Cara Mendapatkan Kuota Gratis dari Kemendikbud | Syarat dan Ketentuan yang Harus Dipenuhi

Cara Mendapatkan Kuota Gratis dari Kemendikbud | Syarat dan Ketentuan yang Harus Dipenuhi
Daftar Isi Artikel

Magelang1337.com - Cara mendapatkan kuota gratis dari Kemendikbud akhir-akhir ini sepertinya banyak diperbincangkan. Bagaimana tidak, salah satu terobosan dari Kemendikbud ini seakan menjadi angin segar bagi para siswa atau mahasiswa yang sedang menempuh belajar online. Sejak adanya pandemi dan sekolah banyak ditutup sementara, belajar online telah menjadi solusi. 

Kuota belajar dari Kemendikbud juga seakan menjadi kabar gembira bagi mereka yang selama masa pandemi ini mengalami banyak kesulitan untuk membeli kuota. Coba saja bayangkan, jika dalam satu keluarga ada 4 orang yang melakukan belajar online, berapa kuota yang dibutuhkan. Sudah pasti banyak sekali. Bagi yang kurang mampu pasti akan menjadi kendala besar.

Ini Dia Cara Mendapatkan Kuota Gratis dari Kemendikbud

Sesuai dengan pernyataan dari Kemendikbud sebelumnya bahwa kuota gratis dari Kemendikbud akan diluncurkan pada bulan Maret 2021. Sama seperti tahun sebelumnya dimana Kemendikbud telah memberikan kuota gratis untuk tingkat PAUD hingga mahasiswa, tahun ini pun akan berlaku hal yang serupa. Bagaimana cara mendapatkannya, simak cara, syarat dan ketentuannya di sini:

1. Memiliki Nomor Ponsel yang Aktif

Cara daftar kuota gratis dari Kemendikbud harus mengikuti langkah yang telah ditetapkan. Langkah pertama yang harus dipenuhi adalah memiliki nomor ponsel yang masih aktif. Nomor aktif yang telah diserahkan tidak boleh pula berganti-ganti. Jika masih aktif dan tidak berganti, maka kuota gratis tidak akan mengalami kendala.

Cara mendapatkan kuota gratis dari Kemendikbud tidaklah sesulit yang orang bayangkan. Langkah pertama pun sepertinya banyak yang lolos. Karena rata-rata mereka yang membutuhkan kuota gratis adalah yang memiliki nomor yang aktif, jadi selalu pastikan bahwa nomornya selalu aktif.

2. Menyerahkan Nomor Ponsel yang Aktif pada Pihak Sekolah

Cara mendapatkan kuota gratis dari kemendikbud untuk mahasiswa, siswa sekolah menengah hingga jenjang PAUD, harus menyerahkan nomor ponsel yang aktif pada pihak sekolah. Setelah memastikan bahwa nomor akan selalu aktif, langkah selanjutnya pihak sekolah menerima nomor yang nantinya akan menerima kuota gratis.

Cara mendapatkan kuota gratis dari Kemendikbud banyak membantu para siswa hingga mahasiswa untuk mengikuti belajar secara online.  Berkaca dari pengalaman pemberian kuota gratis untuk setiap jenjang sekolah, kuota gratis yang diberikan kali ini nampaknya akan memiliki  kekuatan internet yang stabil. Sehingga para siswa atau mahasiswa tidak perlu menunggu terlalu lama saat mengikuti proses belajar online.

3. Pendaftaran Nomor Ponsel ke Aplikasi Dapodik

Daftar kuota Kemendikbud 2021 akan semakin banyak yang ikut mendaftar. Apalagi belum diketahui kapankah pandemi akan berlalu. Beberapa sekolah telah memutuskan untuk tetap libur ada pula yang memutuskan untuk masuk. 

Setelah nomor ponsel yang aktif telah diserahkan pada pihak sekolah, maka cara mendapatkan kuota gratis dari Kemendikbud selanjutnya akan diurus oleh pihak sekolah. Dimana nomor yang telah terkumpul akan didaftarkan ke aplikasi Dapodik. Tahap ini bisa disamakan dengan verifikasi. Oleh sebab itu, pastikan bahwa tidak ada kesalahan yang dilakukan.

4. Tunggu Beberapa Hari Hingga Kuota Gratis dari Kemendikbud dikirim

Daftar kuota gratis dari Kemendikbud telah dilakukan. Apa yang selanjutnya dilakukan? Tunggulah beberapa hari setelah nomor diserahkan. Begitu aplikasi Dapodik tidak mengalami kendala, maka kuota akan cepat diterima.

Proses ini biasanya akan panjang karena yang mendaftar kuota gratis banyak sekali. waktu verifikasi data nomor pada link daftar kuota gratis dari pemerintah akan memakan waktu yang lebih lama. Ada yang mengajukan satu hari sudah dapat. Ada pula yang baru satu bulan baru bisa menikmati.

Cara mendapatkan kuota gratis dari Kemendikbud semakin ramai, karena semakin banyak yang membutuhkan. Karena ramainya inilah harus sabar menunggu, apalagi yang membutuhkan adalah mereka yang sekolah dari Sabang sampai Merauke.

Begitu pula dengan cara daftar kuota gratis dari pemerintah untuk mahasiswa, cara mendapatkannya langkahnya pun tidak jauh berbeda. Para mahasiswa tinggal menyerahkan nomor ponsel yang aktif pada pihak kampus. Selanjutnya kampus akan mendaftarkannya ke Kemendikbud sesuai dengan arahan resmi.

Pentingnya Kuota Gratis Pada Masa Pandemi

Masa pandemi ini banyak para siswa atau mahasiswa yang menjadi galau karena sekolah tidak kunjung juga dibuka  seperti biasa. Sekolah yang dialihkan menjadi sekolah online, banyak pula yang membuat mahasiswa atau siswa menjadi stres. Bagaimana tidak, pembelajaran yang butuh banyak kuota, bagi yang tidak mampu akan jadi masalah besar.

Melihat fenomena tersebut, Kemendikbud dengan dukungan dari pemerintah meluncurkan program penyelamat. Yakni dengan memberikan kuota gratis. Cara daftar kuota gratis Kemendikbud kini telah terbuka lebar.

Kemendikbud bersama dengan pemerintah berharap cara daftar kuota gratis dari Kemendikbud, tidak ada lagi keluhan dari siswa atau mahasiiswa tidak bisa mengikuti materi.  Kini proses belajar mengajar di rumah pun akan semakin nyaman. Para siswa atau mahasiswa bisa berkonsentrasi pada sekolahnya.

Kuota gratis yang diberikan selama tiga bulan ke depan, untuk tahun ini ukuran kuotanya akan lebih kecil dibandingkan sebelumnya. Cara mendapatkan kuota gratis dari Kemendikbud ini pun memberikan kebiijakan yakni dengan memblokir aplikasi permainan dan media sosial. Agar kuota yang diterima murni hanya untuk belajar.

Setelah syarat dan ketentuan yang ditentukan telah dilengkapi, maka proses pengajuan akan berlanjut. Adanya kuota  gratis memang membawa banyak hal untuk membantu para siswa hingga mahasiswa dalam menempuh pendidikan pada saat pandemi

Demikianlah pembahasan tentang cara mendapatkan kuota gratis dari Kemendikbud. Semoga dengan adanya informasi ini semakin banyak orang yang terbantu. Para siswa dan mahasiswa akan lebih tenang ketik di rumah ketika mengikuti belajar online karena tidak lagi memikirkan biaya untuk membeli kuota.