data cache? Kapan waktu yang tepat? Tentu sangat perlu untuk menghapus data cache pada ponsel Anda. Penghapusan tersebut dapat dilakukan setiaknya 2 hari sekali. Namun, jika ingin menghapusnya secara rutin juga tidak masalah. Dengan menghapus data cache, ruang penyimpanan internal akan bertambah dan kinerja smartphone lebih cepat.

Langkah-Langkah Menghapus Data Cache



Segera hapus data cache agar tidak menghabiskan lebih banyak ruang penyimpanan ponsel Anda. Bagaimana caranya?

Menghapus Cache Langsung dari Smartphone

1) Hapus langsung pada smartphone tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga. Pertama, masuk ke Setting - Aplikasi (Anda akan melihat banyak aplikasi yang telah terinstal pada perangkat).

2) Pilih aplikasi yang ingin Anda hapus cachenya, misalnya ingin menghapus cache Instagram, maka tekan aplikasi Instagram - lalu pilih hapus cache.

3) Anda juga bisa langsung masuk ke Menu Aplikasi - kemudian pilih Clear Cache atau Hapus Cache untuk menghapus data cache secara keseluruhan.

Menghapus Cache dengan Aplikasi Tambahan

Gunakan aplikasi tambahan untuk menghapus data cache pada smartphone Anda, caranya:

1)  Download salah satu aplikasi pembersih memori atau data cache. Misalnya aplikasi Nox Cleaner, CCleaner, Speed Bosster, dan masih banyak lainnya.

2)  Setelah di download segera install pada ponsel Anda.

3)  Buka aplikasi pihak ketiga, lalu pilih menu hapus atau cache.

4)  Mungkin setiap aplikasi memiliki fitur yang berbeda-beda. Namun, melalui aplikasi tersebut Anda bisa memilih penghapusan data cache untuk mempebesar uang penyimpanan, maka ponsel Anda akan kembali bekerja dengan normal.


Manfaat Positif Penghapusan Cache

Menghapus cache memberikan manfaat bagi pemilik ponsel. Sebab, dengan menghapus data sampah ini, akan membuat ruang penyimpanan smartphone akan lebih lega. Ini akan membuat ponsel bekerja lebih ringan dan tidak mudah panas sata digunakan.

Kerugian Menghapus Cache

Selain memang memberikan dampak atau manfaat positif bagi pemilik smartphone, namun memhapus cache makan membuat smartphone lebih lama mengakses situs atau aplikasi yang Anda tuju. Hal ini karena riwayat dan data penelusuran atau aktivitas yang tersimpan dalam data cache telah dihapus. Sehingga smartphone akan memulai mengambil data dari awal. Ini artinya, dibutuhkan koneksi internet yang lancar dan stabil sehingga aplikasi atau browser yang dibutuhkan segera terbuka.

Ingat bahwa tidak menghapus cache akan membuat smartphone lemot, sehingga walaupun memiliki kerugian menghapus cache, namun Anda tetap harus menghapus data cache untuk meringankan kinerja smartphone.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel