Widget HTML Atas

4 Cara Mengecek Akun Jual Beli Aman atau Pernah Di Hack


Baru baru ini Diberitakan dengan adanya bocoran data pengguna tokopedia Puluhan juta akun Tokopedia dijual di forum darkweb dihargai US$ 5.000 atau kurang lebih Rp 74 juta.

Penjualan data itu pertama kali ditemui oleh peneliti keamanan siber UndertheBreach. Menurut mereka, Sang Hacker yang membongkar data itu adalah orang yang mirip, yang menggunggah informasi data ke forum darkweb dan hendak meminta bantuan kepada hacker lain agar bisa membuka password pengguna yang sudah di-hash.

Baca Juga : Hacker Bocorkan 15 juta Data Pengguna Tokopedia

Data-data yang dikantongi hacker berasal dari akun-akun pengguna Tokopedia, seperti email, password yang di-hash, nama, dan nomer telepon. Jika kita adalah pengguna biasa dan bukan seorang profesional keamanan siber, pasti adanya kebocoran data seperti itu akan diabaikan. Masih ada kecenderungan pengguna tidak perdulikan apakah Akunnya Aman Atau Pernah Dihack.

Alangkah baiknya, Mulai saat ini, jika kamu adalah pengguna aktif dari akun jual-beli online,  Kamu harus memahami dan peduli tentang keamanan akun kamu. Dilihat dari era saat ini yaitu Era Digital yang Saat ini jual beli kebanyakan telah beralih secara online, keamanan Akun online kamu harus diperhatikan.

DAFTAR ISI




Cek Akun Jual Beli Secara Online

Website pencari di bawah ini umumnya bekerja bersama dengan mengumpulkan data-data yang berasal dari sumber lain yang biasa dipakai untuk mencari data-data yang pernah dihack dan sudah membagikannya kepada orang lain. Sumber-sumber tersebut, seperti Pastebin, individual leakers  dan kebanyakan diambil dari forum darknet.

Baca Juga : Tanda Android Kamu Kena Hack 

Dan berikut ini 4 Cara Cek Akun Jual Beli Kamu Aman atau Pernah Dihack  :

BreachAlarm



BreachAlarm adalah website untuk memeriksa pelanggaran. Sekaligus dengan memeriksa layanan email gratis, situs ini juga memiliki notifikasi premium (berbayar) dan layanan perlindungan yang dapat kamu gunakan. Jika Kamu sedang mencari layanan yang lebih berorientasi terhadap usaha kecil, Kamu bisa memakai layanan BreachAlarm. Juga, tidak adanya hukum yang melarang untuk memeriksa dan memastikan beberapa website aman atau sudah dihack.

Kamu tinggal memasukkan email yang terhubung dengan akun jual-beli online pada website BreachAlarm dan lihat hasilnya.

Have I Been Pawned



Website Have I Been Pawned adalah situs paling populer dan terbaik dalam pengamanan dan pencarian hacking. Situs web ini bekerja keras untuk melacak pelanggaran dan data capture sehingga memudahkan kamu saat memeriksanya.

Jika Kamu register untuk email peringatan, kamu akan diberitahu langsung ke alamat email jika adanya pelanggaran baru. Dalam situs Have I Ben Pawned juga telah menambahkan kebocoran data dari toko online Tokopedia tetapi belum ada informasi apakah data ini dari kasus hacking terbaru atau kasus lama.

Cara cek pada website Have I Been Pawned sama seperti sebelumnya, Kamu tinggal memasukkan email akun jual-beli online .

DesHashed

Website DeHashed sama seperti yang lainnya, Mereka juga fokus pada alamat email. Kelebihan dari website ini kamu bisa melihat daftar password yang berbahaya dan kamu akan melihat jika email kamu sudah pernah dihack akan muncul di daftar email hacking. Sayangnya kamu bisa menikmati semua fitur dengan berlangganan pada website tersebut alias berbayar.

Baca Juga : HACKER Menemukan Celah Di Aplikasi GOJEK

Sucuri Security Scanner

Yang terakhir adalah Sucuri Security Scanner web ini menggunakan cara yang berbeda, yang memungkinkan kamu untuk memeriksa seluruh situs jika ada tanda-tanda adanya bug (celah) dan adanya hacker. Sucuri Security Scanner adalah website yang ideal untuk blogger dan berbagai bisnis online. Jika kamu berlangganan pada website Sucuri, Mereka akan menawarkan sarana keamanan dan penghapusan malware yang lebih spesifik.

Penutup 

Selalu waspada dan jaga akun jual beli online kamu. Lakukan pengecekan dengan cara diatas secara rutin untuk menghindari peretasan dan hal yang tidak diinginkan. Sekian artikel tentang Cara Mengecek Akun Jual Beli Aman atau Pernah Dihack semoga bermanfaat.