Widget HTML Atas

Mengatasi Android Cepat Panas Saat Bermain Game


Mengatasi Android Cepat Panas Saat Bermain Game - Para gamer, tentu pernah memiliki pengalaman buruk dimana Android yang digunakan menjadi cepat panas saat digunakan bermain game. Ketika perangkat sudah panas, kinerja sistem pun menjadi menurun. Akibat yang sering terjadi yaitu smartphone mengalami hang atau lemot.  

Android yang cepat panas tersebut bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti terlalu lama bermain game, baterai sudah tidak layak pakai, atau ruang penyimpanan smartphone yang kecil. Bahkan jenis game yang kamu mainkan pun berpengaruh pada kinerja ponsel.

Bukan hanya akan menghambat aktivitasmu bermain, suhu Android yang cepat panas akan merusak perangkat sistem seluruhnya. Jika kamu kerap mendapati suhu ponselmu naik saat bermain game, segera atasi agar tidak merusak kinerja perangkat. Ada banyak cara Mengatasi Android Cepat Panas Saat Bermain Game tanpa harus membawanya ke counter service.


6 Cara atasi Android Cepat Panas Saat Bermain Game


Mengatasi Android Cepat Panas Saat Bermain Game

Lakukan cara-cara berikut ini, jika kamu mengalami permasalahan Android cepat panas saat digunakan bermain.

Mengatasi Android Cepat Panas Saat Bermain Game

Matikan Aplikasi Berjalan Saat Bermain Game


Kamu mungkin tidak menyadari bahwa aplikasi yang terinstal di Smartphonemu tetap berjalan walaupun sedang tidak kamu gunakan. Hal ini bisa menjadi penyebab kinerja sistem menjadi terganggu dan terbebani. Kapasitas RAM menjadi berkurang, sistem bekerja keras, Android panas, hingga lemot.

Baca Juga : Ponsel Android Chipset Snapdragon Cocok untuk Game

Untuk menonaktifkan aplikasi berjalan, kamu bisa pergi ke Setting > pilih Aplication Manager > kemudian klik menu Running. Disana kamu akan melihat aplikasi-aplikasi yang berjalan pada ponselmu. Matikan beberapa aplikasi yang dirasa tidak perlu dengan menekan force stop (berhenti paksa). Ini akan membantu membuat kinerja ponsel lebih ringan sehingga tidak membuat Android cepat panas.

Gunakan Aplikasi Tambahan Pendingin Ponsel


Agar Androidmu tidak cepat panas saat bermain game, kamu bisa menggunakan aplikasi tambahan pendingin ponsel. Unduh aplikasi pendingin ponsel di PlayStore untuk meringankan kinerja sistem. Aplikasi tersebut akan mengatur suhu ponsel, sehingga ketika ponsel mulai panas, aplikasi akan bekerja untuk mendinginkan perangkat. Kamu bisa mengunduh aplikasi Picoo, Cooler, atau aplikasi lain sesuai ponselmu.

Sesuaikan Spesifikasi Game dengan Kapasitas Memori Ponsel


Ini yang kerap diabaikan pemilik Android saat menginstal game dalam smartphonenya. Banyak dari mereka yang tetap menginstall game dengan kapasitas besar padahal memori perangkat terbatas. Hal inilah yang akhirnya menyebabkan sistem pekerja terlalu keras saat game dimainkan. Akibatnya, mesin akan menjadi panas bahkan smartphone nge-hang atau lemot. Jika tidak ingin mengalami hal tersebut, pastikan memilih game sesuai dengan kapasitas memori smartphone.

Baca Juga : Aplikasi yang Tidak Perlu di install di Android

Hindari Multitasking


Tahukah kamu, salah satu penyebab Android cepat panas adalah ketika smartphone digunakan untuk berbagai aktivitas sekaligus. Misalnya membaca browsing sambil mendengarkan musik. Begitu pula saat kamu bermain game sampai memainkan lagu di ponselmu. Hal ini akan membuat perangkat yang kamu gunakan lebih cepat panas. Hindari kebiasaan multitasking dengan smartphonemu, jika ingin bermain game maka jangan sambil memutar lagu di Android.

Batasi Bermain Game


Mau tidak mau, kamu perlu membatasi waktumu dalam bermain game. Penyebab utama yang menyebabkan Android panas adalah terlalu lama bermain game. Maka, jika  ponselmu dirasa sudah panas, segera hentikan aktivitas yang kamu lakukan di ponsel. Bila perlu restart atau matikan ponsel beberapa menit, ini bisa membantu membuat Android lebih dingin.

Kurangi Game Online


Game online bisa cepat membuat smartphone panas dibandingkan game offline. Hal ini berkaitan dengan koneksi internet yang kamu aktifkan. Paket data yang aktif atau tersambung ke internet akan membuat sistem bekerja lebih keras dibandingkan tidak ada koneksi internet. Maka dari itu, matikan paket data saat bermain game, artinya kamu lebih baik mengunduh game offline untuk smartphonemu jika tidak ingin Android cepat panas.

Jika smartphonemu cepat panas saat bermain game, kamu bisa menggunakan cara-cara di atas untuk mengatasinya. Itulah beberapa cara mengatasi Android cepat panas saat bermain game yang bisa kamu praktikkan dengan mudah. Bila ingin leluasa bermain game tanpa khawatir hang atau lemot, gunakan perangkat khusus untuk bermain game.