5 Cara agar Tetap Bugar dengan Bantuan Teknologi

5 Cara agar Tetap Bugar dengan Bantuan Teknologi
Daftar Isi Artikel

Magelang1337.com - Teknologi telah menjadi bagian dari kehidupan kita. Teknologi bisa mengubah hidup kita menjadi lebih baik, dan yang terbaik adalah kita bisa mengandalkannya untuk menjadi bugar juga. Beberapa gadget dan aplikasi kesehatan yang tersedia saat ini mampu mempermudah cara kita memantau kesehatan, diet, dan olahraga. Berikut ini di antaranya.

Tips Sehat Bugar Dengan Teknologi

1. Mesin olahraga

Salah satu hal utama yang dapat mendukung latihan Kamu untuk menjadi bugar adalah mesin olahraga. Setiap jenis memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Misalnya mesin stepper yang kecil, dapat disimpan dengan mudah, dan memberi latihan yang alami. Mesin ellipse membuat tubuh Kamu bergerak seperti mengayuh sepeda.

Cross trainer membuat seluruh tubuh Kamu bergerak sehingga Kamu tetap bugar dan dapat menurunkan berat badan. Rowing machine memungkinkan Kamu melatih otot paha, punggung, lengan, dan perut. Namun jangan lupa, meski berolahraga dengan mesin, Kamu tetap perlu memperhatikan keamanan dan kenyamanan ketika berlatih. Karena itu, sebaiknya Kamu memakai sepatu lari yang berkualitas baik

Kelebihan semua mesin tersebut adalah adanya layar monitor yang melaporkan segala hal tentang latihan Kamu . Kamu bisa mengetahui jarak yang sudah Kamu tempuh, detak jantung, kalori yang terbakar, waktu yang Kamu habiskan, dan sebagainya.

2. Aplikasi kesehatan

Saat ini dan di masa depan, aplikasi kesehatan akan sangat membantu dunia kebugaran. Orang-orang hampir tidak bisa lepas dari smartphone, dan fakta bahwa aplikasi ini bisa dipasang di smartphone menjadikannya paling efektif.

Aplikasi membantu Kamu dengan cara yang unik. Misalnya, beberapa aplikasi memotivasi untuk bergerak lebih banyak. Aplikasi ini memberi tahu Kamu jumlah langkah yang telah Kamu lakukan sepanjang hari dan berapa banyak lagi yang perlu Kamu lakukan untuk memenuhi target kebugaran.

Ketika Kamu berolahraga jalan kaki, aplikasi ini bisa menghitung langkah. Dan di akhir perjalanan, aplikasi ini memberi laporan lengkap agar Kamu bisa mengetahui seberapa jauh Kamu telah berjalan.

Baca Juga : 7+ Website Untuk Belajar Memasak Terlengkap

Tak hanya itu, ada pula fitur pemantau detak jantung. Saat berolahraga, Kamu bisa melihat apakah telah mencapai detak jantung optimal untuk membakar kalori. Kamu hanya harus meletakkan jari pada monitor beberapa kali untuk mendapatkan pembacaan yang tepat.

Selain smartphone, teknologi ini juga disematkan pada jam tangan karena banyak orang merasa kesulitan memegang ponsel yang cukup besar saat berlari, apalagi ketika tangan berkeringat dan ponsel rawan tergelincir. Jam tangan pintar ini memiliki banyak fitur smartphone dan dirancang khusus untuk fokus pada olahraga dan aktivitas kesehatan.

Beberapa aplikasi lain didesain untuk membangunkan Kamu pada waktu terbaik sehingga Kamu tidak akan terbangun dengan sakit kepala. Aplikasi ini melacak kualitas tidur dan mengerti apakah sudah cukup tidur malam. Kamu bisa mengatur pola tidur agar menjadi lebih sehat. Di masa mendatang, berbagai teknologi seperti ini tentu akan terus dikembangkan.

3. Komunitas online

Internet yang telah berkembang pesat memungkinkan jaringan media sosial dan beberapa platform online berbagi program olahraga. Semua latihan yang Kamu lakukan dengan mesin olahraga dapat direkam. Informasi Kamu kemudian dapat disimpan di USB dan diunggah ke internet.

Baca Juga : Gadget Juga Harus Higienis Agar Terhindar dari Covid-19

Kamu bisa memantau latihan dan kemajuan Kamu, bahkan membandingkan statistik Kamu dengan orang lain yang sedang berusaha tetap bugar. Kamu bisa berinteraksi dengan mereka dan termotivasi untuk berusaha lebih baik lagi.

4. Teknologi untuk pola makan yang lebih sehat

Hal utama lain yang sering menjadi masalah bagi sebagian besar orang adalah pola makan yang tidak sehat. Kamu perlu tahu makanan sehat apa yang harus dikonsumsi selama seminggu dan berapa banyak nutrisi yang Kamu butuhkan secara teratur.

Teknologi sangat membantu kita dengan menyediakan banyak platform online atau video yang mengajarkan kita tentang resep-resep masakan yang sehat. Beberapa aplikasi bahkan memungkinkan Kamu untuk meminta semua bahan untuk resep sehat itu dikirim langsung ke rumah jika Kamu menginginkannya!

5. Teknologi Pengingat Minum

Hal penting selanjutnya dalam menjalani pola hidup sehat adalah cukup minum air setiap hari. Namun, banyak di antara kita yang lupa untuk minum setidaknya delapan gelas air per hari. Karena tubuh kita sebagian besar terdiri dari air, kebutuhan ini cukup menentukan kualitas kesehatan kita.

Di sinilah peran teknologi. Dengan aplikasi dan alat tertentu, Kamu dapat memeriksa berapa banyak air yang sudah Kamu minum. Selain itu, Kamu bisa mendapatkan pengingat (notifikasi) jika Kamu belum minum cukup air di siang hari.

Baca Juga : Cek Menu Sarapan Untuk Orang yang Sedang Diet

Saat ini, di pasaran bahkan tersedia botol air minum yang akan menyala atau berbunyi ketika Kamu belum juga minum setelah periode waktu tertentu. Beberapa di antara botol air minum pintar ini bisa dihubungkan dengan smartphone untuk menganalisis asupan air Kamu .  

Nah, ada banyak cara teknologi membuat kita lebih sehat daripada sebelumnya. Kamu hanya perlu memilih teknologi mana yang sekiranya berhasil untuk Kamu .