Pengertian dan Fungsi Microsoft Word untuk Mengolah Tugas Komputer

Pengertian dan Fungsi Microsoft Word untuk Mengolah Tugas Komputer
Daftar Isi Artikel

Magelang1337.com - Microsoft mungkin termasuk salah satu perusahaan paling berjasa di seluruh dunia. Pasalnya, dari waktu ke waktu mereka selalu menghadirkan ragam jenis software bermanfaat. Salah satunya Microsoft Office, yang terdiri dari Word, Excel, dan PowerPoint.

Word mungkin yang paling populer dibandingkan program Microsoft Office lain. Karena digunakan oleh banyak orang dari berbagai kalangan, seperti mahasiswa, pekerja kantoran, hingga guru sekolah.

Tapi tahu kah kamu apa pengertian dan sejarah Microsoft Word? Kalau belum, kami akan mengulas secara lengkap beserta fungsi dan manfaat yang didapat pengguna ketika menjalankan program besutan Microsoft ini.

Pengertian Microsoft Word

Microsoft Word adalah software yang digunakan untuk menulis dan menyimpan berbagai jenis dokumen. Selain tersedia untuk PC, Word juga hadir di perangkat mobile dengan tampilan yang lebih efisien dan praktis.

Sedangkan pengertian Microsoft Word menurut para ahli adalah program pengolah kata yang digunakan untuk memudahkan dalam pembuatan dokumen, seperti skripsi, laporan, makalah, surat, dan karya ilmiah.

Ketika pertama kali dirilis, software ini dikenal dengan Multi-Tool Word, baru kemudian pada Oktober 1983 namanya diganti menjadi Microsoft Word sampai sekarang.

Adapun fitur Microsoft Word yang paling diunggulkan adalah mailmerge, autopage index, autocorrect, booklet layout, hingga HTML editor. Masing-masing memiliki fungsi berbeda yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Sampai saat ini, Microsoft telah merilis beberapa versi, mulai dari Word for Windows 1.0 sampai versi terbaru Microsoft Word 2021 yang rencananya akan launching di tahun ini.

Meskipun sudah banyak software pengolah kata serupa, namun Microsoft Word tetap jadi andalan banyak orang. Selain karena mudah digunakan, bahkan untuk pemula, fungsi Microsoft Word juga sangat beragam.

Dalam rentan waktu yang cukup lama, MS Word terus mengalami pengembangan pada semua aspek. Tujuannya tentu agar pengguna merasa nyaman dalam membuat maupun mengedit tulisan.

Hal ini sejalan dengan slogan “What you see is what you get”, yang artinya hasil cetakan di kertas akan terlihat sama seperti pada dokumen lembar kerja.

Nah, sudah tahu kan apa yang dimaksud Microsoft Word dan sejarah di balik perjalanannya? Selanjutnya mari bahas fungsi dan kegunaan MS Word dalam hal mengolah tugas komputer yang perlu kamu tahu.

Fungsi Microsoft Word

Pada dasarnya, fungsi dari Microsoft Word adalah untuk membuat dan mengedit dokumen. Tapi, dalam artian yang lebih luas, pengguna bebas melakukan apa saja. Contohnya membuat undangan gotong royong, acara khitanan, atau merevisi sebuah tulisan.

1. Membuat Dokumen

Fungsi utama dari Microsoft Word adalah membuat beragam dokumen yang disimpan dalam format docx, docm, atau doc. Berbekal fitur-fitur unggulan, pengguna juga bisa memodifikasi tulisan sesuai keinginan.

Bukan hanya satu saja, ada banyak jenis dokumen yang dapat dibuat di Word dengan struktur dan kaidah penulisan berbeda. Di antaranya:

  • Skripsi
  • Makalah
  • Laporan
  • Surat

Sebenarnya masih banyak lagi, karena masing-masing bisa dikembangkan menjadi beberapa sub-menu. Seperti laporan keuangan, laporan praktek, surat lamaran, surat resmi, dan lain sebagainya.

2. Mengedit Dokumen

Selain membuat, fungsi Microsoft Word lainnya adalah untuk mengedit sebuah dokumen. Hal ini sering dilakukan oleh mahasiswa ketika ingin memperbaiki kesalahan atau mengubah struktur tulisan yang kurang rapi.

Kenapa bukan software lain? Sederhananya, sebagian besar file yang beredar dibuat dalam format .docx, untuk melakukan pengeditan tentu harus menggunakan MS Word.

3. Membuat Tabel Sederhana

Meskipun Microsoft memiliki software khusus, namun Word juga dapat diandalkan dalam pembuatan tabel. Kamu bisa menyesuaikan sendiri tabel yang diinginkan karena ada banyak variasi dengan gaya berbeda.

4. Menambahkan Gambar

Fungsi Microsoft Word selanjutnya adalah memudahkan pengguna yang ingin menambahkan gambar pada lembar kerja. Kita tidak perlu lagi menempelkan gambar dengan lem pada kertas, tinggal cari di internet lalu sisipkan di bagian yang diinginkan.

5. Memudahkan Pekerjaan

Microsoft Word merupakan sebuah software yang mampu memenuhi kebutuhan manusia untuk mengedit, membuat, mencetak, maupun mengirimkan file dokumen dengan format docx.

Selain digunakan untuk keperluan bisnis, MS Word memiliki fitur unggulan seperti template yang dirancang menyesuaikan kebutuhan mahasiswa atau murid sekolah. Beberapa template di Microsoft Word adalah Proposal, Newslatter, Invoice, Resume, hingga Letter.

Selain fungsinya yang beragam, Microsoft Word juga memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk menghemat penggunaan kertas. Ini berdasarkan perbandingan ketika teknologi belum berkembang, dimana pembuatan dokumen masih menggunakan mesin ketik.

Ketika ada kesalahan, kertasnya harus dibuang dan diganti dengan yang baru. Ini tentu kurang efektif dan meningkatkan konsumsi kertas.

Adanya Microsoft Word sangat membantu, karena pemakaian kertas dapat diminimalisir dengan melakukan pengeditan sebelum masuk ke tahap pencetakan.

Penutup

Dalam berbagai sektor, Microsoft Word memang memberikan manfaat yang luar biasa, bahkan sebelum di-publish tulisan pada artikel ini ini terlebih dahulu diketik di Word, karena lebih simpel dan tidak butuh koneksi internet.

Jadi, sudah paham kan pengertian dan fungsi Microsoft Word? Kalau belum, mungkin kamu perlu membaca ulang ulasan di atas secara perlahan. 

Silahkan Komentar dengan bahasa yang sopan :)

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>