Kelebihan Dan Kekurangan Browser Opera Mini untuk Kerja Sehari-hari

Kelebihan Dan Kekurangan Browser Opera Mini untuk Kerja Sehari-hari
Daftar Isi Artikel


Magelang1337.com - Sebagai salah satu aplikasi pencari yang paling banyak digunakan, terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan browser Opera yang harus diperhatikan. Opera memiliki beberapa versi aplikasi yang bisa dipasang di gawai maupun Personal Computer atau laptop. Masing-masing versi tersebut tentu memiliki beberapa perbedaan saat digunakan.

Opera memiliki versi Lite, Beta, Mini, dan Browser dengan fasilitas paling lengkap dari sebuah aplikasi pencarian. Semua versi tersebut bisa dipasang di berbagai device. Demi memenuhi kebutuhan pelanggan, tidak sedikit pula penyedia software yang membagikan perangkat lunak aplikasi ini di halaman mereka secara gratis.

Perbedaan Opera Mini dan Opera Browser

Dua jenis varian Opera yang paling banyak digunakan sekaligus membingungkan pengguna adalah versi Mini dan Browser. Keduanya bisa diunduh secara gratis di Google Play Store atau iOs. Agar tidak membuat bingung, berikut rangkuman perbedaan, kelebihan dan kekurangan browser Opera dan versi Mini.

Kelebihan dan kekurangan opera mini hampir sama dengan Opera Browser. Pertama mengenai kapasitas penyimpanan, versi Opera Mini menghabiskan ruang yang jauh lebih sedikit dibanding Opera Browser. Selisih keduanya bisa mencapai setengah.Untuk Opera Browser menghabiskan ruang penyimpanan hampir 100 MB, sedangkan versi mini hanya separuhnya.

Ruang penyimpanan yang minimalis tentu sangat membantu para pemilik gawai dengan memori terbatas. Jika dibandingkan dengan ruang penyimpanan yang dibutuhkan Chrome, aplikasi tersebut bisa menghabiskan hampir setengah GB ruang yang ada. Kecuali jika pemilik rajin membersihkan cache, mungkin akan mengurangi penggunaan ruang kosong dalam gawai.

Namun kelebihan dan kekurangan opera browser dari sisi desain dan fitur yang disajikan hampir tidak ada perbedaan. Keduanya juga dapat diakses di daerah minim sinyal dengan mengaktifkan fitur ekstrim. Secara otomatis aplikasi akan mengurangi penggunaan data yang dianggapnya tidak penting dan mengutamakan hasil pencarian pada kata kunci yang dimasukkan.

Misalnya ketika Kamu sedang di daerah pedalaman namun harus mengirim dokumen pekerjaan atau semacamnya, bisa menggunakan browser Opera. Aplikasi ini akan membantu pengguna hanya untuk render dan loading ke halaman yang dituju dengan mengabaikan iklan.

Daftar Kelebihan Browser Opera

Sebelum memilih untuk menggunakannya, Kamu perlu mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangan browser Opera. Dengan demikian komplain mengenai fitur dan segala fasilitas yang diberikan dapat diminimalisir. Selain itu Kamu dapat menyesuaikan penggunaan dengan kebutuhan terutama saat berada di daerah minim sinyal. Berikut detil kelebihannya:

1. Tampilan Browser Opera

Tampilan yang sederhana layaknya Chrome dapat menjadi kelebihan dan kekurangan browser Opera. Dengan minimnya source resource dan ruang penyimpanan yang dibutuhkan, tampilan juga disajikan dengan sederhana. Ada beberapa iklan yang sering muncul layaknya saat menggunakan mesin pencari Google. Namun sejauh ini iklan tersebut tidak terlalu mengganggu.

Tampilan sederhana bisa sekaligus menjadi kekurangan aplikasi. Karena dengan kesederhanaan tersebut sedikit sekali adds on yang bisa ditampilkan. Beberapa short key yang tersedia secara otomatis juga membatasi pengguna untuk menambah jalan pintas menuju halaman tertentu.

Kelebihan kedua yang dimiliki oleh browser Opera adalah adanya pilihan penggunaan bahasa. Sehingga orang awam yang tidak paham bahasa asing dapat memilih tampilan bahasa Indonesia dengan terjemahan yang cukup baik. Fasilitas penggunaan yang lebih mudah dapat membuat pengguna merasa terbantu mengatasi masalahnya.

Pada halaman beranda fitur addons tersedia secara otomatis untuk memudahkan pengguna melakukan pencarian. Melalui kata kunci tertentu, aplikasi akan merekomendasikan hasil penelusuran terkait yang dinilai paling relevan. 

2. Kinerja Browser Opera

Dari sisi kinerja browser, Opera mampu menandingi kecepatan browser lain dalam menyajikan hasil pencarian. Termasuk dalam pengelolaan situs, render dan loading halaman yang ingin dituju oleh pengguna. Browser Opera juga memiliki fitur keamanan yang lengkap, sehingga pengguna tidak perlu khawatir datanya bocor. 

Fitur penyimpanan password juga menjadi salah satu poin kelebihan dan kekurangan browser Opera. Karena dengan penyimpanan tersebut dapat memudahkan pengguna yang sering lupa password. Namun ketika gawai jatuh ke tangan yang tidak bertanggung jawab, password akun dan lainnya terancam disalahgunakan.

Adakalanya mesin pencari mengarahkan pengguna pada situs yang buruk. Jika ini terjadi, pengguna bisa dengan mudah melakukan pemblokiran melalui aplikasi. Sehingga di waktu mendatang situs tersebut tidak lagi ditampilkan sebagai hasil pencarian.

Jika sesuatu yang tidak diinginkan terjadi pada gawai, Opera bisa mengaktifkan fitur anti fraud secara otomatis. Browser ini akan melakukan pengecekan secara random kevalidan data pengguna. Tentu berdasarkan informasi yang tersmpan sebelumnya, akan mudah bagi mesin untuk mendeteksi kejanggalan aktivitas pengguna.

Daftar Kekurangan Browser Opera

Selain kelebihan, ada juga kekurangan opera browser yang harus diketahui oleh pengguna sebelum memilihnya. Pertama, Opera tidak dapat langsung memperlihatkan info halaman yang sedang diakses. Kedua, browser Opera juga tidak dapat merubah shortcut key dari alamat url yang sedang diakses. Kedua kekurangan ini mungkin cukup mengganggu.

Kamu bisa menyiasati kedua kekurangan tersebut dengan hanya membuka halaman yang memang dibutuhkan. Tidak perlu memasang shortcut key kecuali yang ditampilkan secara otomatis oleh aplikasi. Biasanya, aplikasi memilih beberapa halaman yang paling sering dibuka untuk tampil di halaman shortcut key.

Ketiga, browser Opera tidak dapat menghilngkan efek visual pada situs web side meskipun dipasang di gawai. Sehingga tampilannya sama seperti ketika pengguna mengakses menggunakan PC atau laptop. Keempat, kadang jumlah history dan bookmark terlalu banyak sehingga perlu dihapus secara berkala.

Demikian ulasan singkat mengenai kelebihan dan kekurangan browser Opera yang dapat Kamu jadikan referensi sebelum menggunakan. Pastikan gawai atau PC Kamu benar-benar membutuhkan aplikasi tersebut atau aplikasi pencarian serupa lainnya tidak berfungsi baik.