Belajar Programming di Website HackerRank

Belajar Programming di Website HackerRank
Daftar Isi Artikel

Magelang1337.com - Di era digital, programming termasuk salah satu kemampuan yang menjanjikan. Bahkan ada istilah, menguasai programming berarti masa depan terjamin. Selain itu, kemampuan ini juga menjadi most wanted di banyak perusahaan yang bergerak di bidang digital.

Tertarik mengasah kemampuan ini? Kamu bisa belajar secara online maupun offline. Pasalnya banyak tempat les yang menyediakan pelatihan programming. Ada yang gratis (online) dan ada yang berbayar (offline).

Kalau mau yang gratisan, kamu bisa belajar programming di website HackerRank. Materi yang diberikan di sini cukup lengkap. Ada C++, JavaScript, Phyton, PHP hingga Java 7.

Apa itu HackerRank?

HackerRank adalah website yang menyediakan pelatihan pemograman bagi orang-orang yang ingin belajar tentang programming. Bukan hanya programming saja, security, distributed system, dan coding juga bisa dipelajari di sini.

Berbeda dari tempat les, HackerRank tidak menyediakan guru pembimbing, yang ada hanya juri online. Layaknya audisi ajang pencarian bakat, kamu akan bersaing dengan banyak peserta untuk memperebutkan nilai terbaik.

Nantinya nilai yang kamu dapat bisa kamu apply di curriculum vitae untuk melamar kerja sebagai programmer ataupun web developer.

Apakah di HackerRank bisa dapat kerja juga? Pada dasarnya bisa, karena banyak perusahaan yang bekerjasama dengan HackerRank untuk mencari kandidat programmer yang kompatibel dan tentunya memahami programming dengan baik.

Cara Belajar Programming di Website HackerRank

Nah, sudah tahu kan apa itu HackerRank? Sekarang mari kita bahas cara pendaftarannya dan bagaimana cara belajar programming di HackerRank.

Sebelum mulai mengikuti pelatihan, kamu harus mendaftar terlebih dulu. Pendaftarannya gratis, kamu hanya perlu mengisi form pendaftaran, atau bisa juga menggunakan akun Google, Facebook, dan LinkedIn.

Baca Juga : Manfaat Orang yang Menguasai Ilmu Pemrograman

Setelah pendaftaran selesai, kamu akan masuk ke dashboard HackerRank. Di bagian atas ada pilihan menu yang terdiri dari Practice, Certification, Compete, Jobs, dan Leaderboard. Apa fungsi kelima menu ini? Simak penjelasan berikut.


1. Practice

Sebagai situs belajar coding gratis, tentunya HackerRank menyediakan menu practice atau latihan. Di menu ini kamu bisa langsung memilih skill apa yang ingin kamu tingkatkan. Beberapa skill yang tersedia di antaranya:

Alghoritms, React JS, Java, Linux Shell, SQL, Data Structures, C, Phyton, Functional Programming, Databases, Mathematics, C++, Ruby, Artificial Intelligence, dan Regex.

Masing-masing skill memiliki pelatihan atau challenge berbeda mengikuti bahasa pemograman yang dipilih. Adapun challenge yang diberikan cukup mudah diselesaikan kalau kamu memahami dasar programming.

Kalau kamu merasa pengetahuan pemograman-mu masih minim, kamu bisa memilih menu tutorial. Ada 4 tutorial yang bisa kamu ikuti, di antaranya interview preparation kit, learn to code in 30 days, 10 days of statistics, dan 10 days of javascript.

2. Certification

Seperti namanya, certification atau sertifikat adalah menu di HackerRank yang bertujuan untuk mencari sertifikat. Sama seperti practice, di sini juga menghadirkan banyak challenge menantang, mulai dari yang basic hingga intermediate.

Sebelum mulai challenge, kamu harus mengisi biodata yang nantinya akan ditampilkan di sertifikat. Kamu bisa menggunakan sertifikat ini untuk melamar kerja di perusahaan seperti Amazon, Cisco, dan Dropbox. Sebaiknya form ini diisi dengan benar agar tidak terjadi kesalahan informasi.

3. Compete

Compete adalah menu yang berisi daftar kontes di HackerRank yang bisa diikuti. Di sini tersedia fitur filter, sehingga kamu bisa memilih berkompetisi di kategori yang kamu kuasai. Selain itu, di sini kamu juga bisa menyelenggarakan kontes programming.

Yang namanya kompetisi tentu ada hadiahnya. Seperti pada bulan Agustus lalu, DTCC, Moody Analytics, dan Flatiron menyelenggarakan kontes coding dengan hadiah total $850 dalam bentuk Amazon Gift Card.

4. Jobs

Selain bisa belajar bahasa pemograman online, di HackerRank kamu juga bisa mencari pekerjaan yang berhubungan dengan pemograman. Di menu Jobs tersedia berbagai jenis perusahaan digital yang sedang membutuhkan karyawan.

Tetapi perusahaan tersebut kebanyakan berada di Amerika Serikat dan persyaratannya juga cukup sulit. Pelamar harus berpengalaman minimal 5 tahun, atau bahkan 7 tahun.

5. Leaderboard

Di menu ini kamu bisa melihat daftar orang yang mengikuti latihan coding di HackerRank beserta negara asal dan nilai yang diperolehnya. Menu ini bisa jadi penyemangat untuk meningkatkan skill agar kamu terpacu memperoleh ranking pertama.

Challenge di HackerRank


Seperti yang sudah ditulis sebelumnya, banyak challenge yang ada di HackerRank. Tentunya yang masih ada kaitannya dengan programming. Semuanya bisa kamu ikuti secara cuma-cuma alias gratis. Perlu diketahui, challenge hanya tersedia dalam bahasa Inggris.

Sebagai website terbaik belajar programming, HackerRank berkomitmen untuk memberikan materi terbaik yang dibutuhkan untuk bisa menguasai bahasa pemograman.

Setiap challenge memiliki tingkatan tertentu, dari yang mudah sampai yang paling sulit. Kamu bisa memilih challenge mana yang ingin dikerjakan. Dan jika kurang paham, ada kolom Discussions yang bisa kamu manfaatkan untuk berdiskusi dengan sesama peserta.

Di sana banyak juga programmer pemula yang kesulitan dan masih bertanya-tanya bagaimana solve challenge di HackerRank. Kamu tak perlu segan, di sana orangnya ramah-ramah dan suka menjawab pertanyaan, bahkan yang mudah sekalipun.

Setiap challenge yang terselesaikan dengan benar, kamu akan mendapatkan poin tambahan, dan jika poin sudah penuh maka kamu berhak mendapatkan reward berupa bintang.

Untuk menyelesaikan challenge di HackerRank memang lumayan menguras pikiran. Ya, namanya juga bahasa pemograman. Yang jelas, jika ingin belajar programming di HackerRank, kamu harus sudah paham dasar-dasar programming.

Selain itu, karena website-nya belum menyediakan bahasa Indonesia, paling tidak kamu harus mengerti kata-kata dasar dalam bahasa Inggris.

Nah, di samping semua fitur dan challenge yang ada di situs belajar coding terbaik ini, HackerRank juga menyelenggaraan acara 30 Days of Code khusus buat coders dari seluruh dunia yang ingin mengasah diri dan menyelesaikan tantangan yang diberikan.

Di acara ini kamu dan peserta lain harus menyelesaikan 1 challenge setiap hari. Sistem yang diberikan sama seperti yang ada di menu practice. Setiap jawaban yang benar, maka akan dapat poin. Jika poin kamu paling banyak, kamu berhak menempati posisi pertama di leaderboard.

Kesimpulan

Sebagai platform untuk belajar programming gratis, dapat disimpulkan bahwa HackerRank adalah pilihan yang tepat bagi kamu yang ingin mengasah kemampuan. Bagaimana, tertarik belajar programming di website HackerRank?

Meskipun belum tersedia dalam bahasa Indonesia, namun penjelasan yang disampaikan cukup mudah dipahami. Kalaupun ada kata-kata yang tidak dimengerti, kamu bisa menggunakan Google Translate sebagai penerjemah.