Cara Mengembalikan Akun Youtube yang Di-hack Paling Ampuh

Cara Mengembalikan Akun Youtube yang Di-hack Paling Ampuh
Daftar Isi Artikel

Magelang1337.com - Dunia Youtube dibuat heboh dengan hilangnya nama Fiki Naki di hasil pencarian. Kabarnya channel dengan 1 juta subscriber lebih itu diretas oleh hacker. Tak heran banyak orang yang mencari tahu bagaimana cara mengembalikan akun Youtube yang di-hack.

Pasalnya, konten yang dibuat Fiki Naki sangat menghibur sekaligus menjadi oase di tengah-tengah konten mainstream. Bahkan saat videonya baru di-upload, hanya dalam hitungan jam penontonnya bisa menyentuh angka 1 juta.

Pada dasarnya akun Youtube yang kena hack bisa kembali lagi, namun dengan beberapa syarat. Salah satunya pengguna sudah melakukan verifikasi dua langkah. Lalu, kalau masih tidak bisa juga, apa saja langkah-langkah untuk mengembalikannya?

Solusi Mengembalikan Akun Youtube yang Di-hack

Bicara soal peretasan, Google sendiri telah menyiapkan cara terbaik untuk mengembalikan akun Youtube yang kena hack. Jadi, bagi Anda yang mengalami keapesan serupa seperti Fiki Naki, tak perlu risau karena masih ada kemungkinan akun Anda akan kembali.

Biasanya pencurian atau peretasan akun sering terjadi, bukan hanya Youtube saja, melainkan akun-akun yang terkait dengan Google, seperti Instagram, Facebook, bahkan Adsense.

Hal ini disebabkan karena pemilik akun tidak tahu cara mengamankan akun Youtube yang benar, seperti password yang terlalu mudah, hingga tidak dilakukannya verifikasi dua langkah.

Kalau dua hal tersebut sudah diterapkan namun akun Anda masih tetap diretas, mungkin ada sebab lain, yakni phising. Dalam kasus Fiki Naki, kemungkinan ia terkena jebakan phising dari email ajakan kerja sama produk atau endorse.

Kasus phising sendiri sering dialami oleh pemula yang tergiur dengan ajakan endorse. Untuk itu, bagi Anda yang mungkin pernah dikirimi email mencurigakan, jangan pernah klik link rujukan yang tertera. Ada baiknya email tersebut langsung dihapus saja.

Setelah ngetik ngalor-ngidul, sekarang waktunya masuk ke topik utama cara mengambil kembali akun Youtube yang kena hack.

Sebelumnya pastikan dulu Anda mengingat informasi akun seperti nomor telepon, email terkait, dan pertanyaan keamanan. Dan kalau bisa, lakukan cara ini di perangkat dan browser yang biasa Anda gunakan untuk mengakses akun tersebut.

  • Langkah pertama masuk ke laman pemulihan akun Google dengan mengisi email dan password dari akun yang di-hack
  • Setelah itu akan muncul pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan informasi akun Anda
  • Pertanyaan tersebut harus dijawab dengan benar tanpa ada kesalahan sedikitpun
  • Jika ada kendala dalam menjawab pertanyaan yang diberikan, Anda bisa mengikuti tips pemulihan akun (link: https://support.google.com/accounts/answer/7299973)
  • Jika pemulihan akun sudah berhasil, selanjutnya ganti password sebelumnya dengan password baru yang lebih powerful, seperti gabungan huruf besar kecil, tanda baca, dan angka.

Itulah beberapa langkah yang disarankan Google untuk mengembalikan akun Youtube yang di hack. Kalau mengikuti langkah-langkahnya dengan benar akun Anda pasti kembali. Tapi kalau masih belum bisa diakses juga, kemungkinan ada faktor lain yang lebih rumit.

Tapi jangan khawatir, selain cara di atas masih ada cara lain yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kembali akun Youtube Anda. Kasus seperti ini biasanya terjadi karena hacker sudah mengubah semua informasi akun dan menghapus semua video.

Kalau Anda pengguna Twitter, bisa langsung menghubungi pihak Youtube via DM di akun @TeamYoutube dengan menyampaikan keluhan berupa akun Youtube yang kena hack secara detail. Tak perlu mahir bahasa Inggris, karena Anda bisa menggunakan bahasa Indonesia.

Jika sudah, tinggal menunggu balasan hingga proses pengembalian akun berhasil. Biasanya Anda akan mendapatkan balasan langsung via DM, namun kapan waktunya tidak bisa ditentukan.

Sambil menunggu balasan dan akun Anda kembali ke pelukan, tak ada salahnya untuk membuat channel back-up andai hal ini terulang lagi.

Cara Mengamankan Akun Youtube

Ada peribahasa yang bunyinya, “Sedia payung sebelum hujan, amankan akun sebelum diambil orang”. Yaps, jika sudah mengetahui cara mengembalikan akun Youtube yang kena hack, Anda juga harus tahu cara mengamankan akun Youtube agar aman dari orang jahat.

  • Langkah pertama buka Akun Google yang digunakan saat membuat channel Youtube
  • Di halaman utama klik menu Keamanan
  • Kemudian pilih opsi Amankan Akun, jika ditemukan masalah sebaiknya perbarui email pemulihan, nomor telepon pemulihan, dan perangkat yang Anda gunakan untuk login
  • Setelah semuanya selesai, kembali ke halaman sebelumnya dan aktifkan Verifikasi 2 Langkah, dan kalau perlu perbarui sandi agar lebih aman

Untuk mengamankan akun sebenarnya bukan perkara sulit, hanya saja kita sering acuh dan merasa hal itu tidak diperlukan hingga akhirnya kita tersadar setelah akun kita di-hack orang.

Melihat perkembangan dunia internet yang semakin pesat, sudah semestinya kita memberi perhatian lebih terhadap aset-aset yang kita miliki. Sama halnya dengan rumah yang memiliki kunci ganda bahkan CCTV untuk mencegah orang jahat masuk.

Kesimpulan yang bisa diambil dari ulasan cara mengembalikan akun Youtube yang di-hack di atas adalah pastikan keamanan akun Anda kuat. Kata sandi, email pemulihan, verifikasi 2 langkah harus benar-benar diperhatikan.

Dan yang tak kalah penting, saat mendapatkan email dari orang yang tidak dikenal, sebaiknya jangan melakukan tindakan ceroboh seperti klik link dan mengikuti arahan si pengirim.

Meskipun tidak semua email berbahaya, tapi alangkah baiknya mencegah daripada menyesal di kemudian hari. Terlebih kalau Anda membuka endorse produk, sebaiknya obrolan dan transaksi dilakukan via DM Instagram atau Whatsapp.

Demikian ulasan singkat tentang kasus akun Youtube kena hack yang sedang viral belakangan ini. Bagi Anda yang mungkin sedang mengalaminya, semoga cara mengembalikan akun Youtube yang di-hack pada artikel ini bisa bermanfaat.

Silahkan Komentar dengan bahasa yang sopan :)

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>