Cara Mudah Convert MP4 ke MP3 di Android. Works!

Cara Mudah Convert MP4 ke MP3 di Android. Works!
Daftar Isi Artikel

Magelang1337.com - Ada banyak jenis file yang bisa digunakan dalam menyimpan sebuah dokumen. File-file tersebut berupa foto, teks, video maupun audio. Kesemuanya dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Namun, ada kalanya pengguna perlu mengubah suatu file ke bentuk lainnya. Contohnya adalah mengubah video ke audio. Untuk melakukannya, perlu diketahui cara mudah convert MP4 ke MP3 di Android, seperti yang akan dijelaskan pada artikel ini.

Jenis file yang ada di MP4 berbentuk audio dan video. Misalnya saja file klip musik, video momen kenangan, dan yang lainnya. Namun, kadang ada beberapa file yang akan lebih efisien jika diubah dalam bentuk hanya audio saja.

Contohnya adalah rekaman pidato, murotal Al-quran, atau rekaman lagu kesayangan. Mengubah file ini relatif mudah karena sekarang ada banyak aplikasi yang bisa digunakan dengan android saja, sehingga tidak memerlukan laptop.

Cara Mudah Convert MP4 ke MP3 Di Android Dengan Menggunakan Aplikasi

1. Aplikasi MP3 Video Converter

Cara convert MP4 ke MP3 di android dapat dilakukan dengan terlebih dahulu mengunduh aplikasi MP3 Video Converter yang ada di Google Playstore. Dengan menggunakan aplikasi ini, Kamu dapat mengubah file video ke hanya audio saja. Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan penggunanya untuk mengubah nama file yang sudah dikonversi. Cara ini membuat pengguna lebih mudah menemukan file tersebut jka diperlukan.

  • Membuka Aplikasi MP3 Video Converter yang sudah ter-install di android 
  • Klik pada tombol select untuk memilih video yang akan dikonversi ke bentuk audio 
  • Jika video yang akan diubah sudah terpilih, klik convert untuk memulai proses mengubahnya ke audio 
  • Saat proses konversi sudah selesai, Kamu tinggal melakukan klik pada tombol play untuk menikmati audio hasil konversi.

2. Video to MP3 Converter Dari Acountlab

Ada kalanya, menikmati sebuah video musik terasa menyenangkan. Namun, untuk pemutaran yang lebih sering, biasanya akan terasa membosankan, sehingga yang diperlukan hanya audionya saja. Inilah yang membuat Kamu perlu untuk melakukan konversi file video tersebut ke bentuk audio. Salah satu cara mudah convert MP4 ke MP3 di Android adalah dengan menggunakan aplikasi converter buatan Acountlab ini.

Baca Juga : Aplikasi MP3 Online untuk Dengerin Musik Saat Santai

Acountlab sebagai pengembang aplikasi ini, sudah memiliki nama yang menggambarkan kualitasnya. Kamu dapat mengubah file MP4 ke MP3 dengan hasil yang memiliki kualitas tinggi. Pemilihan aplikasi converter yang akan digunakan ini penting karena tak jarang aplikasi yang menghasilkan kualitas audio jauh di bawah file aslinya. Namun, dengan menggunakan aplikasi buatan Acountlab ini, hasil audionya memiliki kualitas sama dengan yang ada pada videonya.

3. Aplikasi Video Master MP4 To MP3 Converter

Penggunaan aplikasi Video Master ini merupakan salah satu cara mudah convert MP4 ke MP3 di Android. Selain mudah digunakan, aplikasi ini juga memungkinkan penggunanya untuk mengubah video ke beragam file jenis lain. Pilihannya adalah AVI, WAV, MKV, hingga MP3, dan file bentuk lain juga. Pilihan yang beragam ini membuat aplikasi tersebut banyak digunakan karena mampu memenuhi kebutuhan penggunanya.

Selain cara mudah convert MP4 ke MP3 di Android, aplikasi ini juga dilengkapi dengan beberapa fitur tambahan yang memudahkan penggunanya. Di antaranya adalah cut video dan edit informasi file. Dengan menggunakan fitur cut video, Kamu dapat memotong video yang dipilih pada bagian yan dikehendaki. Adapun fitur edit informasi memungkinkan pengguna untuk mengubah nama file audio yang dihasilkan.

4. MP3 Video Converter Yang Dikembangkan Oleh Springwalk

Plikasi lain yang dapat digunakan sebagai cara mudah convert MP4/MP3 di Android adalah video converter yang dikembangkan oleh Springwalk. Aplikasi tersebut dirancang untuk melakukan pengubahan video ke audio dengan langkah yang mudah dan hasilnya didapat dengan cepat. Pengguna tidak perlu khawatir mengenai format file yang dihasilkan. Hal ini disebabkan dalam aplikasi ini tersedia beragam pilihan format file yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

5. Video To MP3 Converter & Compressor Buatan Developer VidCompact

Pilihan cara convert MP4 ke MP3 di android yang selanjutnya adalah menggunakan aplikasi yang dibuat oleh pengembang aplikasi yang mengusung brand VidCompact. Nama aplikasinya adalah Video to MP3 Converter & Compressor. Aplikasi ini dapat membantu Kamu untuk mengubah video ke audio dengan mudah, cepat dan memiliki hasil berkualitas baik. Itulah sebabnya aplikasi ini cukup banyak diunduh dan digunakan.

Baca Juga : Cara Download Lagu Tanpa Aplikasi

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini tidak hanya sebagai converter dari video ke audio saja, melainkan juga sebagai kompresor. Artinya, aplikasi ini mampu mengompres file yang dipilih agar menjadi lebih ringan dengan cara mengubah bit rate. Meskipun demikian, hasil kompresnya tidak sampai terlalu banyak menurunkan kualitas file yang dihasilkan. Pengguna masih dapat menikmati video maupun audio dengan kapasitas lebih ringan, tetapi kualitas baik.

6. Aplikasi Video To Audio Converter Buatan Pengembang Bdroid Team

Masih ada cara mudah convert MP4/MP3 di Android yang lainnya, yaitu dengan menggunakan aplikasi yang dikembangkan oleh Bdroid Team. Aplikasi ini cukup menarik karen apengguna dapat leluasa memilih konversi video ke berbagai format audio. Pilihannya antara lain adalah MP3, OPUS, AC3, OGG, M4A, AMR, dan WMA. Denga adanya beragam pilihan tersebut, Kamu dapat leluasa menggunakan audio hasil konversi untuk beragam kebutuhan.

Selain converter, Bdroid Team juga menyediakan fitur video cutter pada aplikasi yang dikembangkannya ini. Aplikasi ini juga memungkinkan penggunanya untuk melakukan cutting dan convert beberapa video secara bersamaan. Selain itu, pengguna juga dapat menyetel dan menggunakan audio hasi konversi sebagai nada dering pada ponsel yang digunakannnya. Hal ini karena aplikasi ini mendukung pengubahan file dalam berbagai format.

7. Video To MP3 Converter Buatan H20 Studio

Kali ini, H2O Studio juga menghadirkan convert MP4/MP3 di Android. Desain navigasi interface yang disuguhkan membuat aplikasi mudah dioperasikan oleh siapa pun dalam mengubah video ke format MP3. Aplikasi ini juga memiliki fitur berupa video cutter, audio cutter, selain video converter. Pengguna dapat memiliki pengalaman edit video maupu audio yang mudah, untuk segala keperluan.

Baca Juga : Cara Download Youtube MP3 320kbps

Selain itu aplikasi ini juga memiliki fitur tambahan, yaitu adanya kebebasan bagi penggunanya untuk menentukan pilihan bit rate. Pengguna dapat memilih bit rate untuk hasil konversinya, yaitu mulai dari 128kb/s hingga 320kb/s. Dengan demikian, kualitas suara dan ukuran file juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Fitur tambahan lain yang cukup menyenangkan adalah Kamu dapat menggunakan hasi konversi dan menyetelnya sebagai ringtone pada android.

Daftar di atas merupakan berbagai cara convert MP4/MP3 di Android menggunakan beragam aplikasi yang dapat diunduh melalui Google Playstore. Dengan demikian, melakukan konversi video ke audio, tidak lagi harus dilakukan melalui laptop. Teknologi telah memungkinkan Kamu untuk melakukan konversi hanya dengan menggunakan smartphone android yang dimiliki. Tentu saja hal ini cukup praktis dan menghemat waktu.

Silahkan Komentar dengan bahasa yang sopan :)

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>