SOLUSI: Sudah Hapus File Tapi Memori HP Masih Penuh

SOLUSI: Sudah Hapus File Tapi Memori HP Masih Penuh
Daftar Isi Artikel

Magelang1337.com - Kesal dirasa kalau Hp yang dimiliki tidak bisa menyimpan file baru. Padahal, sudah hapus file tapi memori HP masih penuh. Akhirnya, tidak bisa menyimpan file baru meskipun dengan ukuran memori kecil. Membuat Hp jadi kurang nyaman dipergunakan. Bagaimana cara untuk mengatasi hal tersebut? 

Ada yang membutuhkan memori dengan kapasitas banyak dan ada pula yang memori berkapasitas sedikit. Oleh sebab itu, pada waktu membeli HP semestinya mencari dan memilih HP dengan kapasitas memori internal sesuai kebutuhan. Hal itu, untuk mengatasi memori HP penuh, bahkan tidak muat jika memilih kapasitas sedikit.

Apa yang Menyebabkan Memori HP Penuh? 

Sering muncul pertanyaan mengapa memori HP penuh, padahal sudah dihapus file yang tidak dipakai lagi. Tentu kejadian itu pernah dialami oleh kalian. Walaupun. Foto, video sudah di pindah atau dihapus, lalu, aplikasi juga sudah, tetapi masih saja ada pemberitahuan memori penuh. Cek penyebab memori card penuh tapi tidak ada file berikut ini : 

1. Dokumen atau File

Dokumen atau file yang terdapat pada kamera di HP bisa sebabkan memori penuh. Pada foto dan video yang dihasilkan oleh kamera suatu HP akan memiliki file sekitar 25 MB untuk per file foto yang dihasilkan. 

Belum lagi dengan video yang dibuat juga akan menghasilkan file yang besar. Ada lagi dari hasil aplikasi berbagi foto maupun video yang mendominasi.

2. Dari File Cache


Sudah hapus file tapi memori HP masih penuh. Hal itu terjadi karena file cache yang merupakan dokumen sementara yang dihasilkan oleh setiap aplikasi yang ada di HP. Aplikasi yang awalnya hanya berukuran 25 MB bisa semakin menambah seiring berjalannya penggunaan. Jadi, setiap dokumen cache dalam satu perangkat aplikasi bisa hingga ratusan MB.

3. Perangkat Aplikasi

Aplikasi yang dibutuhkan tentu tidak hanya satu atau dua. Setiap aplikasi yang dinstall tentu memerlukan memori Internal yang kadang tidak sedikit. 

Nah, saat memori tidak mencukupi lalu meng-uninstall aplikasi yang dianggap tidak penting dan jarang dipakai. Hal itu sebenarnya hanya sebagai solusi sementara saja. 


Aplikasi dibagi menjadi dua, yaitu bagian aplikasi online dan aplikasi offline. Pada aplikasi offline akan menyimpan file yang nantinya memiliki fungsi ketika menggunakan video offline dari YouTube, maupun aplikasi lainnya. Sedangkan, aplikasi online dipakai ketika sedang melakukan online. Jadi, sangat diperlukan cara mengatasi memori HP penuh tanpa menghapus aplikasi.  

Berikut Ini Cara Mengatasi Memori HP Penuh Dengan Tepat

HP mengalami memori penuh sehingga membutuhkan ruang penyimpanan yang harus menghapus file lainnya. Jika, tidak tersedia lagi ruang kosong penyimpanan, maka file atau dokumen tidak bisa tersimpan. Lakukan back up terlebih dulu data penting pada HP untuk menghindari resiko kehilangan data-data. Berikut cara mengatasi memori HP penuh :

1. Data Kamera yang Tersimpan Dihapus Terlebih Dulu

Suka selfi maupun membuat video sangat berpengaruh terhadap kapasitas memori internal yang akan cepat penuh. Ya, mengatasi memori HP Android penuh dengan dengan menghapus data kamera yang tersimpan. Diketahui kalau rata-rata kamera Android saat ini sudah mendukung resolusi HD 720P dan full HD 1080P, bahkan bisa 4K. 

Pada ketiga resolusi tersebut memiliki size besar untuk satu video, walaupun durasi hanya sekitar beberapa menit. Langkah yang bisa dilakuan untuk mengatasi sudah hapus file tapi memori HP masih penuh. Antara lain,  install aplikasi file manager atau file bawaan jika sudah tersedia. Buka dan masuk ke Internal > DCIM > kamera, lalu hapus file video yang tidak diperlukan.

2. Menghapus Aplikasi Cache 

Penggunaan aplikasi akan menghadirkan file cache. Hal ini terjadi ketika membuka suatu aplikasi, maka aplikasi tersebut akan menyimpan data atau file tertentu. Penyimpanan data oleh aplikasi cache dimaksudkan untuk mempercepat kinerja HP. Namun, kebanyakan file cache mempunyai ukuran lumayan besar. Dalam satu aplikasi dapat mencapai ratusan MB.

Apalagi file cache tidak tampak di memori Internal, sehingga seolah-olah tidak ada file yang ada di dalam. Langkah mengatasi memori HP Android penuh dengan buka setelan HP Android, selanjutnya masuk ke menu aplikasi dan cari aplikasi-aplikasi yang memiliki size besar. Jika, sudah ketemu lalu buka aplikasinya, klik menu penyimpanan lalu klik hapus cache, maka cache pun terhapus. 


Penggunaan memori oleh cache tercantum pada kolom informasi size. Apabila penghapusan cache dalam satu aplikasi belum memadai, maka bisa lekukan penghapusan pada aplikasi yang lain. Hingga, dirasakan sudah cukup tersedia ruang yang kosong untuk menyimpan data baru.

3. Aplikasi yang Tidak Digunakan Dihapus

Setiap aplikasi akan tersimpan data ke memori internal. Sudah hapus file tapi memori HP penuh, kemungkinan banyak aplikasi yang terpasang di HP. Maka, solusi yang mesti dilakukan adalah buka menu stelan >aplikasi, lalu cari aplikasi yang tak terpakai dan hapus melalui menu yang tersedia. 

4. Pergunakan Aplikasi Cleaner

Cara mengatasi ruang penyimpanan hampir habis dengan aplikasi cleaner. Langkahnya install aplikasi cleaner dari Play Store, ketik cleaner pada pencarian, akan banyak pilihan. Selanjutnya, buka aplikasi dan klik bersihkan pada menu utama. Tunggulah hingga proses selesai. Apabila sudah selesai biasanya akan memperoleh perubahan hingga ratusan MB.

5. Mengecek Data WhatsApp, Hapus Pesan, dan Reset HP

Disadari atau tidak file yang dikirim melalui aplikasi WhatsApp akan terunduh dan tersimpan dalam memori WhatsApp. Untuk mengatasi hal itu buka file manager di HP, masuk ke memori Internal lalu buka folder WhatsApp. Pilihlah satu folder dan hapus file yang tidak diperlukan. Bisa juga hapus file pada pesan serta lakukan reset pada HP. 

Note : Tutorial ini bisa bekerja pada hp samsung,xiaomi, oppo a3s, j2 prime, oppo a37

Nah, itulah cara untuk sudah hapus file tapi memori HP masih penuh yang bisa dicoba. Dengan memori internal yang tersedia banyak akan memudahkan penyimpanan pada file baru. Untuk itu mesti rajin membersihkan dan memindahkan file ke laptop. Dengan begitu, file aman dan ruang internal di HP bisa digunakan. 

Silahkan Komentar dengan bahasa yang sopan :)

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>