Cara Ampuh Menghilangkan Notifikasi Chrome di Android Terbaru 2021

Cara Ampuh Menghilangkan Notifikasi Chrome di Android Terbaru 2021
Daftar Isi Artikel

Magelang1337.com - Ketika hendak mencari informasi lewat hp, terkadang muncul notifikasi yang apabila diklik akan beralih ke halaman lain. Tentu saja ini sangat mengganggu, tapi sebenarnya kita bisa menghilangkan notifikasi Chrome di Android dengan mudah.

Bukan hanya mengganggu, saat ini ada beberapa jenis notifikasi yang sangat berbahaya karena mengandung malware. Biasanya virus jenis ini sering “diselundupkan” dalam bentuk iklan pop up yang tiba-tiba muncul ketika sedang asyik browsing.

Bahaya banget, kan? Untuk itu, bagi pengguna smartphone khususnya Android, penting memahami cara menghapus notifikasi Chrome di Android. Sebab, kalau sudah terinfeksi terlalu parah, performa hp akan menurun, bahkan bisa mati tiba-tiba.

Cara Menghilangkan Notifikasi Chrome di Android

Beberapa jenis notifikasi di browser ada yang sifatnya membantu pengingat akan sesuatu. Namun, kebanyakan berisi iklan atau pesan untuk berlangganan. Untungnya, Google Chrome memiliki fitur untuk menghilangkan notifikasi tersebut.

Berikut beberapa langkah menghilangkan notifikasi Chrome di Android

  • Sudah membuka Google Chrome? Silahkan tap titik tiga di pojok kanan layar
  • Kemudian pilih Settings
  • Setelah itu scroll ke kolom Privacy and Security
  • Kemudian ketuk Site Settings
  • Pada bagian Permissions, klik Notifications 
  • Selanjutnya di kolom Allow terlihat daftar situs yang sering menampilkan notifikasi
  • Untuk menonaktifkannya, tap titik tiga di samping URL situs dan pilih Remove
  • Selain itu juga bisa dengan mengetuk tanda panah, lalu pilih Notifications dan tap Block

Dengan melakukan hal ini, kamu tidak akan menemukan notifikasi yang mengganggu ketika membuka situs. Lakukan langkah serupa untuk situs atau layanan lain yang menawarkan notifikasi berlangganan atau iklan.

Cara Menonaktifkan Notifikasi untuk Situs Tertentu

Setelah menghilangkan semua notifikasi mengganggu, mungkin kamu juga ingin menonaktifkan notifikasi pada situs-situs tertentu. Biasanya situs tersebut sering kamu kunjungi untuk sekedar mencari informasi atau  berita terkini.

  • Berikut panduan untuk menonaktifkan notifikasi situs tertentu di Chrome.
  • Masih di halaman Notifications, gulir mouse ke bagian Block
  • Kemudian tap tombol Add
  • Masukkan URL situs yang kamu inginkan, misalnya "https://namasitus.com/"
  • Terakhir tap Add

Sekarang situs yang sudah di-submit tidak akan mengirimkan notifikasi ketika dibuka. Setiap kamu browsing sesuatu dan menemukan situs yang menampilkan notifikasi tidak penting, sebaiknya langsung di-block dengan mengikuti langkah di atas.

Sudah Diblok, Kenapa Notifikasi Tetap Muncul?

Jika semua langkah di atas sudah dilakukan tapi notifikasi tetap muncul, kemungkinan Chrome di  hp kamu sudah terkena virus. Hal ini bisa terjadi karena kamu pernah mengunduh aplikasi, game, maupun video di situs ilegal.

Pasalnya, saat ini banyak trik yang dilakukan oleh pengelola situs untuk memancing pengunjung agar menekan tombol “Yes”, “Allow”, atau “Download”. Padahal sebenarnya tanpa disadari kita sudah masuk jebakan mereka.

Kalau seperti ini, ada beberapa cara menghilangkan notifikasi Chrome di Android yang bisa kamu lakukan.

1. Blokir Situs dengan Notifikasi Bar

Meskipun tidak sedang membuka situs, kalau Android sudah terpapar virus, biasanya notifikasi akan tetap muncul di notifikasi bar atau fitur di smartphone yang dapat diakses dengan menarik layar dari atas ke bawah.

Cara yang pertama ini cukup mudah, silahkan tarik layar ke bawah, lalu tekan dan tahan baris notifikasnya. Langkah terakhir tinggal tap Block. Setelah itu dijamin notifikasi tersebut tidak akan muncul kembali.

2. Blokir Notifikasi di Pengaturan Chrome

Selanjutnya kamu bisa mencegah notifikasi muncul di Chrome dengan memblokirnya di menu Settings. Langkah-langkahnya tak jauh berbeda dari yang pertama. Diawali dengan membuka Site Settings, lalu pilih Notifications, dan tap situs yang sering mengirimkan notifikasi.

Terakhir tap Clear & Reset untuk mengembalikan browser ke pengaturan awal, khususnya dalam hal menerima atau menampilkan notifikasi.

3. Reset Semua Data di Chrome

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan notifikasi Chrome Android adalah menghapus atau mereset semua data di pengaturan. Ini sangat berguna bila kamu sering mendapatkan notifikasi aneh yang entah dari mana datangnya.
  1. Pertama buka aplikasi Chrome, dan klik titik tiga di pojok kanan atas
  2. Selanjutnya pilih Riwayat atau History
  3. Klik Hapus Data Browsing
  4. Ceklis semua opsi yang ada kecuali “Sandi yang disimpan” (kalau mau dihapus juga tidak masalah)
  5. Terakhir klik Hapus Data

Tunggu beberapa saat hingga proses penghapusan selesai. Setelah itu aplikasi Chrome akan terlihat bersih dari history penelusuran, dan tentunya notifikasi iklan atau izin berlangganan dari situs-situs jahat sudah tidak muncul lagi.

Selain notifikasi, mungkin kamu juga sering terganggu dengan iklan yang tiba-tiba muncul. Seperti penjelasan di awal, itu namanya pop up ads. Iklan jenis ini memang sangat meresahkan karena memaksa pengunjung untuk mengkliknya.

Untuk mengatasi hal ini, yang perlu dilakukan hanyalah mengaktifkan fitur Play Protect. Caranya, buka aplikasi Google Play, tap  ikon garis tiga, kemudian pilih Play Protect. Terakhir ketuk “Scan device....” dan “Improve harmful....”.

Selain itu, kalau kamu pernah mengunduh aplikasi atau game dari luar Google Play, sebaiknya dihapus saja. Karena besar kemungkinan ada orang tidak bertanggung jawab memasang virus atau iklan mengganggu demi keuntungan pribadi.

Kesimpulan

Bagaimana, mudah kan? Selain dengan beberapa cara di atas, kamu bisa menggunakan metode browsing alternatif, yakni dengan Incognito Mode atau penyamaran. Tapi, sayangnya ini hanya bersifat sementara selama mode tersebut dibuka.

Tapi tak perlu khawatir, karena beberapa cara menghilangkan notifikasi Chrome di Android di atas sudah dicoba sebelumnya dan berhasil mencegah situs-situs nakal mengirimkan notifikasi yang mengganggu. Akhir kata, semoga bermanfaat!